Jelaskan hasil sidang BPUPKI pada sesi pertama dan kedua

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Jelaskan hasil sidang BPUPKI pada sesi pertama dan kedua yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:9 Kursus : IPS Bab : 2

Jelaskan hasil sidang BPUPKI pada sesi pertama dan kedua

Menjawab :

Badan Penyelidikan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI adalah badan yang dibentuk oleh Jepang pada tanggal 29 April 1945. Rapat pertama BPUPKI diselenggarakan pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945. Rapat pertama BPUPKI menghasilkan rumusan dasar negara Indonesia. Sedangkan Rapat BPUPKI Kedua dilaksanakan pada tanggal 10 Juli – 17 Juli 1945. Rapat BPUPKI Kedua menghasilkan pengesahan Konstitusi Indonesia.

Diskusi

BPUPKI dibentuk dengan tujuan untuk mempelajari, mendalami dan menyelidiki bentuk-bentuk dasar yang sesuai dengan sistem pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan. BPUPKI telah mengadakan pertemuan sebanyak dua kali sejak pendiriannya. Pada pertemuan pertama, BPUPKI membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia. Dengan demikian, hasil sidang pertama BPUPKI yaitu rumusan dasar negara Indonesia yaitu Pancasila yang terdiri dari lima sila:

  1. Kebangsaan Indonesia.
  2. Internasionalisme dan Kemanusiaan.
  3. Konsensus atau Demokrasi.
  4. Kesejahteraan Sosial.
  5. Ketuhanan Yang Maha Esa.

Hasil sidang kedua BPUPKI yaitu pengesahan UUD Negara pada tanggal 16 Juli 1945. Isi draf UUD tersebut adalah sebagai berikut:

  1. proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  2. Pembukaan berisi Pancasila.
  3. Tubuh konstitusi terdiri dari pasal-pasal

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain