Kunci Jawaban Kelas 5 Tema SD 4

Berita Rangkaberita.com – Simak soal dan kunci jawaban tema 4 kelas 5 SD halaman 93, 94, 95, 96, 97, 98, 99, dan 100. Sehat Itu Penting.

Subtema 3 Tema 4 Kelas 5 Buku Tematik SD Cara Menjaga Kesehatan Organ Peredaran Darah

Artikel ini memuat kunci jawaban soal Subtema 3 Pembelajaran 1 halaman 93, 94, 95, 96, 97, 98, 99 dan 100.

Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua atau wali dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Lihat kunci jawaban Kelas 5 SD Tema 4 halaman 93, 94, 95, 96, 97, 98, 99, dan 100 Buku Tematik, Subtema 3 Pembelajaran 1.

Kunci Jawaban Halaman 93-95

Minggu pagi Siti, Dayu dan Lina bersepeda santai. Mereka bersepeda santai dari rumah Siti pukul 06.00 menuju alun-alun. Rumah Siti tidak jauh dari alun-alun, sekitar 5 km. Siti, Dayu dan Lina hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai ke alun-alun.

Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang dapat memperlancar peredaran darahnya, yaitu bersepeda santai. Tahukah Anda bahwa bersepeda santai dapat menjaga kesehatan organ peredaran darah, terutama jantung?

Sebagaimana ditegaskan dalam sebuah penelitian di Inggris tepatnya British Medical Association (BMA) bahwa bersepeda sejauh 20 mil seminggu akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 50%. Bersepeda dengan santai akan mengatur detak jantung sehingga otot jantung bekerja dengan baik. Jantung berperan penting dalam peredaran darah manusia, yaitu sebagai pompa. Selain jantung, organ peredaran darah manusia lainnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah manusia memiliki fungsi sebagai pengangkut makanan dan berbagai sisa metabolisme tubuh.

Pembuluh darah dan jantung bertanggung jawab untuk mengangkut darah yang mengandung nutrisi, oksigen, hormon, dan gas lainnya. Sistem peredaran darah manusia dapat terganggu oleh penyakit atau berbagai gangguan, termasuk penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, jantung perlu dijaga kesehatannya. Apa itu jantung koroner? Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah koroner, yaitu pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh ini bisa terjadi akibat timbunan lemak, terutama berupa kolesterol pada lapisan dalam dinding pembuluh. Penyumbatan pembuluh darah dikenal sebagai arteriosklerosis.

Ayo Menulis

Selain penyakit jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu sistem peredaran darah. Nah, tugas Anda untuk mencari contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah manusia dan cara pencegahannya. Informasi ini bisa Anda temukan dari berbagai sumber bacaan, termasuk internet. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut!

Menjawab:

Anemia.
Gangguan ini disebabkan oleh rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah. Kadar Hb yang rendah dapat disebabkan karena makanan yang dikonsumsi kurang mengandung zat besi. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan sering merasa pusing.

Tekanan darah rendah (hipotensi).
Gangguan ini disebabkan oleh penurunan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi (hipertensi).
Gangguan ini disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah.

Kanker darah (leukemia).
Gangguan ini disebabkan oleh sel darah putih yang berkembang biak secara tidak terkendali yang menyebabkan sel darah putih tersebut memakan sel darah merah.

Hemofilia.
Gangguan ini disebabkan oleh kelainan yang membuat darah sulit menggumpal jika terjadi luka.

Talasemia.
Pada kelainan ini, bentuk sel darah merah tidak beraturan. Hal ini menyebabkan daya ikat sel darah merah terhadap oksigen dan karbondioksida menurun.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Itulah slogan kesehatan yang sering kita dengar. Apa arti slogan ini? Slogan tersebut tentu saja mengandung nasehat. Makna dari slogan tersebut adalah untuk mencegah munculnya faktor-faktor yang dapat menyebabkan wabah penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit yang sudah menjangkiti tubuh kita. Pada dasarnya faktor penyebab penyakit dapat diminimalkan dengan melakukan pencegahan.

Indahnya persahabatan
Jaga dan hormati satu sama lain
Jaga kesehatanmu
Jangan perlakukan

Apakah Anda masih ingat bagian-bagian puisi itu? Untuk menguji memori Anda, lakukan tugas berikut.

Kunci Jawaban Halaman 96

Ayo Perhatikan

Perhatikan pantun berikut!

Kacang goreng enak disantap
Kue tape diberi ragi
Jika dinding sudah dibersihkan
Tidak ada lagi coretan

Apa sajak di atas?
Ada berapa bait dalam puisi di atas?
Berapa baris sajak di atas?
Tulislah satu baris yang menjadi contoh!
Tuliskan juga baris-baris yang menjadi isi puisi tersebut!

Tuliskan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!

Menjawab:

Jenis Pantun: Nasihat

Jumlah Bait: 1

Jumlah Baris: 4

Baris Sampul: 1 dan 2

Deretan Isi: 3 dan 4

Pantun berbentuk puisi, terdiri dari empat baris, berirama silang (aba-b), disusun dengan irama yang indah, dan memiliki arti penting. Pantun adalah karya yang dapat menghibur sekaligus menegur. Pantun adalah ungkapan perasaan dan pikiran yang disusun dengan kata-kata yang indah, sehingga sangat menarik untuk didengar atau dibaca. Pantun merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam mendidik dan menyampaikan hal-hal yang bermanfaat.

Perhatikan contoh pantun berikut!

Ini adalah bunga kemangi yang indah
Bunga kemangi tanpa getah
Lingkungan asri juga bersih
Belajar nyaman di hatinya

Berdasarkan puisi di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Pantun memiliki satu bait yang terdiri dari 4 baris.
2. Suku kata pada setiap baris berurutan 9, 9, 10, dan 11.
3. Setiap baris terdiri dari 4 kata.
4. Baris yang menunjukkan sampel yaitu:
Bunga kemangi memang cantik (baris pertama)
Bunga kemangi tanpa getah (baris kedua)
5. Baris yang menunjukkan isinya adalah:
Lingkungan asri juga bersih (baris ketiga)
Belajar nyaman dan hatinya betah (baris keempat)
6. Puisi sajak abab.
7. Pantun di atas merupakan jenis pantun nasehat.

Kunci Jawaban Halaman 97

Ayo Menulis

Berdasarkan uraian di atas, cobalah untuk menuliskan kembali bagian-bagian pantun dan ciri-ciri pantun. Tulislah pada kolom berikut!

Menjawab:

Bagian pantun terdiri dari sampiran dan isi.

Fitur pantun:
– 1 bait terdiri dari 4 baris
– Terdiri dari 8 – 12 kst suku kata
– Sajak abab
– Baris pertama dan kedua disebut sampiran dan bait ketiga dan keempat disebut isi

Halaman Kunci Jawaban 98-100

Mari mencoba

Anda telah memahami bagian-bagian dan ciri-ciri puisi. Anda juga tahu tentang jenis-jenis pantun. Sekarang, cobalah membuat pantun minimal satu bait dengan susunan minimal 4 baris. Tema puisi tersebut adalah menjaga kesehatan tubuh. Buatlah rima pada kolom berikut!

Menjawab:

Jalan-jalan ke kota hujan
Naik turun melewati bukit
Jangan lupa untuk menggerakkan tubuh Anda
Agar kita tidak pernah sakit

Organ peredaran darah memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, setiap orang harus menjaga dan mencegah terjadinya gangguan pada organ peredaran darah di dalam tubuh. bagaimana?

Siti dan kawan-kawan telah mencontohkan cara termudah dan termurah untuk menjaga dan mencegah gangguan pada sistem peredaran darah manusia, yaitu dengan bersepeda santai. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ peredaran darah di dalam tubuh. Apakah mereka?

Mari membaca

Peredaran darah juga sangat erat hubungannya dengan kerja jantung. Semakin baik kondisi jantung maka semakin baik pula sirkulasi darah dalam tubuh. Namun, tidak semua orang memiliki peredaran darah yang normal dan dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa orang yang memiliki kelainan dan juga penyakit yang berhubungan dengan peredaran darahnya.

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor munculnya penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah manusia. Beberapa penyebab yang dimaksud antara lain faktor keturunan, obesitas, pengaruh munculnya penyakit kronis, gaya hidup tidak sehat, dan akibat asap rokok, baik pada perokok aktif maupun pasif.

Berdasarkan penyebab yang ada, tentunya Anda bisa mengidentifikasi cara pencegahan terjadinya penyakit seperti berikut ini.
1. Berolahraga secara teratur.
2. Tidur yang cukup.
3. Sesuaikan pola makan.
4. Hindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif.

Ayo. Memikirkan

Banyak hal yang telah kamu pelajari dalam pelajaran ini 1. Coba renungkan kembali dan tuliskan materi utama yang kamu dapatkan dalam pelajaran ini 1. Sudahkah kamu menjaga kesehatan organ peredaran darah di tubuhmu? Upaya apa yang sudah Anda lakukan untuk mencegah gangguan pada organ peredaran darah tubuh Anda?

Kerjasama dengan Orangtua

Demi menjaga kesehatan organ peredaran darah dalam tubuh, lakukan olahraga bersama keluarga. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali. Tuliskan olahraga yang biasa Anda lakukan bersama keluarga! Tulis kegiatan olahraga dalam 1 bulan!