Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen sebagai seni dan manajemen sebagai ilmu?

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen sebagai seni dan manajemen sebagai ilmu? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:10 Kursus : Ekonomi Bab: Bab 6 – Konsep Manajemen

Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen sebagai seni dan manajemen sebagai ilmu?

Menjawab :

Mengikuti pengertian manajemen sebagai seni dan sebagai pengetahuan:

  1. Manajemen sebagai ilmu. Manajemen sebagai ilmu adalah manajemen yang menjadi pengetahuan untuk membekali diri menjadi pemimpin yang baik bagi bawahan manajemen.
  2. Manajemen sebagai seni. Manajemen sebagai seni adalah manajemen yang dilakukan oleh manusia dengan kebebasan dari setiap keunikan manusia dengan melakukan apa yang diinginkan dan diharapkan dalam peran manajemen sehingga tujuan dan cita-cita dapat tercapai dengan baik.

Berikut adalah beberapa manfaat dari manajemen:

  1. Menghasilkan hasil penuh dengan usaha minimal.
  2. Meningkatkan efisiensi berbagai faktor produksi.
  3. Meningkatkan kesejahteraan.

Diskusi

Manajemen memiliki peran penting agar berbagai keserasian terjadi dalam pekerjaan karyawan dan pimpinan dengan baik dan optimal. Jadi inilah penjelasannya beberapa manfaat dari manajemen di atas:

  1. Menghasilkan hasil penuh dengan usaha minimal. Upaya semaksimal mungkin dan seminimal mungkin jika dapat membuahkan hasil yang baik secara utuh, dari sini akan berdampak besar bagi manajemen dan bawahannya. Jadi itulah mengapa penting bagi manajemen untuk menghasilkan hasil terbaik dengan upaya rutin yang sederhana sehingga bisa dikatakan minimal menghasilkan banyak.
  2. Meningkatkan efisiensi berbagai faktor produksi. Efisiensi merupakan salah satu hal penting agar dapat diperoleh biaya yang sesuai dan tidak berlebihan atau biaya yang berada di luar faktor perhitungan. Dari sinilah manajemen berusaha semaksimal mungkin agar efisiensi berbagai faktor yang berkaitan dengan manajemen dapat menjadi modal bagi sumber daya manusia, alam. Maka dari sinilah pentingnya ilmu manajemen dalam rentang yang relatif panjang.
  3. Meningkatkan kesejahteraan. Kemakmuran disini dicapai dengan prestasi bersama pegawai dan pimpinan yang bekerja sama dengan baik, dari sinilah pentingnya kerjasama yang hasilnya dapat menciptakan keseimbangan kesejahteraan pegawai dan pimpinan. Maka dari inilah pentingnya kesejahteraan bersama dalam bekerja

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain