Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 9 Tokoh Penjelajah Luar Angkasa

Berita Rangkaberita.com – Lihat soal dan kunci jawaban tema 9 kelas 6 SD halaman 196 197 198 199 200 201 202 203 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6.

Dalam Buku Tema Tematik Kelas 6 SD terdapat 3 subtema.

Subtema 1 Pada Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 9 Menakjubkan Tatanan.

Subtema 2 Benda Luar Angkasa dan Rahasianya dan terakhir Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa.

Pembelajaran 6 halaman 196 197 198 199 200 201 202 203 ada di Subtema 3.

Berikut kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 SD halaman 196 197 198 199 200 201 202 203 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 6.

Kunci Jawaban Halaman 196 – 197

Ayo Perhatikan

Yuri Gagarin adalah seorang astronot dari Rusia. Dia adalah orang pertama yang pergi ke luar angkasa dan memasuki orbit Bulan pada tahun 1961.

Dr Pratiwi Sudarmono adalah wanita Indonesia pertama yang lolos seleksi NASA untuk menjelajah luar angkasa. Sedianya ia akan diberangkatkan sebagai kru spesialis peluncuran satelit Indonesia, yaitu Palapa B3. Namun sayang, pada tahun 1986 pesawat ulang-alik Challenger meledak dalam penerbangan. Karenanya, NASA membatalkan penerbangan dan Palapa B3 diluncurkan tanpa kehadiran astronot Indonesia.

Ayo berlatih

Setelah membaca uraian singkat tentang kegiatan para ilmuwan menjelajahi luar angkasa di atas, buatlah beberapa pertanyaan tentang segala hal yang ingin Anda ketahui tentang kehidupan astronot. Munculkan setidaknya tiga pertanyaan untuk didiskusikan dengan teman sekelas Anda.

– Saat di luar angkasa, makanan apa yang bisa kita bawa?

– Bagaimana astronot bisa tetap aktif di luar angkasa?

– Apa yang terjadi jika saat berada di luar angkasa astronot tidak memakai baju luar angkasa?

Cari tahu penemuan apa yang dibuat sebelum mengirim manusia ke luar angkasa. Hal-hal terkait dengan segala sesuatu yang diperlukan para astronot untuk hidup dan beroperasi di luar angkasa dan kembali ke Bumi dengan selamat. Gunakan tabel di bawah ini untuk membantu Anda. Lihatlah contoh yang telah saya buat untuk Anda.

Menjawab:

– Bagaimana astronot makan?

Cara memenuhinya: astronot memakan makanan khusus yang dibawa dari bumi

– Bagaimana astronot tidur?

Cara mengisinya: astronot tidur di kantong tidur yang menempel di dinding

– Bagaimana astronot buang air kecil?

Cara pemenuhannya: WCS menyediakan selang yang dihubungkan dengan toilet

– Bagaimana astronot buang air besar?

Cara pemenuhannya : di WCS dengan menggunakan selang masing-masing

– Bagaimana astronot mandi?

Cara pemenuhannya: astronot tidak mandi hanya menggunakan spon untuk membersihkan badan

– Bagaimana astronot menyikat giginya

Cara pemenuhannya : sama seperti di bumi tetapi tanpa menggunakan air

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi astronot?

Jika ingin menjadi Astronot NASA, ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti:

– Memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat. Warga negara Indonesia atau negara lain di luar Amerika Serikat tetap bisa menjadi astronot dengan gelar Astronot Internasional (International Astronauts).

– Untuk menjadi astronot, ada persyaratan untuk lulus dari teknik, biologi, fisika, ilmu komputer, atau matematika.

– Untuk menjadi astronot, harus memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman kerja di bidang terkait, atau memiliki setidaknya 1.000 jam pengalaman penerbangan khusus.

– Jika Anda ingin menjadi astronot, Anda harus lulus tes fisik calon astronot NASA. Selain itu, Anda juga harus memiliki penglihatan jarak jauh dan dekat yang tajam.

– Memiliki jiwa kepemimpinan, mampu bekerja dalam tim, dan berkomunikasi dengan baik.

Presentasikan hasil diskusi Anda di depan kelas dengan percaya diri.

Kunci Jawaban Halaman 199 – 203

Mari membaca

Ayo, Pengabdian Masyarakat!

Oleh Nike Ari

Musim hujan telah tiba, warga Desa Mekarjaya, Depok bersiap menghadapinya. Biasanya bersamaan dengan musim hujan, demam berdarah juga terjadi karena banyaknya genangan air. Untuk mencegah warga tertular demam berdarah, RT meminta warganya bergotong royong membersihkan lingkungan pada Minggu ini.

“Ayah, aku mau ikut KKN, dong. Aku siap, nih,” kata Romi saat melihat ayahnya bersiap-siap untuk ikut KKN.

“Baiklah, Nak. Sekarang pakai sepatu botmu dan bawa sekop kecil itu, oke?” kata Ayah.

Romi segera mengambil sepatu botnya dari lemari. Dia memakainya dengan cepat. Dia tidak lupa membawa sekop kecil dan topi seperti yang diminta ayah. Setelah siap, mereka pergi ke lapangan, tempat warga berkumpul.

Sudah ada banyak orang berkumpul di lapangan. Para pria yang akan melakukan pengabdian masyarakat sedang mengisi energi mereka dengan makanan yang disiapkan oleh para ibu dan anak perempuan. Ibu Romi, Sinta, dan adik Romi juga sibuk membantu membawakan makanan, teh, dan kopi. Wah, tak heran Ibu banyak membuat pisang goreng di rumah tadi, pikir Romi.

Tak hanya bapak-bapak yang akan menjadi relawan, anak laki-laki seusia Romi juga akan ikut membantu. Romi melihat teman-temannya, Adi dan Budi, sudah berada di lapangan. Adi membawa cangkul kecil dan Budi membawa beberapa karung.

Tak lama kemudian, pengabdian masyarakat pun dimulai. Setiap orang yang mengikuti pengabdian masyarakat langsung menyebar ke wilayah RT 03. Ada yang mulai membersihkan selokan yang mampet, mencabut rumput liar, dan mengumpulkan sampah. Bagaimanapun, semua orang sangat sibuk.

Romi, Adi, dan Budi tak kalah sibuk. Mereka membantu membersihkan selokan yang tertutup tanah. Romi mengeruk tanah dengan sekop kecilnya. Adi juga sama. Dia mengambil tanah yang menutupi parit dengan cangkul. Sedangkan Budi, menampung tanah dengan karung yang dibawanya.

Waktu menunjukkan pukul 11 ​​siang dan semua pekerjaan sudah selesai. Kawasan RT 03 menjadi lebih bersih dan tertata rapi. Tidak ada lagi tumpukan sampah atau selokan yang mampet. Karena lingkungan tempat tinggalnya lebih bersih, warga pun senang dan siap menghadapi musim hujan.

Ayo Menulis

Sebuah cerita bisa memiliki persamaan dan perbedaan dari pengalaman pribadi Anda atau dari film yang Anda tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

A. Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi deskripsi cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yang paling Anda sukai dari cerita fiksi di atas dalam satu paragraf. Jelaskan mengapa Anda menyukainya.

B. Jelaskan persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan kejadian yang pernah kamu alami atau yang kamu tonton dari film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuan Anda. Tuliskan gagasan utama dalam cerita fiksi di bagian cerita fiksi. Tuliskan gagasan utama dari pengalaman Anda atau dari film yang Anda tonton di bagian lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di tengah diagram venn.

Menjawab:

Judul : Ayo, Pengabdian Masyarakat!

Pengarang: Niken Ari

Bagian paling favorit dari cerita fiksi di atas:

Anak laki-laki ikut serta dalam pengabdian masyarakat bersama bapak, kebersamaan dan kekompakan ini menunjukkan kesatuan dan kesatuan.

C. Berdasarkan diagram Venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan cerita fiksi dengan pengalaman pribadi atau film yang pernah ditonton pada tempat yang disediakan di bawah ini.

D. Buatlah esai dengan mengembangkan berbagai bagian cerita fiksi di atas. Anda bisa mengambil beberapa bagian dari cerita fiksi aslinya sebagai bantuan, lalu melanjutkannya dengan cerita Anda sendiri berdasarkan pengalaman Anda atau dari film yang pernah Anda tonton.

e. Lipat kertas ukuran A4 menjadi dua bagian yang sama. Di sisi kanan, deskripsikan cerita fiksi dengan gambar yang jelas dan representatif. Di sisi kiri, jelaskan pengalaman Anda yang membedakannya dengan fiksi di atas.

F. Presentasikan cerita dan gambar baru Anda kepada teman sekelas Anda dengan percaya diri.

Untuk dapat bekerja sama, setiap anggota kelompok perlu memiliki keterampilan dan berperan aktif di dalamnya. Beberapa keterampilan harus dilatih dan dikembangkan. Kali ini Anda akan mengembangkan keterampilan membuat patung seperti yang telah Anda pelajari sebelumnya. Simak bacaan dan petunjuknya di bawah ini.

Mari membaca

Membuat Patung Konstruksi Berdasarkan Tema

Patung-patung yang Anda lihat di sekitar Anda biasanya dibuat dengan tema tertentu. Ada yang bertema manusia, tumbuhan, hewan, benda langit, atau bahkan bertema kekinian. Para seniman memilih tema-tema tertentu sesuai dengan keinginan mereka. Terkadang mereka membuatnya sesuai dengan keinginan orang lain yang meminta bantuan mereka untuk membuat patung tersebut. Lihatlah ke sekeliling Anda, bisakah Anda menjelaskan tema patung-patung di sekitar Anda?

Tema manusia, hewan dan tumbuhan merupakan tema yang berkembang bahkan sejak zaman dahulu kala. Hal ini dikarenakan tema ini merupakan tema yang paling erat kaitannya dengan kehidupan manusia dari masa ke masa. Begitu juga dengan seni pahat yang menggunakan teknik konstruksi. Tema manusia, hewan, dan tumbuhan sering digunakan, tentunya dalam bentuk yang berbeda. Misalnya, patung konstruksi manusia bisa menjadi robot mirip manusia.

Simak beberapa contoh patung konstruksi dengan tema manusia, hewan, dan tumbuhan berikut ini. Bisakah Anda menjelaskan bahan yang digunakan untuk membuat konstruksi patung?

Menjawab:

Jika diperhatikan dengan seksama, patung robot ini dibuat menggunakan bahan dari botol plastik, tutup botol plastik, dan bola pingpong. Patung tersebut dirakit tanpa menggunakan lem, melainkan menggunakan pengikat plastik. Gambar kedua adalah kepala binatang, dibuat dengan karton yang dibentuk kemudian dirangkai seperti puzzle. Biasanya teknik ini tidak membutuhkan lem, hanya dirangkai dan disambungkan satu sama lain. Sedangkan gambar ketiga terbuat dari kertas dengan teknik yang kurang lebih sama dengan teknik yang digunakan pada Gambar 2.

Mari mencoba

Membuat Patung dengan Tema Manusia

Untuk membuat patung konstruksi dengan tema manusia, langkah-langkah yang kurang lebih harus Anda lakukan sama seperti langkah-langkah membuat kendaraan luar angkasa pada pelajaran sebelumnya. Anda tentu telah belajar dari kesulitan yang Anda hadapi pada kegiatan sebelumnya dan juga belajar dari teman Anda. Sekarang saatnya merancang dan membangun patung yang lebih menyerupai manusia.

Wujud manusia yang Anda buat bisa berupa robot yang menyerupai manusia atau wujud lain yang menyerupai manusia. Hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat desain dalam bentuk gambar. Mulailah dengan desain yang sederhana dan ukuran yang tidak terlalu besar. Ukuran patung yang besar tentunya akan membutuhkan material yang lebih banyak dan waktu pengerjaan yang lebih lama. Langkah kedua adalah mencari bahan dan alat yang tersedia dan dibutuhkan untuk membuatnya. Selanjutnya adalah mencari tahu cara merangkainya.

Berikut beberapa contoh bentuk patung konstruksi sederhana dengan tema manusia yang bisa Anda kembangkan.

Mari Berdiskusi

Bacalah kembali cerita fiksi tentang pengabdian masyarakat dengan seksama. Menganalisis cerita dengan menjelaskan upaya peningkatan persatuan dan kesatuan serta akibat yang ditimbulkannya dalam sebuah tabel.

Kemudian, mintalah kelompok lain untuk menganalisis dampaknya bagi bangsa dan negara. Kemudian bersama-sama dengan teman satu kelompok, buatlah skenario drama yang menceritakan suatu peristiwa yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan. Tunjukkan hasil skenario Anda dalam bentuk role play di depan kelas.

Menjawab:

Disesuaikan dengan jawaban siswa dan teman satu kelompoknya

Ayo. Memikirkan

1. Nilai dan sikap apa yang menurut Anda perlu dimiliki oleh seorang astronot yang akan tinggal di luar angkasa dalam waktu yang lama?

2. Sikap dan keterampilan apa yang Anda kembangkan selama pelajaran ini?

3. Hal-hal apa yang perlu Anda tingkatkan?

Kerjasama dengan Orangtua

Bersama orang tua Anda buatlah rencana untuk membantu Anda meningkatkan nilai, sikap, dan keterampilan yang perlu ditingkatkan.