Contoh Response Text Berdasarkan Strukturnya

Contoh Response Text Berdasarkan Strukturnya

Menyikapi informasi secara santun dan santun serta efektif pada sebuah karya, baik berupa buku maupun audiovisual di berbagai platform, kini penting dipahami oleh mahasiswa agar pujian, saran maupun kritik dapat diterima.

Penyampaian pandangan tentang kelebihan atau kekurangan suatu karya atau disebut juga dengan reviewer bertujuan untuk menyampaikan pendapat seseorang setelah menikmati sebuah karya.

Dalam kehidupan aktivitas media sosial, tentu kita sering menyampaikan tanggapan secara tertulis di kolom komentar, oleh karena itu penting untuk memahami tanggapan yang efektif dan terpadu. Menurut KBBI, tanggapan adalah tanggapan terhadap sapaan yang dapat berupa kritik, komentar, dan sebagainya.

Tanggapan yang diberikan pada suatu karya penting bagi orang lain, mari berlatih menulis teks tanggapan sesuai kaidah penulisan dan strukturnya.

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi penilaian, resensi atau review suatu karya seperti film, buku, novel, drama, dll agar orang lain mengetahui kelebihan dan kekurangan karya tersebut.

Kreativitas saat ini dalam membuat tanggapan yang lebih informatif dalam menanggapi sebuah karya, platform media sosial memungkinkan tanggapan dibuat sekreatif mungkin terkait tempat, produk, dan layanan untuk menarik perhatian orang lain.

Berikan tanggapan langsung dalam bentuk tulisan seperti resensi buku, review produk atau komentar, agar tanggapan lebih informatif dengan menambahkan foto, teks, lagu dalam bentuk audio visual.

Ragam Kalimat yang digunakan dalam Response Text

Setiap orang akan memberikan 3 perspektif utama dari sebuah karya, yaitu pujian, kritik/saran dan penolakan terhadap sebuah karya.

  • Tanggapan yang memperkuat dan menyetujui pendapat karya, kalimat tanggapan menggunakan kalimat persetujuan yang menunjukkan rasa setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh orang lain.
  • Tanggapan yang memberikan kritik dan saran, tanggapan ini memberikan saran untuk perbaikan suatu karya.
  • Tanggapan ini berisi penolakan menggunakan kalimat penolakan dengan gaya bahasa yang halus, umumnya ditandai dengan konjungsi “tetapi” untuk menyatakan pertentangan pendapat.

Struktur Teks Respons

Penyampaian tanggapan agar efektif dengan bahasa yang baik, perlu dipahami strukturnya agar teks tanggapan yang disampaikan, baik secara tertulis maupun dalam bentuk lain, dapat dipahami oleh pemilik karya atau orang lain yang menikmatinya.

Sebuah teks tanggapan memiliki ciri khas pada strukturnya yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, menurut (Trianto, dkk, 2018: 99-100) struktur teks tanggapan terdiri dari konteks, deskripsi dan penilaian, beserta penjelasannya.

  • Konteks
  • Konteks adalah bagian yang memuat soal yang ditanggapi, untuk memudahkan Anda mengetahui bagian konteks dalam teks tanggapan, gunakan pernyataan apa, di mana atau kapan dan peristiwa apa yang dibahas.

  • Keterangan
  • Deskripsi adalah bagian yang memuat penjelasan secara rinci tentang suatu peristiwa yang memuat fakta dan pendapat dengan keterangan-keterangan pendukung atau pelemahan.

  • Evaluasi
  • Bagian ini berisi penilaian pribadi terhadap sebuah karya buku, dll, termasuk kelemahan, kelebihan dan saran. yang biasanya ada di akhir paragraf

Contoh Teks Respons

Berikut adalah beberapa contoh teks tanggapan menurut strukturnya

Contoh Teks Respons Novel

Konteks

“Bumi Manusia” adalah sebuah novel yang ditulis oleh salah satu sastrawan terbesar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Buku ini kaya akan sejarah, terutama pada masa penjajahan Belanda dan memiliki pesan nasionalisme yang sangat tinggi. Novel ini dianggap sangat berpengaruh dan Pram hampir memenangkan Hadiah Nobel karenanya. Hingga tahun 2005, novel “Bumi Manusia” telah berhasil diterbitkan dalam 33 bahasa dan negara yang berbeda.

Keterangan

Novel ini berlatar Hindia Belanda, sebelum Indonesia merdeka pada akhir abad ke-18. Pram menyuguhkan suasana kolonial dengan sangat apik dan detail. Lokasi yang dijelaskan adalah Wonokromo yang merupakan kawasan perkebunan tebu, Surabaya, Blora.

Saat membacanya, saya merasa benar-benar berada di zaman itu dengan hiruk pikuk suasana kolonial yang memunculkan romantisme tersendiri. Cerita diawali dengan kisah seorang penduduk asli nusantara yaitu Minke. Ia sering diejek oleh Belanda karena kulitnya yang gelap dan karena intinya adalah keturunan pribumi.

Namun bagi pribumi saat itu, Minke adalah seorang yang terpelajar. Berbeda dengan kebanyakan pribumi lainnya, Minke beruntung dan mendapat kesempatan belajar di sekolah Hindia Belanda. Dia juga sangat mengagumi budaya Eropa dan hampir melupakan negaranya sendiri.

Meski pada akhirnya Minke menyadari bahwa kekagumannya hanya pada ilmunya. Dia dikejutkan oleh fakta bahwa rakyatnya menjadi budak koloni Eropa yang tidak menghormati hak asasi manusia pribumi. Bumi Manusia bercerita tentang berbagai pergolakan yang terjadi dalam perjuangan Minke melawan sistem peradilan Belanda yang tidak adil terhadap pribumi. Pertemuannya dengan Annelies, gadis keturunan Belanda yang meluluhkan hatinya juga mempertebal konflik.

Evaluasi

Bumi manusia adalah mahakarya yang ditulis dengan perhatian besar pada setiap detail peristiwa dan alur terarah. Tak heran jika Pram hampir dianugerahi Penghargaan Nobel bergengsi karena karya tersebut. Perpaduan teknik penulisan yang di luar akal sehat, pesan moral yang kuat, dan sejarah yang kaya akan fakta yang banyak dilewatkan menjadikan Bumi manusia sebuah novel fenomenal yang wajib dibaca semua orang.

Contoh Teks Respons Singkat

Konteks

Isu Ujian Nasional Online semakin marak. Salah satu Puspendik Kemendikbud menyatakan UN Online sudah dicanangkan Kemendikbud untuk siswa. Mereka mengatakan Ujian Nasional Online akan diadakan pada tahun 2015, tetapi mereka tidak tahu apakah itu benar atau tidak.

Keterangan

Biasanya Ujian Nasional Online akan diadakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya dikumpulkan oleh server melalui internet. Uji coba Ujian Nasional Daring akan dilaksanakan di sekolah-sekolah terpilih di Indonesia. Terutama sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Di Indonesia kurang lebih ada 6.221 orang yang menggunakan Kurikulum 2013, baik tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Manfaat teknologi dan informasi terkait pelaksanaan UN Online adalah mencegah pemborosan penggunaan kertas, keamanan, kebocoran soal, mempercepat proses pengerjaan, koreksi lebih mudah, tidak perlu cetak soal, tidak ada. perlu mengirim pertanyaan sampai terlambat ke pulau-pulau, dan menghemat anggaran negara.

Evaluasi

Dampak positif UN Online adalah dapat mengetahui nilai dengan sangat cepat secara langsung, mengurangi kecurangan (membocorkan soal dan mencontek teman), kemurnian hasil, penghematan anggaran UN (tidak perlu menggunakan pensil, penghapus dan pembalut), lebih banyak koreksi, dan tidak perlu mengirim pertanyaan sampai terlambat ke pulau, dapat mengoptimalkan waktu sebaik mungkin.

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Konteks

Sebuah surat kabar melaporkan bahwa “Perburuan Medali Emas Sea Games XXI Telah Berakhir, namun Kelaparan Emas Indonesia Belum Berakhir”. Di hari terakhir, harapan Indonesia untuk menambah satu medali emas pupus sudah. Dari lima emas yang diperebutkan, Pasukan Merah Putih hanya menambah dua perak dan satu perunggu. Kelaparan medali emas terjadi di Sea Games karena atlet Indonesia kurang disiplin dan sportif dalam latihan. Di sisi lain, dua petinju Indonesia, Albert Papilaya dan Bonix Saweho, patut diacungi jempol karena telah membawa nama baik Indonesia di Sea Games XXI. Mereka akan menerima bonus setelah sukses meraih emas.

Keterangan

Meski Albert Papilaya dan Bonix Saweho patut diacungi jempol karena telah membawa nama baik Indonesia di bidang olahraga, tampaknya ada hal yang patut dikoreksi. Surat kabar itu menyebutkan, kegagalan atlet Indonesia di Sea Games Kuala Lumpur karena kurang disiplin dan sportif dalam latihan. Padahal, minimnya medali Indonesia karena negara lain lebih cepat berkembang di bidang olahraganya sehingga mengumpulkan medali lebih banyak.

Evaluasi

Keberhasilan Albert dan Bonix yang bekerja keras dalam latihan perlu dicontoh oleh atlet lainnya. Semua atlet perlu meningkatkan latihannya agar kemajuannya tidak kalah dengan negara lain.

Teks Tanggapan Kritis (Persetujuan)

Konteks

Dokter Suyuti, Direktur Rumah Sakit Sultan Imanuddin di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pernah menjelaskan pengaruh fast food yang didominasi menu berbahan dasar ayam, terutama bagian paha dan sayap ayam. Menurutnya, pria yang menyukai olahan paha dan sayap ayam seperti fast food akan cenderung memiliki sifat yang lebih feminim (Sumber: “Cowok Suka Paha atau Sayap Ayam Cenderung Feminin”, Jawa Pos, 11 Januari 2009). Hal ini karena kedua bagian tubuh ayam tersebut mengandung setumpuk hormon kewanitaan (insulin X) yang disuntikkan ke dalam tubuh ayam melalui paha dan sayap ayam olahan selama hidupnya untuk memacu pertumbuhan ayam tersebut. Jika dikonsumsi, hormon tersebut juga akan menumpuk di dalam tubuh manusia. Seiring berjalannya waktu, kelebihan hormon insulin X ini akan menyebabkan pria yang mengkonsumsinya berubah sifat menjadi feminin layaknya wanita alias banci.

Keterangan

Jika keterangan Dokter Suyuti benar, kerugian penikmatnya berlipat ganda. Selain dapat memicu seseorang untuk menderita berbagai penyakit, juga dapat mendekatkan orang tersebut pada murka Allah yang tidak menyukai laki-laki yang menyerupai perempuan dan sebaliknya.

Evaluasi

Disadari atau tidak, ternyata pemaparan Dokter Suyuti memiliki korelasi dengan manfaat kesabaran. Sabar menunggu ayam besar alami. Sejuta manfaat sabar dalam aspek kehidupan ini, bahkan sampai ke hal terkecil seperti memilih makanan, ternyata besar manfaatnya.
(Dikutip dengan modifikasi dari satukankapan.blogspot.com)

Teks Tanggapan Kritis (Penolakan)

Konteks

Dalam artikel “Cowok Suka Paha atau Sayap Ayam Cenderung Feminin” yang dimuat di Jawa Pos News, dokter Suyuti, Direktur RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun menjelaskan pengaruh bagian tubuh ayam tersebut terhadap perilaku konsumen karena ayam bersifat disuntik dengan hormon wanita/insulin X. Jika dikonsumsi, hormon tadi juga akan masuk dan menumpuk di dalam tubuh manusia. Seiring berjalannya waktu, kelebihan hormon hewani wanita di dalam tubuh menyebabkan pria mengubah karakternya menjadi feminim, seperti wanita alias banci.

Keterangan

Berdasarkan artikel tersebut, kami melihat bahwa masih ada kesalahpahaman tentang ayam pedaging. Ayam broiler yang pertumbuhannya sangat cepat sering dianggap dibantu dengan pemberian hormon, baik disuntikkan maupun dicampurkan ke dalam pakan selama ayam dalam masa pemeliharaan. Padahal, ilmu peternakan yang paling sederhana pun telah menggarisbawahi bahwa untuk setiap usaha peternakan ada tiga faktor yang harus diperhatikan, yaitu faktor genetik, faktor lingkungan (pakan, kesehatan, manajemen), dan permintaan pasar. Ternyata faktor genetiklah yang menyebabkan broiler tumbuh begitu cepat. Lalu timbul pertanyaan, mengapa genetika ayam ras lebih “super” dibanding ayam kampung atau ayam buras? Itu adalah hasil dari kemajuan genetika dan seleksi rumit yang dilakukan oleh para ahli genetika. Ayam ras merupakan ayam terbaik yang dihasilkan dari proses perkawinan silang dan seleksi genetik dari generasi sebelumnya. Artinya, tidak setetes hormon pertumbuhan pun dibutuhkan peternak untuk menghasilkan ayam broiler seberat 2 kg dalam waktu 35 hari. Selain penggunaan hormon yang dilarang, hormon juga menambah biaya produksi dan menghabiskan waktu untuk menyuntik ayam satu per satu.

Evaluasi

Perkembangan teknologi sudah sangat maju, begitu pula dengan komunikasi yang sudah begitu canggih. Manusia tidak bisa menguasai semua ilmu, masing-masing memiliki kekhususannya. Karena itu, tanyakan pada “ahli” jika kita tidak menguasai ilmu ini. (Dikutip dengan perubahan dari akuingingreen.org)