Kunci Jawaban Komponen Ekosistem Kelas 5 SD

Berita Rangkaberita.com-Simak soal dan kunci jawaban tema 5 untuk kelas 5 SD halaman 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8. Buku tematik subtema 1 Pembelajaran 1. Buku tematik kelas 5 untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 edisi revisi edisi 2017 berjudul Ekosistem.

Subtema 1 Buku Tema Tematik Kelas 5 SD adalah Komponen Ekosistem.

Kunci Jawaban Halaman 2-4

Apa perbedaan yang bisa kamu gambarkan dari kedua gambar di atas?

Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut.

Menjawab:

Gambar kiri:

– Tidak ada pohon dan tanaman
– Tampak gersang
– Tidak ada binatang

Gambar kanan:

– Ada pohon, tanaman, dan danau
– Ini terlihat sangat keren
– Ada berbagai jenis hewan

Ekosistem

Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang mengelilingi makhluk hidup. Lingkungan terdiri dari bagian hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian hidup dari suatu lingkungan terdiri dari tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tidak hidup terdiri dari sinar matahari, air, udara dan tanah.

Sinar matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah hingga mencapai suhu yang dibutuhkan makhluk hidup. Sinar matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari suatu lingkungan. Air yang jatuh dalam bentuk hujan meresap ke dalam tanah. Air yang ada di dalam tanah akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.

Bagian yang hidup dan tidak hidup dari suatu lingkungan berinteraksi dan bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda tak hidup dalam suatu lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem terdiri dari individu, populasi, dan komunitas.

Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya kambing, burung, dan pohon pinus. Tempat tinggal individu disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu wilayah tertentu. Misalnya, dalam sebuah kolam terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sedangkan masyarakat adalah populasi makhluk hidup di suatu wilayah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput. (Sumber: Scott Foresman. Science. 2010)

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok setiap paragraf beserta informasi yang menurut Anda penting.

Tuliskan pemikiran utama dan informasi penting di tempat yang disediakan di bawah ini.

Menjawab:

– Paragraf 1:
Pokok Pikiran: Semua makhluk hidup membutuhkan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya

Informasi Penting: Lingkungan terdiri dari bagian hidup (biotik) dan tak hidup (abiotik).

– Paragraf 2:
Pokok Pikiran: Sinar matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah hingga suhu yang sesuai dengan kebutuhan makhluk hidup.

Informasi Penting: Sinar matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air di dalam tanah dimanfaatkan oleh tumbuhan dan makhluk hidup kecil lainnya yang hidup di dalam tanah.

– Paragraf 3:
Pikiran Utama: Bagian hidup dan tidak hidup dari suatu lingkungan berinteraksi dan bergantung satu sama lain.

Informasi Penting: Interaksi antara makhluk hidup dan benda tak hidup di suatu lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem terdiri dari individu, populasi, dan komunitas.

– Paragraf 4:
Pikiran Utama: Individu adalah makhluk hidup tunggal

Informasi Penting: Tempat tinggal individu disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu wilayah tertentu. Komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu wilayah tertentu.

Kunci Jawaban Halaman 5-7

Jenis Makanan Hewan Peliharaan

Jenis makanan hewani dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan berupa tumbuh-tumbuhan dan makanan berupa hewan lainnya. Hewan pemakan tumbuhan memilih bagian tumbuhan yang dapat dijadikan makanannya. Ada hewan yang hanya memakan daun tumbuhan. Ada juga hewan yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tanaman. Namun, ada beberapa jenis hewan yang memakan lebih dari satu bagian tumbuhan.

Bagian tumbuhan yang paling sering digunakan sebagai makanan hewani adalah daunnya. Hewan seperti ulat bulu, rusa dan zebra adalah beberapa contoh hewan pemakan daun. Sedangkan beberapa hewan menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu hewan yang menyukai padi dan batang jagung. Sedangkan hewan panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tumbuhan berupa buah juga disukai hewan. Belatung suka memakan bagian dalam buah dan hal ini seringkali merugikan petani buah. Burung menyukai bagian tanaman yang berupa biji. Benih padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat menyukai tupai.

Beberapa hewan memakan hewan yang lebih kecil sebagai makanan. Hewan kecil ini menjadi mangsa hewan yang lebih besar. Serangga menjadi makanan hewan seperti katak atau kadal. Tikus menjadi makanan kucing. Begitu juga dengan kelinci yang menjadi makanan burung elang. Sumber: BSE IPA 2010

Setelah Anda membaca teks bacaan di atas, tuliskan beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan tersebut dan juga pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan tersebut.

Tulis pertanyaan Anda di tempat yang disediakan di halaman berikut.

Ingatlah untuk selalu menggunakan kata tanya yang tepat dan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Simpan pertanyaan Anda, sampai Anda menemukan jawaban atas pertanyaan Anda dari kegiatan belajar hari ini.

Menjawab:

1. Jenis makanan hewan apa?

Menjawab:

Makanan berupa tumbuh-tumbuhan dan makanan berupa hewan lainnya.

2. Makanan apa yang disukai panda?

Menjawab:

Tongkat bambu

3. Hewan apa yang menyukai kenari?

Menjawab:

Tupai

4. Mengapa setiap hewan memiliki jenis makanan yang berbeda?

Menjawab:

Karena setiap hewan memiliki ciri khusus yang berbeda, maka ciri khusus tersebut menentukan jenis makanannya.

5. Mengapa beberapa hewan memakan hewan lain?

Menjawab:

Sehingga keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

Ayo Perhatikan

Amati hewan-hewan di sekitar Anda.

Kemudian, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melakukan kegiatan berikut! Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain gunting, karton besar, spidol, koran dan majalah bekas, penggaris, dan lem kertas.

Langkah aktivitas:

1. Temukan dan potong gambar binatang yang ditemukan di koran atau majalah bekas.

2. Dengan menggunakan penggaris, buatlah meja besar di atas karton seperti contoh berikut!

3. Tempatkan gambar binatang yang sudah dipotong lalu rekatkan ke kolom pertama meja menggunakan lem. Tulis nama hewan di bawah gambar.

4. Tuliskan nama atau jenis makanan yang dimakan hewan tersebut di kolom tengah.

5. Tuliskan jenis makanannya, apakah termasuk tumbuhan atau hewan lainnya.

6. Tempelkan hasil kerja kelompokmu di tempat yang mudah dilihat.

7. Melakukan gallery walk atau melihat hasil kerja kelompok bersama kelompok lain untuk saling melihat dan belajar.

8. Kembali ke kelompok Anda dan tuliskan kesimpulan Anda tentang hewan dan jenis makanannya.

Menjawab:

– Jerapah: Daun, tanaman

– Burung: Cacing, binatang

Kunci Jawaban Halaman 7 – 8

Ayo Menulis

Kesimpulan apa yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas? Tahukah kamu mengapa hewan memiliki jenis makanan yang berbeda? Setiap hewan memiliki karakteristik yang juga mempengaruhi jenis makanan yang dimakannya. Bacaan di atas merupakan salah satu bentuk teks nonfiksi. Teks nonfiksi adalah teks yang berisi observasi, data, dan fakta dan bukan hasil imajinasi kita.

Buatlah teks nonfiksi yang terdiri dari tiga paragraf. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilih dua hewan yang jenis makanannya berbeda. Satu hewan memakan tumbuhan dan satu hewan memakan hewan lainnya.

2. Tuliskan deskripsi hewan tersebut termasuk habitat aslinya, jenis makanannya, dan bagaimana hewan tersebut mendapatkan dan memakan makanannya.

3. Gunakan pengamatan dan informasi penting yang Anda peroleh dari membaca untuk melengkapi tulisan Anda.

4. Anda juga bisa melengkapi tulisan Anda dengan gambar binatang yang Anda maksud.

5. Tuliskan keterangan tentang kedua binatang tersebut pada secarik kertas dengan tulisan yang rapi.

Menjawab:

Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Ternak sapi hidup di kandang buatan manusia, sedangkan habitat sapi liar biasanya di padang rumput, hutan atau daerah perbukitan yang dekat dengan sumber makanan.

Sapi merupakan hewan herbivora karena makanannya berupa dedaunan atau rumput. Sapi mencari makanan dari tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

Buaya

Buaya adalah binatang melata. Buaya menjadi musuh bagi peternak khususnya peternak ayam, karena buaya sering memangsa ayam.

Buaya adalah karnivora karena buaya memakan hewan lain. Buaya yang hidup di sekitar pemukiman warga biasanya mendapatkan makanan dengan memangsa ayam warga. Buaya memiliki taring tajam dan gigitan kuat yang dapat merobek daging.

Ayo. Memikirkan

Ilmu apa yang sudah kamu pelajari hari ini?

Pelajaran apa yang menurutmu paling menarik? Mengapa demikian?

Sikap apa yang harus Anda kembangkan saat mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini?

Kerjasama dengan Orangtua

Apakah keluarga Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan, hewan apa yang paling Anda sukai? Ambil foto hewan peliharaan Anda dan tempelkan pada selembar kertas ukuran A4. Tuliskan nama hewan, nama panggilan hewan dan artinya, makanan kesukaan dan kebiasaan hewan peliharaan anda yang paling menarik dan anda sukai. Jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan, Anda dapat mencari informasi sebanyak mungkin tentang hewan yang ingin Anda miliki dan mengapa Anda ingin memilikinya.

Ceritakan tentang hewan peliharaan Anda di depan kelas besok.