Contoh Soal IPS UTS Siswa Kelas 9

UTS atau Ujian Tengah Semester merupakan salah satu jenis evaluasi yang sering dilakukan di sekolah untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Ujian ini berlangsung pada pertengahan semester, sekitar pertengahan semester, dan biasanya meliputi seluruh materi yang telah dipelajari sejak awal semester.

Untuk siswa IPS kelas 9, materi yang dipelajari cukup luas dan mencakup berbagai topik seperti globalisasi, hak asasi manusia, demokrasi, ekonomi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, IPS UTS kelas 9 harus mampu mengukur pemahaman siswa terhadap berbagai topik tersebut.

Berikut contoh soal dan jawaban UTS IPS kelas 9:

Pertanyaan:

  1. Jelaskan pengertian demokrasi!
  2. Sebutkan 3 ciri ciri sistem pemerintahan demokrasi!
  3. Apa yang dimaksud dengan inflasi? Jelaskan faktor faktor yang mempengaruhi inflasi!
  4. Apa itu globalisasi? Jelaskan dampak positif dan negatif globalisasi!
  5. Jelaskan pengertian HAM dan sebutkan 3 macam HAM!

Menjawab:

  1. Demokrasi adalah suatu bentuk sistem pemerintahan dimana kekuasaan berada di tangan rakyat melalui pemilihan umum yang bebas dan rahasia.
  2. Ciri-ciri sistem pemerintahan yang demokratis adalah:
  • Adanya hak untuk memilih dan dipilih secara bebas dan rahasia.
  • Hak untuk menyatakan pendapat atau mengkritik pemerintah secara terbuka.
  • Hak untuk memperoleh informasi secara bebas dan terbuka.
  1. Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang dan jasa pada umumnya mengalami kenaikan yang cukup berarti dalam kurun waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi antara lain kebijakan moneter, suku bunga, jumlah uang beredar, dan faktor penawaran dan permintaan.
  2. Globalisasi adalah proses integrasi antar negara di dunia melalui pertukaran informasi, ide, produk dan jasa. Dampak positif globalisasi adalah peningkatan perdagangan internasional, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kesempatan kerja. Namun, dampak negatif globalisasi adalah ketidakadilan sosial dan ekonomi, serta degradasi lingkungan.
  3. Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki setiap manusia, seperti hak untuk hidup, hak atas pendidikan, hak untuk berkumpul dan berserikat, hak untuk beragama, dan masih banyak lagi. Tiga jenis hak asasi manusia adalah hak sipil dan politik, hak ekonomi, sosial dan budaya, dan hak kelompok khusus.