Kunci Jawaban Mind Map Energi Alternatif Kelas 4 SD

Berita Rangkaberita.com-Berikut kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD/MI tema 2 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 99, 100, dan 101 tentang peta pikiran energi alternatif.

Sejumlah soal terdapat dalam buku Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 4 SD Tematik Terpadu Buku Siswa 2013 Edisi Revisi.

Terdapat tiga subtema dalam Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 yang berjudul Selalu Hemat Energi.

Berikut kunci jawaban buku tematik kelas 4 SD/MI tema 2 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 99, 100, dan 101:

Mari mencoba

Sumber energi yang berasal dari minyak dan gas bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Sumber energi ini memiliki ketersediaan yang terbatas dan suatu saat akan habis.

Manusia membutuhkan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber energi alternatif berasal dari sumber energi terbarukan, misalnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut,
dan bio.

Anda akan membuat mainan yang mengapung ditiup angin. Baca teks berikut ini. Diskusikan dengan teman-teman Anda. Buat layang-layang untuk Anda mainkan.

Bagaimana Cara Membuat Layang-layang?

Bahan yang dibutuhkan:

1. Kertas koran bekas berbentuk persegi berukuran 30×30 cm

2. Ukuran bambu lebar 1 cm, panjang 80 cm.

3. Bambu berukuran lebar 1 cm, panjang 40 cm

4. Benang wol

5. Gunting

6. lem

Bagaimana membuat:

1. Tempatkan bambu melintang.

2. Ikat bambu menggunakan benang.

3. Ikat keempat ujung bambu dengan benang.

4. Tempatkan bundel bambu di atas kertas koran. Jejak.

5. Tambahkan 2 cm untuk garis gunting.

6. Potong koran tepat di atas garis.

7. Rekatkan kertas koran untuk menutupi bambu.

8. Tambahkan ekor di bagian bawah layang-layang menggunakan guntingan koran.

9. Buat lubang di tengahnya, dekat dengan persilangan bambu.

10. Masukkan benang dan ikat ke titik persimpangan.

11. Ikat ujung lainnya ke ujung bawah bingkai.

Nah, layang-layang Anda bisa terbang di langit. Sumber energi angin membantu layang-layang Anda terbang.

Mari membaca

Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang bukan merupakan sumber energi tradisional. Sumber energi tradisional adalah bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Sumber energi alternatif saat ini sedang dikembangkan
memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis, yaitu energi matahari, angin, air, dan panas bumi.

1. Matahari

Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Hampir semua energi di bumi berasal dari matahari. Energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lainnya.

2. Angin

Angin adalah pergerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena adanya tekanan udara. Angin telah digunakan sejak zaman kuno sebagai sumber energi dalam perahu layar tradisional dan kincir angin.

3. Air

Gemericik air merupakan sumber energi gerak. Energi ini biasanya digunakan untuk menghasilkan listrik. Oleh karena itu, bendungan PLTA (PLTA) dibangun di dataran tinggi. Air yang dibendung
kemudian mengalir ke bawah sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras.

4. Panas bumi

Energi panas bumi (geothermal energy) adalah energi yang berasal dari panas yang tersimpan di bawah permukaan bumi. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Ini menunjukkan bahwa bumi adalah sumbernya
sejumlah besar energi panas.

5. Gelombang laut

Saat gelombang laut pecah di pantai, mereka menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

6. Biofuel

Biofuel adalah bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Biofuel yang berasal dari tumbuh-tumbuhan antara lain tumbuhan berbiji yang mengandung minyak, seperti bunga matahari, minyak jarak, kelapa sawit, kacang tanah dan kedelai. Bahan bakar ini dikenal sebagai biodiesel. Biodiesel dapat digunakan untuk menggantikan solar.

Singkong, ubi jalar, jagung dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan bensin atau premium. Biofuel juga bisa berasal dari kotoran ternak. Bahan bakar diketahui. sebagai biogas. Kotoran ternak yang ada dimasukkan ke dalam basement (lubang). Selain itu, bahan bakar ini juga dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 99

Buatlah peta pikiran tentang energi alternatif dan bagikan hasilnya kepada teman-teman Anda.

Menjawab:

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Sekolah Dasar Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 99

Indonesia memiliki sumber daya alam yang juga dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif. Pabrik ini dapat menghasilkan bahan bakar untuk kendaraan.

Minyak Jarak Sebagai Sumber Energi Alternatif

Minyak jarak mulai dikenal sebagai sumber energi alternatif biodiesel. Biodiesel dihasilkan dari minyak yang diperoleh dari biji tanaman jarak pagar yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Minyak jarak dari biji tanaman pagar ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai tanaman penghasil minyak pengganti bahan bakar minyak bumi, karena memiliki beberapa keunggulan. Salah satu keunggulan minyak jarak adalah tanaman ini mudah dibudidayakan, sehingga dapat menjamin ketersediaan bahan bakunya. Proses pengolahannya cukup sederhana sehingga mudah dilakukan oleh masyarakat umum, tidak membutuhkan teknologi tinggi sehingga biaya investasinya terbilang murah.

Minyak jarak juga digunakan untuk minyak rambut dan minyak pijat. Kemasan minyak jarak dibuat lebih praktis untuk memudahkan penggunanya. Minyak jarak dapat ditemukan di pasar modern atau di warung-warung. Penggunaan minyak jarak telah diberikan
peluang yang baik di bidang pekerjaan. Saat menanam jarak pagar hingga panen, energi sangat dibutuhkan. Begitu juga ketika tumbuhan diolah menjadi minyak tentunya membutuhkan tenaga ahli untuk membuatnya. Belum lagi kemasannya yang menarik. Pasti butuh tangan terampil untuk mengemasnya.

Penggunaan minyak jarak yang banyak selain memberikan dampak positif tentunya juga akan memberikan dampak yang kurang baik bagi masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 100

Tulis pendapat Anda tentang penggunaan jarak pagar. Tulisan Anda bisa berisi manfaat, kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan, dampak pemanfaatan berlebihan dan solusinya.

Menjawab:

Minyak jarak diperoleh dari biji tanaman jarak yang banyak tumbuh di Indonesia. Minyak jarak bermanfaat sebagai pengganti bahan bakar minyak bumi. Manfaat lain dari minyak jarak adalah dapat digunakan untuk minyak rambut dan minyak pijat.

Tanaman jarak juga mudah dibudidayakan. Cara pengolahannya juga sederhana karena tidak memerlukan teknologi tinggi dan dapat dilakukan oleh masyarakat. Hasil olahan minyak jarak bisa didapatkan di pasar modern atau di warung-warung.

Selain berdampak positif, penggunaan minyak jarak juga akan berdampak kurang baik bagi masyarakat. Jika dilakukan secara besar-besaran akan mengancam kelestarian tanaman jarak. Oleh karena itu, jarak pagar perlu dimanfaatkan secara bijak agar tidak mengancam kelestariannya.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 101

Ayo. Memikirkan

– Apa yang telah Anda pelajari hari ini?

Jawab: Yang dipelajari adalah sumber energi alternatif dan jarak pagar.

– Sikap apa yang Anda butuhkan saat melakukan aktivitas hari ini?

Jawab : Sikap yang saya perlukan saat melakukan kegiatan hari ini adalah rajin mendengarkan penjelasan.

– Apa hal lain yang ingin Anda ketahui lebih banyak?

Jawaban: Yang ingin Anda ketahui lebih lanjut adalah penggunaan sumber energi alternatif.