Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Rangkaberita, melalui artikel ini, kalian akan dengan mudah memahami teks eksplanasi melalui contoh-contohnya. Teks eksplanasi sendiri pada dasarnya mengambil topik-topik terkait fenomena atau peristiwa yang ada di sekitar manusia. Mulai dari fenomena alam, bencana alam, sosial, pendidikan, budaya, hingga tentang ilmu pengetahuan alam.

Contoh teks eksplanasi fenomena alam misalnya, akan menjelaskan bagaimana terjadinya pelangi, gerhana matahari, dan fenomena alam lainnya. Selain itu, masih banyak pula berbagai contoh teks eksplanasi. Cermatilah dengan seksama contoh-contoh teks eksplanasi di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan Teks Eksplanasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksplanasi adalah teks yang menerangkan terjadinya proses atau sebuah fenomena, secara berurutan dalam hubungan sebab akibat yang informasinya berdasarkan fakta, dan biasanya digunakan untuk menjelaskan fenomen alam, sosial, atau budaya.

Teks eksplanasi pun memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain faktual, berhubungan dengan ilmu pengetahuan seputar fenomena sosial, budaya, hingga fenomena alam, dan bersifat informatif serta tidak berusaha mempengaruhi pembaca terhadap pembahasannya. 

Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi. Struktur inilah yang digunakan sebagai panduan untuk menyusun teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam 

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Pernyataan Umum

Fenomena alam pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari saat hujan ringan. Ada beberapa macam warna yang terdapat pada pelangi. Warna-warna tersebut berjajar dan membentuk sudut 180 derajat.

Sebab Akibat

Terbentuknya pelangi diawali dari cahaya matahari yang bertemu dengan titik-titik hujan, kemudian dibiaskan ke tengah titik-titik hujan tersebut. Peristiwa tersebut dapat menyebabkan cahaya putih berubah menjadi beberapa warna spektrum yang hanya bisa kita lihat di hari yang cerah saja.

Interpretasi

Fenomena alam pelangi dapat kita lihat pada saat hujan dan matahari bersinar melalui arah yang berlawanan dari posisi kita menghadap. Oleh karenanya, posisi kita berdiri harus membelakangi matahari, tapi tetap berada di antara matahari dan tetesan air hujan.

Dengan posisi tersebut, warna-warni pelangi yang indah bisa kita saksikan secara langsung. Warna pelangi yang akan muncul, antara lain Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Pernyataan Umum

Gerhana matahari merupakan  fenomena alam yang unik, karena hanya terjadi setiap 25 tahun sekali. Gerhana matahari adalah suatu fenomena alam yang menyebabkan bumi mengalami kegelapan total di siang hari.

Sebab Akibat

Terjadinya gerhana disebabkan oleh bayangan yang dibentuk oleh bumi atau bulan saat keduanya berada pada posisi sejajar. Gerhana akan terbentuk sebagai akibat dari terhalangnya cahaya matahari oleh bulan atau bumi.

Walaupun dasarnya bulan lebih kecil dibandingkan bumi maupun matahari. Namun, bayangan bulan mampu menutupi cahaya matahari sepenuhnya karena jarak bulan yang rata-rata 384.400 kilometer dari bumi. Jarak tersebut lebih dekat dibandingkan matahari dengan jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. 

Gerhana matahari akan terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi, saat fase bulan baru. Mulai dari gerhana matahari sebagian, gerhana matahari cincin, hingga menjadi gerhana matahari total yang menyebabkan bumi menjadi gelap gulita. Gerhana matahari total umumnya terjadi selama 6 menit dan terjadi pada siang hari.

Interpretasi

Untuk mengamati gerhana matahari tentunya membutuhkan pelindung mata khusus dan melihatnya secara tidak langsung. Hanya memakai kaca mata juga tidak aman untuk digunakan, karena tidak dapat menyaring radiasi inframerah yang bisa merusak retina mata.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam 

Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi merupakan bencana alam yang mengakibatkan getaran atau guncangan hebat pada bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang dekat dengan gunung berapi pasif maupun aktif, dan juga pada pulau yang dikelilingi oleh lautan luas.

Sebab Akibat

Gempa bumi terjadi karena pergeseran atau gerakan lapisan dasar bumi dan juga letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat, hanya dalam hitungan menit dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.

Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi digolongkan menjadi dua jenis, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.

Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak, dan mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori Tektonik Plate menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan buatan.

Sebagian besar daerah lapisan kerak bergerak sangat lambat, sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain. Itulah yang menyebabkan gempa bumi terjadi.

Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi akibat adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan gempa tektonik.

Interpretasi

Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. Meski begitu, gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pasifik. Daerah yang dikenal dengan lingkaran api karena terdapat banyak gunung berapi.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan peristiwa alam dimana aliran air berlebih memenuhi daratan yang dapat menghanyutkan benda di sekitarnya, hingga menenggelamkan rumah. Umumnya, banjir terjadi secara mendadak dan alirannya berlangsung sangat deras.

Sebab Akibat

Ada beberapa hal yang menyebabkan banjir  terjadi di suatu wilayah. Penyebab utama banjir adalah curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan sungai tidak mampu menampung kapasitas air yang berlebih. Selain curah hujan, banyaknya sampah yang menumpuk akibat buang sampah sembarangan juga menyebabkan aliran air terhambat, dan air meluap ke daratan.

Penyebab lainnya bisa muncul karena adanya pengecoran jalan tanpa dibuatkan saluran air, sehingga tanah yang dicor tidak dapat menyerap air hujan. Akibatnya, air akan menggenang dan menyebabkan banjir.

Interpretasi

Oleh karenanya, pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, terutama bagi mereka yang tinggal disekitar kali dan sungai. Untuk mencegah banjir bisa diwujudkan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, bukan membuangnya ke sungai.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran di Pedesaan

Pernyataan Umum

Sekarang mental kerja keras di pedesaan Indonesia semakin menurun dengan meningkatnya kemudahan mengakses informasi. Banyak pemuda-pemudi desa yang membenarkan jika mereka tidak bekerja sama sekali.

Sebab Akibat

Derasnya arus informasi membuat semua orang semakin mudah dalam memberikan pengaruh parasocial. Salah satu sisi negatif dari informasi parasocial adalah tidak relevannya konten dengan kehidupan nyata.

Hal tersebut dapat dilihat secara langsung pada mental kerja masyarakat pedesaan yang mulai terpengaruh. Hasrat untuk bekerja keras semakin menurun dan lebih memilih kerja dengan duduk santai mencari pemasukan tidak pasti.

Akibatnya perekonomian di desa yang seharusnya sudah bisa merata, malah jadi semakin timpang. Apalagi dengan pemikiran pemuda desa yang semakin enggan untuk melakukan pekerjaan berat.

Interpretasi

Sebenarnya tidak semua orang harus menjadi bos untuk bisa memperoleh pendapatan yang layak. Bekerja sebagai seorang petani juga tidak terlalu buruk untuk dilakukan karena masih bisa menghasilkan uang.

Sementara memilih untuk menganggur karena alasan gengsi merupakan sebuah keputusan paling buruk untuk diambil. Sadarilah bahwa kehidupan di media sosial tidak selalu nyata dan realitas kehidupan harus dipertahankan.

Contoh Teks Eksplanasi Kriminalitas

Pernyataan Umum

Kriminalitas adalah tindakan kejahatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Orang yang melakukan tindakan ini disebut sebagai kriminal. Kejadian yang terjadi dalam kriminalitas sangat beragam, mulai dari pencurian, penculikan, pembunuhan, dan lain sebagainya.

Sebab Akibat

Alasan dibalik terjadinya beberapa tindak kejahatan di atas umumnya karena masalah uang atau ekonomi. Akibat kesulitan mendapatkan pekerjaan, ataupun desakan kebutuhan yang mendadak dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal tersebut. Terlebih, fakta bahwa negara kita memiliki peluang kerja yang kecil, tidak heran jika angka kriminalitas di Indonesia cukup tinggi.

Interpretasi

Untuk membentengi diri dari perilaku negatif tersebut, kita dapat mencegahnya dengan penanaman ilmu agama sejak dini. Dengan begitu, anak-anak akan paham jika tindakan tersebut bisa merugikan orang lain dan juga sebuah dosa yang harus dihindari. Segala hal yang tidak sesuai dengan agama, biasanya juga tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Perundungan di Sekolah

Pernyataan Umum

Sekolah seharusnya menjadi tempat belajar dan rumah kedua bagi para siswa. Namun sayangnya, masih ada beberapa siswa yang malah tersiksa ketika berada di sekolah. Mereka tidak bahagia karena menjadi korban perundungan. 

Perundungan adalah prilaku negatif yang dilakukan kepada seseorang. Baik perundungan dalam bentuk fisik maupun verbal.

Sebab Akibat

Peristiwa perundungan ini biasanya dialami oleh orang-orang yang dianggap rendah dan tidak memiliki kekuatan. Di dalam kehidupan siswa, biasanya mereka menggolongkan anak mana yang berada di kategori level atas dan anak mana yang berada di level bawah. Pengkategorian ini biasanya dalam bidang ekonomi.

Siswa yang berasal dari kelas ekonomi rendah, biasanya kerap menjadi korban perundungan. Mereka akan saling melihat mana siswa yang terlihat kaya dan mana yang nampak miskin. Hal tersebut dilihat dari kendaraan yang digunakan saat datang ke sekolah, dari lusuh atau tidaknya seragam, harga sepatu, hingga tipe HP.

Di sekolah-sekolah yang siswanya berasal dari level menengah atau menengah ke atas, maka siswa yang tidak mampu mengejar ketertinggalan fasilitas-fasilitas itu lah yang berpotensi menjadi korban perundungan.

Interpretasi

Untuk menghindari maraknya fenomena perundungan, diperlukan perhatian khusus dari orangtua dan guru terhadap prilaku anak. Ketika terdeteksi adanya kasta atau level-level dalam kehidupan mereka, guru dan orangtua dapat langsung turun tangan.

Contoh Teks Eksplanasi Pembelajaran Jarak Jauh

Pernyataan Umum

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, seluruh siswa di Indonesia belajar dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh, sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan. Namun, kenyataannya kegiatan belajar mengajar ini membuat banyak siswa yang menjadi lebih cepat bosan.

Sebab Akibat

Bosan yang dialami siswa tentu saja bisa mengakibatkan stres dan ketidaknyamanan. Bosan dapat terjadi karena saat pembelajaran jarak jauh, kegiatan belajar dilakukan seorang diri, dan hanya menatap layar komputer saja. 

Tidak ada variasi kegiatan lain dari belajar jarak jauh. Berbeda dengan belajar di sekolah yang bisa diselingi diskusi dengan banyak teman secara langsung, bermain, jajan ke kantin, dan sebagainya.

Interpretasi

Namun, meskipun membosankan, para siswa harus tetap bertahan dengan metode pembelajaran jarak jauh demi kebaikan bersama. Hal ini dilakukan juga supaya wabah cepat berlalu dan keadaan kembali normal.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Jimat di Indonesia

Pernyataan Umum

Jimat atau yang kita kenal juga sebagai benda pusaka, merupakan benda-benda yang diyakini memiliki tuah atau kemampuan-kemampuan tertentu bagi pemiliknya. Banyak sekali benda yang dijadikan jimat dan sangat dikenal di Indonesia, seperti batu mustika, rajah, keris, dan sebagainya.

Sebab Akibat

Jika kita melihat kembali sejarah Indonesia, keberadaan budaya jimat ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai peristiwa masa lalu. Terlebih saat sebelum datangnya agama-agama samawi seperti Islam. 

Mayoritas masyarakat di Nusantara kala itu menganut keyakinin animisme dan dinamisme. Kepercayaan yang didasarkan kepada luluhur dan benda-benda tertentu yang dianggap memiliki kekuatan.

Berdasarkan cerita mereka yang melalui peristiwa perjuangan melawan penjajah Belanda, banyak yang mengaku bahwa mereka mempersenjatai diri dengan jimat-jimat. Sebab, jimat itu diyakini bisa mengalahkan musuh.

Walau sekarang tujuan orang-orang memiliki jimat-jimat semacam ini berlainan. Mulai dari untuk melariskan dagangan atau bisnis, pelet pengasihan, menambah kewibawaan, dan sebagainya. Untuk mendapatkan jimat sakti itu, mereka rela merogoh kantong dengan harga mahal dan usaha yang bermacam-macam.

Interpretasi

Ditengah banyaknya budaya jimat yang masih kental di Indonesia. Sebaiknya cukup jadikan jimat sebagai koleksi benda-benda pusaka saja. Cukup dengan meyakini Allah Swt sebagai satu-satunya tempat meminta dan memohon perlindungan.

Contoh Teks Eksplanasi Musik Dangdut

Pernyataan Umum

Dangdut merupakan salah satu jenis musik asal Indonesia yang digemari oleh segala usia. Musik ini semakin populer sejak zaman orde baru hingga kini. Jenis musik dangdut juga sangat bervariasi.

Sebab Akibat

Ciri utama sebuah musik dangdut ditandai dengan adanya alunan dari seruling bambu dan kendang. Selain itu, penyanyi dangdut juga harus sanggup menguasai teknik cengkok yang nyaris serupa dengan cengkok melayu. Musik dangdut meningkat hampir di seluruh pelosok nusantara, tapi sayangnya masih ada beberapa pertunjukan dangdut yang tidak memprioritaskan seni dari musik tersebut, dan justru menonjolkan sang penyanyi yang berpakaian minim dengan tarian yang berlebihan.

Musik dangdut yang salah arah ini dapat dengan mudah ditonton oleh penduduk, baik secara pribadi maupun di dunia maya. Tak sedikit pula terdapat penonton dangdut yang masih dibawah umur. Hal tersebut akan berdampak negatif pada psikologi anak, dan akan menghancurkan gambaran dangdut itu sendiri.

Interpretasi

Walau begitu, kini para musisi dangdut papan atas sedang berupaya merapikan gambaran dangdut yang sempat rusak. Penampilan penyanyi dangdut sekarang dapat dikatakan lebih mewah dan modern. Tarian yang tak perlu juga dihindari, terutama saat siaran di televisi nasional.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Ilmu Pengetahuan

Contoh Teks Eksplanasi Fotosintesis

Pernyataan Umum

Fotosintesis merupakan proses terjadinya pembentukan makanan pada tumbuhan. Fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat, zat gula dan oksigen.

Sebab Akibat

Untuk melakukan fotosintesis, maka tumbuhan membutuhkan zat hara, karbondioksida, zat hijau serta cahaya matahari atau klorofil. Organisme yang melakukan fotosintesis pun disebut dengan fotoautotrof.

Saat fotosintesis berlangsung, tumbuhan tidak melakukan gerak secara aktif, sehingga beberapa zat tadi dapat ditangkap oleh bagian tanaman seperti akar, daun, dan batang.

Proses terjadinya fotosintesis terbagi dalam dua tahap, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi terang tentunya terjadi saat siang hari dan menggunakan cahaya matahari. Pada tahap ini, reaksi terang akan mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen.

Interpretasi

Di akhir proses fotosintesis, tumbuhan akan mengalami siklus calvin yang mengubah karbondioksida menjadi gula dan membuatnya sebagai cadangan makanan. Kedua reaksi selama proses fotosintesis terjadi pada organisme autotrof sebagai mekanisme dalam pertahanan hidup.

Contoh Teks Eksplanasi Siklus Hidrologi

Pernyataan Umum

Tahukah kamu kalau air di bumi berjumlah tetap dengan mengikuti suatu aliran yang tak ada hentinya. Aliran itu adalah siklus hidrologi yang merupakan sirkulasi air tanpa pernah berhenti, dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer, melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.

Sebab Akibat  

Ketika sampai ke bumi, air hujan akan mengalir dan bergerak dari dataran tinggi ke dataran rendah. Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah yang kemudian akan menuju ke sistem jaringan sungai, danau, atau waduk. Dalam sistem sungai, aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai besar, dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary, yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut.

Selanjutnya, akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap. Tahap ini dinamakan sebagai proses evaporasi. Proses evaporasi tidak hanya terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk, dan air laut) saja, tapi juga lewat tanaman.

Tanaman menyerap air melalui akar, lalu panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Namun, karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap kemudian berubah menjadi air.

Sementara temperatur yang berada dibawah titik beku (freezing point) akan mengakibatkan kristal es terbentuk. Butir-butir air mulai terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi, berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara.

Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air yang berada di atmosfer turun ke bumi. Kita biasa menyebutnya hujan atau presipitasi. Akan tetapi, jika temperatur udara turun hingga di bawah 0 derajat celcius, maka butiran air akan berubah menjadi salju.

Interpretasi

Begitulah siklus air yang tidak pernah berhenti terjadi. Mulai dari proses evaporasi melalui air dan tanaman, kondensasi uap menjadi butir-butir air, yang kemudian dibawa kembali ke bumi dengan presipitasi, yaitu hujan atau salju.

Rangkaberita, itulah contoh-contoh teks eksplanasi beserta strukturnya yang bisa dengan mudah untuk kamu pahami dan pelajari. Untuk Rangkaberita yang masih bingung dan ingin memahami teks eksplanasi lebih lanjut, kalian bisa bergabung dengan Quipper Video. Melalui Quipper Video, kalian akan mendapatkan berbagai materi video pembelajaran yang sangat detail, tapi mudah dipahami, dari para tutor professional yang super keren!

situs togel http://jeniferseo.my.id/ situs togel https://seomex.org/ situs togel toto 4d dentoto togel4d https://www.sabalansteel.com/ togel 4d situs toto https://dentoto.link/ https://dentoto.cc/ https://dentoto.vip/ https://omtogel.art/ https://dentoto.live/ situs togel situs toto toto 4d dentoto https://tfts.org/ https://152.42.182.72/ situs toto situstoto https://www.gala.itone.lu/ https://128.199.107.156/ https://panamerica.capuchinhos.org.br/ dentoto