Jelaskan dengan contoh ketika mereka disebut barang bebas dan barang ekonomi

Di bawah ini adalah pembahasan terkait masalah Jelaskan dengan contoh kapan disebut barang bebas dan barang ekonomi yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:10 Kursus : IPS Bab 3 Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan

Jelaskan dengan contoh ketika mereka disebut barang bebas dan barang ekonomi

Menjawab :

A. Barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara dan air.

B. Barang ekonomi adalah semua barang yang keberadaannya terbatas sehingga untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan baik materil maupun fisik. Misalnya buku, sepatu, perhiasan.

Jelaskan bahwa mobil dapat dikatakan sebagai konsumsi produktif dan juga dapat dikategorikan sebagai konsumsi akhir!

Hal ini tergantung motif ekonomi, jika mobil digunakan untuk membantu kegiatan produksi dan distribusi, maka mobil tersebut dikatakan sebagai konsumsi produktif. Jika sebuah mobil digunakan hanya untuk jalan-jalan, rekreasi, atau penggunaan umum lainnya, maka mobil tersebut dikatakan sebagai konsumsi akhir.

Jelaskan manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi!

Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi adalah untuk menghadapi tantangan kehidupan ekonomi yang berat di masa depan dan membantu menciptakan tindakan ekonomi alternatif.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain