Jenis makanan yang halal dan bergizi menurut Surat An Nahl ayat 114

Berikut pembahasan terkait jenis makanan yang halal dan bergizi menurut Surat An Nahl ayat 114 untuk Kelas: 9, Mata Pelajaran : Matematika, Kategori : Barisan dan Deret

Menjawab:

Menurut Surat An-Nahl ayat 114jenis Makanan dan minuman halal dan bergizi adalah

A. Semua jenis makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

B. Semua jenis makanan yang tidak jorok dan tidak menjijikkan.

C. Segala jenis makanan yang tidak membahayakan, tidak membahayakan kesehatan tubuh, tidak merusak akal, dan tidak merusak akhlak dan keyakinan.

Diskusi

Isi Surat An-Nahl ayat 114:

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُن ْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya: “Maka makanlah yang halal dan lebih baik dari rizki yang diberikan Allah kepadamu; dan bersyukurlah kepada Allah atas nikmat tersebut, jika kamu hanya beribadah kepada-Nya.” (QS An-Nahl ayat 114).

Dalam ayat ini Allah memerintahkan umat Islam untuk mengkonsumsi Makanan halal dan enak (tayib). Tidak cukup hanya makan makanan halal, tetapi juga harus baik (tayib). Atau yang sering kita kenal dengan istilah halalan tayiban.

Kehalalan pangan dilihat dari tiga hal, yaitu halal bentuk/zatnya, cara memperolehnya yang halal, dan cara pengolahannya yang halal. Allah telah menetapkan berbagai jenis makanan yang halal.

Selain makanan halal, kita juga diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan tayib. Yang dimaksud dengan istilah tayib disini adalah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi cukup sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Dalam ayat ini, Allah juga memerintahkan kita untuk mensyukuri nikmat Allah. Makanan yang tersebar di muka bumi ini berasal dari berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang semuanya merupakan nikmat Allah SWT. hal besar yang harus disyukuri oleh manusia. Salah satu cara mensyukuri nikmat Allah SWT. yaitu dengan mengucap syukur dengan membaca “Alhamdulillah” ketika menggunakannya sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, seperti memakannya atau membeli dan menjualnya.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain