Kunci Jawaban Kelas 5 SD Halaman 200, 201, Kegiatan Berbasis Literasi

Berita Rangkaberita.com – Kunci Jawaban Kelas 5 SD, Benda Sekitar Kita merupakan judul tema 9 Buku Kurikulum Tematik Terpadu edisi revisi tahun 2017 untuk kelas 5 SD/MI.

Pada artikel ini akan dibahas kunci jawaban halaman 200 dan 201 Tema 9 tentang kegiatan berbasis literasi untuk Kelas 5 SD/MI.

Sebelum membaca kunci jawaban ini, ada baiknya adik-adik mencoba menjawabnya sendiri terlebih dahulu.

Kunci jawaban halaman 200-201

Pada halaman 200-201, adik-adik akan diminta menjawab sejumlah pertanyaan berdasarkan bacaan berjudul Lestarikan Sungai Bersama Prograce pada halaman 197.

1. Apa mata pencaharian penduduk Desa Suka Makmur?

Alternatif jawaban: Mata pencaharian penduduk Desa Suka Makmur adalah pembuat gerabah, buruh pabrik, guru, peternak lele, buruh bangunan, dan buruh lepas.

2. Mengapa iklan yang dibuat oleh tokoh disebut iklan layanan masyarakat?

Alternatif jawaban: Iklan yang dibuat oleh tokoh disebut iklan layanan masyarakat karena mengandung pesan yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah.

Dalam bacaan tersebut, sang tokoh berencana membuat iklan layanan masyarakat yang berisi ajakan agar masyarakat cinta lingkungan.

3. Apa isi dari kalimat iklan yang dibuat oleh tokoh dalam teks tersebut?

Alternatif jawaban: Isi dari kalimat iklan yang dibuat oleh tokoh dalam bacaan tersebut adalah “Terima kasih sudah tidak membuang sampah disini, kami mendukung program air bersih”.

4. Mengapa pengabdian masyarakat berkontribusi pada terciptanya persatuan dan kesatuan?

Alternatif jawaban: Pengabdian masyarakat juga mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan karena adanya interaksi sosial antar manusia yang menimbulkan persatuan dan kesatuan.

5. Sikap apa yang bisa dipelajari warga Suka Makmur?

Itulah kunci jawaban tema 9 untuk kelas 5 SD dan MI halaman 200 dan 201 tentang kegiatan berbasis literasi.