Jelaskan cara menggunakan lift mobil empat tiang

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Jelaskan cara menggunakan lift mobil empat tiang yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas:12 Kursus : Fisika Bab: Bab 3 – Medan Magnet

Jelaskan cara menggunakan lift mobil empat tiang

Menjawab :

Cara menggunakan lift mobil empat tiangYang pertama pindahkan kendaraan ke area lift mobil lalu atur posisi lengan penyangga di tempat yang aman untuk mengangkatnya agar kendaraan bisa terangkat dengan aman. Tata cara penggunaan car lift tipe four post lift yang benar adalah posisi kendaraan pada car lift harus seimbang dan tepat pada dudukan yang aman agar kendaraan tidak terguling. Kemudian perhatikan juga faktor keamanannya.

Diskusi

Pengikut faktor keamanan yang harus diperhatikan:

  • Daya angkat lift mobil atau Safe Working Load atau singkatnya SWL harus di atas berat kendaraan
  • Posisi kendaraan pada car lift harus seimbang dan tepat pada dudukan yang aman untuk mencegah kendaraan terguling
  • Di sekitar lift mobil harus bebas dari benda-benda yang dapat mengganggu saat kendaraan diangkat.
  • Kemudian tekan tombol motor listrik hingga kendaraan dinaikkan ke ketinggian yang diinginkan. Untuk lift mobil yang menggunakan lifter, sebelum mobil diangkat terlebih dahulu dilakukan pengecekan apakah posisi lifter sudah benar pada tunggangan yang diharapkan dan hindari komponen yang mungkin rusak.
  • Terakhir, jika lift mobil dilengkapi dengan alat pengaman (umumnya penggerak hidrolik) maka pasanglah alat pengaman tersebut untuk mencegah kerusakan pada sistem hidrolik lift mobil dan sekaligus mencegah lift mobil turun secara tiba-tiba.

Lift mobil empat tiang sendiri bisa disebut sebagai kendaraan pengangkat yang memiliki empat tiang atau kaki. Jenis lift mobil 4 tiang ini memiliki tingkat keamanan yang paling baik karena mobil sebenarnya berada di atas lift mobil dengan keempat rodanya menapak dengan baik. Namun, tidak cocok untuk perbaikan mesin atau sasis seperti rem, suspensi, sambungan baII dan lain-lain. Jenis ini sebenarnya yang paling banyak digunakan untuk pekerjaan spooring, meskipun bisa juga digunakan untuk perbaikan mesin yang tidak perlu melepas roda.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain