HARAPAN SAYA Pada saat perjalanan panjang sejenak saya berhenti

Di bawah ini adalah diskusi tentang pertanyaan yang telah dijawab dan diverifikasi Kelas: SMA Mata Pelajaran : B. Indonesia

Makna kata waktu dalam puisi tersebut adalah…

Menjawab :

Arti kata “waktu“dalam puisi”impianku” di atas adalah masa depan. Hal ini ditunjukkan dengan kata sebelumnya yaitu “tidak mampu menatap”.

Diskusi

Untuk mengetahui arti kata dalam puisi, kita harus menganalisis bait yang mengandung kata tersebut. Bait yang mengandung kata “waktu” adalah

Aku melihat sekelilingku

Diam,

Hanya bulan yang menggoda dengan tenang

Aku menundukkan kepalaku karena malu

Tidak bisa melihat waktu

Dari bait ini kita tahu bahwa penyair merasa kesepian dan malu sehingga tidak mampu membayangkan masa depannya.

Analisis puisi “Keinginan sayadi atas adalah

  • Tema: Kecemasan menentukan tujuan hidup
  • Amanat: Tetapkan tujuan hidup kita sesuai dengan hati nurani kita dan jangan terpengaruh dengan apa yang ada di sekitar kita.
  • Suasana: Bingung.
  • Gambar: Visi (Banyak persimpangan jalan di depan saya; saya melihat sekeliling saya; Tidak dapat melihat waktu); Perasaan (saya tidak tahu ke mana saya harus pergi; saya menundukkan kepala karena malu); dan Mendengar (Hanya bulan yang menggoda).
  • Majas: Personifikasi (Hanya bulan yang merayu) dan hiperbola (Tidak dapat melihat waktu).

.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain