Mengenal Teks Persuasi dari Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contoh

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada banyak jenis teks yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah teks persuasif.

Menurutnya, persuasi adalah kata-kata yang isinya berupa ajakan atau persuasi yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu.

Pada artikel Quipper kali ini, kita akan membahas pengertian teks persuasi, tujuan, jenis, langkah-langkah menyusun teks dan contohnya. Jadi, baca sampai akhir!

Pengertian Teks Persuasi

Menurut Tabelessy (2019) teks persuasif adalah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakan oleh penulis.

Sedangkan menurut Finoza, persuasi adalah karangan yang tujuannya membuat orang percaya, percaya dan terbujuk oleh hal-hal yang dikomunikasikan. Berupa fakta, opini atau gagasan dari pengarang dengan tujuan persuasi diharapkan dapat menggerakkan sikap motorik berupa tindakan.

Dapat dikatakan bahwa teks persuasif merupakan jenis teks yang ampuh untuk mempengaruhi keputusan pembaca yang disertai dengan fakta-fakta nyata.

Sifat teks di sini adalah subyektif, artinya isi kalimat merupakan pandangan penulis yang mengangkat suatu topik tertentu.

Perbedaan antara Teks Persuasif dan Persuasif

Penting untuk memahami perbedaan antara teks persuasif dan teks persuasif.

Teks persuasif adalah teks yang ditulis dengan tujuan mengajak dan meyakinkan pembaca untuk setuju dengan argumentasi penulis melalui konvensi bahasa yang menarik. Dan menurut KBBI kata persuasi termasuk dalam kata benda.

Sebaliknya, teks persuasif adalah teks yang menyajikan informasi dan sifatnya lebih halus ketika mencoba membujuk pembaca untuk melakukan tindakan tertentu. Kata persuasif termasuk dalam kategori kata sifat.

Tujuan Menggunakan Teks Persuasif

Tujuan utama teks persuasif adalah mengajak pembaca untuk bertindak atau berpikir dengan cara tertentu.

Teks persuasif harus meyakinkan, membujuk, atau menarik minat pembaca untuk berhenti dan mempertimbangkan sesuatu dengan cara yang tidak biasa.

Selain itu, teks ini harus memberikan informasi, mengubah penilaian, meyakinkan, membujuk, atau merangsang perhatian.

Dengan menggunakan bahasa yang baik dan menyesuaikan dengan khalayak yang diharapkan, menulis teks persuasif dapat membuahkan hasil berupa penerimaan konsep oleh pembaca.

Kaidah Bahasa Dasar Penulisan Teks Persuasi

Saat menulis teks persuasif, penting untuk mengetahui pedoman bahasa yang tepat. Berikut adalah beberapa aturan bahasa yang paling penting untuk diikuti saat menulis teks persuasif menurut Kurikulum 2013:

Pertama, gunakan alasan logis sebagai argumen utama dan pastikan untuk mendokumentasikan sumber-sumber yang mendukung argumen tersebut.

Kedua, gunakan retorika seperti metafora dan perumpamaan untuk menyampaikan maksud Anda secara efektif.

Ketiga, berpegang teguh pada informasi faktual yang relevan dan menarik dengan topik.

Terakhir, hindari penggunaan bahasa informal seperti bahasa gaul dan idiom karena dapat melemahkan argumentasi.

Ciri-ciri Teks Persuasif

Ada lima karakteristik dasar yang paling umum dan mudah dianalisis untuk paragraf persuasif, antara lain:

  • Persuasi berasal dari keyakinan bahwa pikiran manusia dapat diubah.
  • Berusaha meyakinkan dan membangun kepercayaan para pembacanya.
  • Persuasi harus mampu menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dan pembaca.
  • Persuasi sebisa mungkin untuk menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan tercapai kesepakatan.
  • Persuasi membutuhkan fakta dan data.

Sebagai tambahan pengetahuan, dalam sebuah paragraf persuasif biasanya terdapat kesimpulan di akhir teks.

Untuk membuat teks persuasif, Anda harus memahami keseluruhan isi teks, kemudian membuat poin-poin penting dan langkah terakhir adalah menghubungkan semua poin tersebut.

Unsur Teks Persuasi

Menurut Suparno dan Yunus, struktur teks persuasi memiliki beberapa poin penting, seperti menentukan topik atau tema yang akan diambil. Memiliki tujuan mendasar dari suatu peristiwa, mengumpulkan data berupa pengalaman, pengalaman dan penelitian. Kemudian buat garis besar esai, kembangkan garis besar dan judul esai.

Selain unsur-unsur yang dikemukakan para ahli, teks persuasi juga memiliki beberapa unsur yang sudah dikenal secara umum, seperti unsur pendahuluan, kumpulan fakta, dan ajakan.

Jenis Teks Persuasif

Perlu Anda ketahui, ternyata teks persuasif memiliki banyak jenis dan bisa disesuaikan dengan kondisi. Adapun jenisnya seperti :

Teks Persuasi Politik

Persuasi politik biasanya digunakan dalam kegiatan politik. Salah satu contohnya bisa Anda temukan di media cetak atau elektronik yang membahas tentang pemilihan umum.

Teks tersebut berisi upaya untuk mempengaruhi pembaca agar memilih kandidat atau partai politik tertentu.

Teks Persuasi Pendidikan

Teks persuasi tentang pendidikan sangat umum digunakan oleh sebuah lembaga pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan biasanya berupa himbauan, motivasi, atau sugesti.

Teks Persuasi Iklan

Paragraf persuasi iklan adalah paragraf persuasi yang memiliki fungsi komersial. Anda akan menemukan sangat banyak paragraf persuasif jenis ini di berbagai media yang dibuat oleh produsen barang untuk memperkenalkan barang yang mereka produksi dengan harapan calon konsumen akan tertarik dengan barang tersebut.

Teks Persuasi Propaganda

Paragraf persuasif propaganda adalah jenis paragraf persuasif yang digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar pembaca mau mempercayai apa yang dijelaskan oleh penulis dalam paragraf tersebut.

Paragraf persuasif jenis propaganda banyak dijumpai pada media cetak seperti majalah, portal berita online, surat kabar dan sebagainya.

Persyaratan Penyusunan Paragraf Persuasif:

Sebelum mulai membuat teks persuasif, ada baiknya Anda mengetahui syarat-syarat dalam menyusun paragraf persuasif, seperti:

  1. Pilih kata-kata yang menarik.
  2. Kemampuan mengelola emosi pembawa melalui kata-kata yang telah dipilih.
  3. Tambahkan bukti atau fakta pendukung untuk memperkuat gagasan dalam teks.

Jika sudah menemukan kata yang tepat dan mampu menarik perhatian pembaca, maka langkah selanjutnya adalah mulai menentukan tema/topik, menetapkan tujuan, membuat kerangka teks, mengumpulkan data, dan menyusun teks.

Contoh Teks Persuasif

Dalam Kurikulum 2013, Anda akan menemukan banyak contoh teks persuasif yang dapat dijadikan referensi.

Contohnya termasuk iklan, esai, artikel, dan editorial. Jenis teks yang memiliki kekuatan persuasif untuk mempengaruhi pandangan, pendapat, dan tindakan seseorang.

Contoh Teks Persuasi Pendek

Contoh teks persuasif pendek yang umum digunakan adalah iklan. Iklan biasanya menggunakan teks persuasif yang diarahkan untuk membujuk pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu, seperti membeli produk baru atau mencoba layanan baru. Contoh teks persuasi pendek tentang iklan:

Mengalami masalah dengan piring kotor dan berminyak? Sudah dibersihkan, tapi masih ada kotoran yang membandel? Sekarang, tidak perlu khawatir lagi. Coba Sabun Mawar sekarang! Diformulasikan untuk membersihkan sisa minyak makanan yang membandel di piring CEPAT, BERKILAU, dan WANGI!

Rose Soap sangat ekonomis dengan kualitas terbaik yang dapat membantu Anda meminimalisir pengeluaran untuk sabun cuci sehingga Anda dapat berhemat!

Contoh Teks Persuasi tentang Kesehatan

Setelah mengetahui jenis dan aturan teks persuasif, mari kita lihat contoh tentang kesehatan.

Susu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan minum susu maka tubuh akan menjadi sehat dan kuat karena susu banyak mengandung kalsium dan protein yang berguna bagi tubuh kita.

Oleh karena itu, ayo minum susu segar setiap hari! Susu memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin dan mineralnya lebih banyak dari produk susu segar lainnya. Ganti susu Anda dengan Susu Segar dan jadilah masyarakat yang sehat dan kuat.

Contoh Teks Persuasi tentang Pendidikan

Pendidikan merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian dan pembahasan.

Tujuan dari teks persuasif dalam pendidikan ini adalah untuk mendorong orang mengubah sikap, perilaku, kebiasaan dan pandangan mereka tentang pendidikan.

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan, baik pendidikan formal maupun informal. Melalui pendidikan, kita bisa mendapatkan dan menjadi apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga dapat mengarahkan kita ke kehidupan yang lebih baik. Mari belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar cita-cita kita tercapai, yaitu menjamin kehidupan yang lebih baik.

Itulah pembahasan tentang teks persuasi yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini membantu. Temukan juga materi bahasa Indonesia lainnya hanya di blog Quipper.