Jenis-Jenis Indikator Asam Basa Lengkap Dengan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali zat yang dapat kita jumpai. Masing-masing zat ini bisa bersifat asam atau basa. Untuk mengetahui sifat suatu zat, apakah itu asam atau basa, diperlukan alat yang disebut indikator asam basa.

Pada artikel ini, kita akan membahas indikator asam basa secara lengkap. Lihat di bawah untuk penjelasan lebih lanjut, ya!

Indikator Asam Basa

Indikator asam-basa adalah pewarna yang bergantung pada pH larutan. Indikator asam basa dapat diartikan sebagai zat yang dapat menunjukkan sifat asam, basa dan netral dalam suatu larutan.

Indikator warna asam-basa dapat menunjukkan warna yang berbeda dalam larutan asam dan basa. Perbedaan warna yang berbeda menunjukkan sifat asam atau basa.

Jenis Indikator Asam Basa

Ada beberapa jenis indikator asam basa yang dapat digunakan untuk mengetahui sifat suatu zat. Ada indikator asam basa alami dan indikator asam basa buatan. Di bawah ini adalah jenis-jenis indikator asam basa:

1. Kertas Lakmus

Indikator asam-basa yang pertama adalah kertas lakmus. Indikator ini paling banyak digunakan di laboratorium karena praktis dan harganya cukup murah. Ada dua jenis kertas lakmus yang bisa Anda temukan, yaitu lakmus merah dan lakmus biru.

Senyawa yang ingin diidentifikasi sifatnya diteteskan ke kertas lakmus atau kertas lakmus dicelupkan ke dalam senyawa. Nantinya kertas lakmus tersebut akan berubah warna menjadi biru atau merah sesuai dengan sifat larutannya.

2. Indikator Alami

Selain menggunakan kertas lakmus, untuk melihat sifat zat asam, basa, atau netral, Anda juga bisa menggunakan berbagai jenis tumbuhan. Indikator asam-basa tanaman ini disebut indikator alami. Seperti indikator asam basa alami dari kunyit atau indikator asam basa alami wortel.

Tidak semua tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator asam basa alami. Salah satu syarat tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator asam basa alami adalah adanya perubahan warna pada saat ekstrak ditetesi larutan asam atau basa.

Untuk mengetahui hal tersebut banyak penelitian menggunakan beberapa tanaman yang ditulis dalam jurnal indikator asam basa alami, seperti jurnal yang berjudul Indikator Asam Basa dari Bunga Dadap Merah. (Erythrina crista-galli L.) diterbitkan oleh Universitas Tadulako, Palu.

3. Indikator Larutan Asam-Basa

Indikator larutan asam basa adalah indikator asam basa lain yang digunakan untuk menentukan sifat asam basa suatu senyawa. Indikator asam-basa yang paling banyak digunakan adalah larutan indikator fenolftalein (PP), metil merah (mm), jingga metil (mau), dan bromtimol biru (BTB).

4. Pengukur pH

Pengukur pH juga dapat digunakan sebagai pengukur pH untuk menunjukkan dengan cepat sifat asam-basa suatu larutan. Indikator pH asam basa ini biasa digunakan untuk indikator titrasi asam basa.

Di dalam pH meter terdapat elektroda yang bila dicelupkan ke dalam larutan asam basa akan menunjukkan nilai pH-nya. Menentukan nilai pH dari pH meter cukup mudah, bisa dilihat langsung karena angka yang muncul di layar pH meter digital.

5. Indikator Asam-Basa Universal

Berikutnya adalah indikator asam basa universal yang terdiri dari berbagai warna untuk setiap pH, mulai dari pH 1 hingga 14. Indikator universal berupa larutan dan selembar kertas. Paket indikator asam-basa universal selalu hadir dengan warna standar untuk pH 1 hingga 14.

Cara menggunakan indikator universal adalah dengan mencelupkan kertas indikator universal ke dalam larutan yang ingin dipelajari atau diketahui nilai pHnya. Selanjutnya tinggal menunggu perubahan warna yang terjadi pada kertas dan membandingkannya dengan warna standar pada indikator asam basa universal untuk menentukan pH.

Fungsi Indikator Asam Basa

Indikator asam basa memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk membedakan asam dan basa untuk mengetahui pH larutan. Dalam penggunaannya, indikator asam basa dapat menentukan derajat keasaman atau basa suatu larutan.

Contoh Indikator Asam Basa

Berikut beberapa contoh indikator asam basa berdasarkan jenisnya:

  • Kertas lakmus: kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru.
  • Indikator asam-basa alami: wortel, kunyit, kubis ungu, kembang sepatu, kacang kupu-kupu, kulit manggis, henna, bougenville, kol merah, mawar, bayam merah dan geranium.
  • Indikator larutan asam-basa: fenolftalein (PP), metil merah (mm), jingga metil (mau), dan biru bromtimol (BTB).
  • Pengukur pH.
  • Indikator asam basa universal.

Tabel Indikator Asam Basa

Di bawah ini adalah tabel indikator asam basa berdasarkan jenis indikator yang digunakan:

1. Kertas Lakmus

Perubahan warna kertas lakmus menurut sifat asam, basa, atau netral dapat dilihat pada tabel berikut:

Indikator Larutan asam Larutan alkali Solusi netral
Lakmus Merah Merah Biru Merah
Lakmus Biru Merah Biru Biru

2. Indikator Asam-Basa Alami

Tabel berikut menunjukkan beberapa jenis indikator asam-basa alami:

Ekstrak Tumbuhan Jus jeruk Basis Netral Air Garam
Air sabun Kapur
Wortel Oranye Oranye keputihan Oranye keputihan
Kunyit Kuning Krem atau merah Oranye Kuning muda
Kubis ungu Merah Jambu Biru muda Hijau muda Biru tua
Kembang sepatu Merah Kuning Hijau tua Nila
Kacang kupu-kupu Ungu Biru pudar Hijau tua Biru muda
Kulit manggis Oranye Bata merah Cokelat Kuning
Pacar Merah Jambu Krem Kuning Oranye
Bougenville Merah Jambu Nila Kuning Merah Jambu
kol merah Merah Jambu Hijau Hijau
Mawar Merah Jambu Hijau Hijau
Bayam Merah Merah Jambu Kuning Kuning
geranium Oranye gelap atau oranye Kuning Kuning

3. Indikator Larutan Asam-Basa

Tabel berikut menunjukkan perubahan warna yang terjadi ketika indikator asam-basa dikenai zat dengan sifat asam atau basa:

Indikator Larutan asam Larutan alkali Solusi netral
Fenolftalein (PP) Tanpa warna Merah Jambu Tanpa warna
Metil merah (mm) Merah Kuning Kuning
Jingga metil (mj) Merah Kuning Kuning
Bromtimol biru (bt) Kuning Biru Biru

4. Pengukur pH

pH meter adalah indikator asam-basa digital. Saat menggunakan pH meter, setelah instrumen direndam dalam larutan, nilai pH akan muncul. Berikut grafik nilai pH asam, basa dan netral:

pH meter adalah indikator asam-basa digital

Sumber gambar: Interaksi Alam dan Kehidupan, diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

5. Indikator Asam-Basa Universal

Berikut ini adalah hubungan antara nilai pH dengan warna Indikator Universal

nilai pH Warna Indikator Universal
1 Merah
2 Merah lebih terang
3 Bahkan merah lebih terang
4 Merah sangat muda
5 Oranye
6 Kuning
7 Hijau
8 Biru
9 Indigo
10 Ungu sangat muda
11 Ungu lebih terang
12 Ungu
13 Ungu gelap kurang
14 Ungu gelap