Menjelaskan prinsip ahlussunnah wal jamaah

Berikut adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Menjelaskan prinsip-prinsip ahlussunnah wal jamaah yang telah terjawab dan teruji kebenarannya Kelas:11 Kursus : Agama Bab : 6

Menjelaskan prinsip ahlussunnah wal jamaah

Menjawab :

Berikut ini adalah prinsip Alhussunnah Wal Jamaah:

  1. Kaum Ahlussunnah memiliki keyakinan bahwa syariat haji, jihad, shalat jum’at dan penetapan Idul Fitri sama dengan pemerintahan yang adil atau zalim.
  2. Ahlussunnah mengajak kepada akhlak terpuji atau akhlak mulia dan amalan mulia.
  3. Ahlussunnah memerintahkan kita untuk bersabar ketika ditimpa musibah dan tidak lupa bersyukur ketika mendapat kenikmatan dan ridha dengan takdir yang telah ditentukan.
  4. Ahlussunnah dalam setiap perkataan dan perbuatan selalu mengikuti Al-Qur’an dan as-Sunnah.
  5. Ahlussunnah mengajak Anda untuk selalu menjalin silaturahmi meskipun orang tersebut telah memutuskan hubungan dengan Anda, dan juga memaafkan orang yang menzalimi Anda.
  6. Ahlussunnah melarang kita bersikap sombong, angkuh, zalim, dan juga mencemarkan nama baik orang lain, serta menodai akhlak yang tinggi dan melarang akhlak yang rendah.
  7. Ahlussunnah memerintahkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua dan menjaga tali silahturahmi, juga berbuat baik kepada tetangga, dan juga bersikap lembut kepada semua orang.
  8. Prinsip hidup mereka adalah agama Islam yang telah Allah sempurnakan dengan Nabi Muhammad SAW.

Diskusi

Menurut Hadratusy Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy’ari dalam bukunya Ziyadah at-Ta’liqat, Ahlussunnah wal Jama’ah yaitu “Adapun Ahlussunnah wal Jama’ah adalah golongan ahli tafsir, ahli hadits, dan ahli fikih. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti dan berpegang teguh pada sunnah Nabi dan sunnah para khulafaurrasyidin setelahnya. Mereka adalah sekelompok orang yang selamat. Ulama berkata: Sesungguhnya golongan ini saat ini dikelompokkan menjadi empat mazhab, yaitu mazhab Hanafi, Syafi’i, Maliki, dan Hanbali.”

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain