Istilah konstitusi menurut Joeniarto | Blog Avatar

Berikut adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan tentang syarat ketatanegaraan menurut Joeniarto yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:11 Kursus: PPKn Bab: Bab 2

Menjawab :

Berdasarkan Joeniarto (1980:30-31)berpendapat bahwa “UUD atau konstitusi mempunyai fungsi sebagai berikut: a) Ditinjau dari tujuannya, konstitusi berfungsi untuk menjamin hak-hak anggota masyarakat, khususnya warga negara, dari tindakan sewenang-wenang penguasanya. penyelenggaraan pemerintahan, konstitusi berfungsi sebagai landasan struktural penyelenggaraan pemerintahan menurut suatu sistem ketatanegaraan tertentu, yang pokok-pokoknya telah diuraikan dalam peraturan perundang-undangan/konstitusi”.

Diskusi

Secara umum konstitusi merupakan hukum dasar yang dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Konstitusi berfungsi untuk menjaga stabilitas dan kesinambungan struktur politik dan hukum, serta prinsip-prinsip dasar yang menjadi pedoman dan dirumuskan dalam bentuk tertulis. Berikut ini adalah pengertian konstitusi menurut beberapa ahli :

  • Konstitusi Menurut LJ van Apeldoor“Konstitusi adalah hukum dasar yang meliputi hukum dasar seperti hukum dasar tertulis sampai dengan hukum dasar tidak tertulis atau yang biasa disebut konvensi”.
  • Konstitusi Menurut ECS Wade“Konstitusi adalah naskah yang mampu menggambarkan kerangka tugas pokok suatu lembaga pemerintahan negara serta menentukan berbagai pokok-pokok dalam pedoman kerja badan tersebut”.
  • Konstitusi Menurut Jimly Asshidiqie“UUD adalah UUD yang termasuk dalam hierarki hukum yang menempati kedudukan tertinggi dan bersifat fundamental, sehingga pembuatan berbagai macam peraturan di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan UUD”.
  • Konstitusi Menurut Miriam Budiarjo“Konstitusi adalah piagam yang memuat pernyataan tentang cita-cita suatu bangsa dan sebagai dasar penyelenggaraan suatu bangsa”.
  • Konstitusi Menurut KC Wheare“Konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraan di daerah terpencil yang berupa kumpulan berbagai gaya untuk membentuk dan menyelenggarakan penyelenggaraan pemerintahan suatu negara”

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain