Mendeskripsikan bentuk panggung | Blog Avatar

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Jelaskan bentuk-bentuk tahapan yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:11 Kursus : Seni budaya Bab: Bab 7 – Persiapan pertunjukan teater

Jelaskan bentuk panggung!

Menjawab :

Ini beberapa bentuk panggung:

  1. Panggung arena. Pada panggung arena merupakan panggung yang dibuat dekat dengan penonton, hal ini dilakukan agar penonton dapat memiliki bentuk yang mengelilingi arena saat menonton, dari sini panggung akan dibuka secara vertikal searah dan ditutup agar banyak penonton. dapat melihat jarak yang relatif dekat.
  2. Panggung proscenium. Pada panggung proscenium merupakan panggung yang memiliki bentuk bingkai yang menarik, pada panggung ini memiliki bentuk yang melengkung dan panggung yang berada di tengah, panggung ini dapat memisahkan penonton dari teater namun dapat melihat dari dekat sehingga terasa ada tidak ada penonton di atas panggung sehingga terasa benar-benar nyata.
  3. Tahap dorong. Panggung dorong merupakan panggung yang menggabungkan jenis arena dan proscenium sehingga bentuk panggung menjorok ke arah penonton dan terdapat berbagai sisi tempat duduk penonton dari sisi kiri, kanan dan atas. Sehingga menghasilkan kesan yang nyata dan sekaligus dekat dengan penonton dan pemain.

Berikut adalah beberapa manfaat dari seni teater:

  1. Memberikan apresiasi terhadap suatu karya seni budaya kepada seseorang atau kelompok yang melakukannya.
  2. Memperkaya ilmu sosial, seni dan budaya bagi masyarakat awam.
  3. Menjaga karya seni budaya merupakan pendidikan yang baik.

Diskusi

Seni teater sangat erat kaitannya dengan pentas, hal ini terjadi karena pentas menampilkan berbagai karya seni menarik yang dapat dilihat secara langsung oleh banyak orang. Nah berikut penjelasan beberapa manfaat seni teater diatas :

  1. Memberikan apresiasi terhadap suatu karya seni budaya kepada seseorang atau kelompok yang melakukannya. Seni teater atau melihat pertunjukan seni budaya memberikan dampak yang baik bagi penghayatan kebahagiaan, kebanggaan untuk dilihat oleh banyak orang. Maka dari itu pentingnya menghadiri acara budaya seni teater.
  2. Memperkaya ilmu sosial, seni dan budaya bagi masyarakat awam. Seni teater dan pertunjukan budaya pada umumnya memiliki berbagai manfaat penting bagi kesejahteraannya, dari sinilah pentingnya memperkaya ilmu pengetahuan sosial dengan relatif baik. Maka dari sinilah pentingnya seni teater dalam sudut ilmu yang padat.
  3. Menjaga karya seni budaya merupakan pendidikan yang baik. Melestarikan karya seni budaya dapat dilakukan dengan hal sederhana seperti menghadiri dan melihat acara berlangsung

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain