Menghitung Luas Jajaran Genjang dengan Rumus L = axt

GENCIL NEWS – Rumus jajaran genjang adalah salah satu rumus geometri yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling jajargenjang. Jajaran genjang adalah bangun datar dua dimensi yang terdiri dari dua pasang sisi sejajar yang sama panjang dan dua pasang sudut yang sama besar.

Rumus untuk menghitung luas jajaran genjang adalah L = axt, dimana L adalah luas, a adalah alas jajaran genjang, dan t adalah tinggi jajaran genjang. Sedangkan rumus untuk menghitung keliling jajargenjang adalah K = 2 x (a + b), dimana K adalah keliling, a dan b adalah panjang sisi-sisi jajar genjang.

Cara menyelesaikan rumus jajaran genjang sangat mudah. Untuk menghitung luasnya, cukup kalikan panjang alas dengan tinggi jajaran genjang. Sedangkan untuk menghitung keliling, tambahkan dua kali panjang alas dan dua kali panjang sisi yang sejajar dengan alas.

Misalnya, jika diberikan jajargenjang dengan alas 8 cm dan tinggi 6 cm, maka luasnya adalah L = 8 cm x 6 cm = 48 cm^2. Sedangkan keliling K = 2 x (8 cm + 6 cm) = 28 cm.

Rumus jajaran genjang juga dapat diterapkan pada berbagai bidang, seperti dalam menghitung luas segitiga dan trapesium. Dengan memahami rumus jajargenjang, kita dapat dengan mudah menghitung luas dan keliling berbagai bentuk geometris yang mirip dengan jajargenjang.