Jelaskan minimal 5 contoh faktor kriminogenik dari tindak pidana korupsi akibat pengaruh globalisasi dengan mengacu pada Teori Anomie yang dianut oleh Robert K. Merton!

Berikut pembahasan terkait masalah tersebut Jelaskan minimal 5 contoh faktor kriminogenik dari tindak pidana korupsi akibat pengaruh globalisasi dengan mengacu pada Teori Anomie yang dianut oleh Robert K. Merton! yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas1:1 Kursus: Sosiologi Bab: Bab 2 – Konflik Sosial dan Masyarakat

Jelaskan minimal 5 contoh faktor kriminogenik dari tindak pidana korupsi akibat pengaruh globalisasi dengan mengacu pada Teori Anomie yang dianut oleh Robert K. Merton!

Menjawab :

Ini beberapa contoh faktor kriminogenik tindak pidana korupsi karena pengaruh globalisasi berbasis tentang teori Anomie oleh Robert K. Merton:

  1. kesesuaian. Konformitas adalah individu, warga negara menerima tujuan budaya masyarakat yang sudah buruk serta korupsi melalui cara-cara yang dilembagakan dari organisasi tertentu untuk mencapainya. Misalnya, perusahaan yang melakukan korupsi terhadap kegiatan masyarakat.
  2. Inovasi. Inovasi disini berupa membangun masyarakat untuk menerima tujuan budaya baik atau buruk seperti korupsi dengan cara-cara yang tidak terlembagakan dan sudah pasti tidak legal. Misalnya pemerasan dan tindakan korupsi nyata lainnya.
  3. Ritualisme. Ritualisme di sini berupa keadaan masyarakat yang menolak tujuan budaya tersebut tetapi mempertahankan cara-cara yang terinstitusionalisasi untuk mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan masyarakat sejak lama. Contoh korupsi sebagai akibat berdasarkan ritualisme budaya tertentu dengan tujuan yang berbeda.
  4. Penarikan. Penarikan diri dapat terjadi karena ada perasaan tidak peduli dengan kondisi masyarakat dan tujuan-tujuannya sehingga menolak. Contoh penarikan dapat menyebabkan korupsi karena ketidakpedulian ini.
  5. Pemberontakan. Pemberontakan dapat menyebabkan masyarakat semakin menolak budaya dan peraturan pemerintah yang dapat berdampak pada perubahan secara keseluruhan. Sebagai contoh, pemberontakan dapat merusak sistem pemerintahan, seperti di Kongo yang pemerintahannya masih sering korup dan perubahan sistem terus menerus.

Kriminogen adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kejahatan dalam kehidupan atau kasus tertentu.

Diskusi

Korupsi merupakan perbuatan yang sangat merugikan negara dan rakyatnya. Hal ini terjadi karena uang yang seharusnya untuk rakyat bukan untuk konsumsi pribadi mereka sendiri. Dari sinilah, uang untuk kesejahteraan masyarakat dari pengembangan diri, pengembangan hal-hal lain menjadi terhambat. Maka dari inilah pentingnya pelajaran bagi individu untuk menjaga nama baik, saling berinteraksi dengan hal-hal yang positif dalam kehidupan sehari-hari dan tidak merugikan orang lain.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain