Ciri-Ciri Atom Karbon – Kimia Kelas 11 – Pengertian dan Jenisnya

Hai Quipperian, apa kabar? Semoga sehat selalu dan tetap semangat!

Pada artikel kali ini Quipperi Blog akan mengajak para Quipperian untuk mempelajari kekhasan atom karbon. Karbon adalah salah satu atom yang sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya nasi, tempe, daging atau telur yang biasa anda konsumsi adalah senyawa karbon.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya gugus atom karbon di dalamnya. Tidak hanya itu, plastik dan elpiji yang sering anda gunakan juga merupakan senyawa karbon, Kamu tahu. Apa yang istimewa dari atom karbon? Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini, ya!

Definisi Karbon

Pernahkah Anda berpikir, apa sebenarnya karbon itu? Inilah jawabannya!

Karbon adalah unsur golongan IV A dengan nomor atom 6. Pada tabel periodik unsur, karbon dilambangkan dengan huruf C dan diklasifikasikan sebagai unsur nonlogam. Rupanya, karbon adalah unsur paling melimpah keempat di alam semesta dan nomor dua dalam tubuh manusia. Kamu tahu.

itu berarti, Tubuh Anda mengandung banyak unsur karbon. Salah satu alasan karbon mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah karena mudah berikatan dengan unsur lain membentuk ribuan senyawa. Itu luar biasaKanan?

Senyawa karbon harus memiliki jumlah karbon minimal satu. Tapi, itu jarang senyawa karbon yang hanya memiliki satu atom karbon. Jumlah dan bentuk rantai atom karbon inilah yang menyebabkan atom karbon memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh atom lain. Lalu, apa saja ciri-ciri atom karbon yang harus Anda ketahui?

Fitur Atom Karbon

Kekhasan atom karbon adalah sebagai berikut.

1. Atom karbon memiliki 4 elektron valensi

Berdasarkan konfigurasi elektronnya, atom karbon memiliki 4 elektron valensi atau 4 elektron pada kulit terluarnya. Nah, keberadaan elektron valensi inilah yang berperan penting dalam membentuk ikatan kimia. Setiap atom mampu membentuk stabil, termasuk atom karbon.

Untuk mencapai stabilitas, atom ini membutuhkan 4 elektron lagi dengan membentuk ikatan kovalen. Hanya atom karbon yang mampu membentuk 4 ikatan kovalen untuk mencapai keadaan oktet.

2. Jari-jari atom karbon relatif kecil

Jika melihat tabel periodik unsur, atom karbon berada pada periode 2. Artinya atom karbon hanya memiliki 2 kulit terluar. Jadi, jari-jari atom juga harus kecil. Besar kecilnya jari-jari atom mempengaruhi kekuatan ikatan yang terbentuk. Mengingat jari-jari atom karbon relatif kecil, maka ikatan kovalen yang terbentuk akan relatif kuat.

3. Atom karbon dapat membentuk rantai karbon

Kehadiran 4 elektron valensi dalam sebuah atom karbon rupanya membawa sejuta manfaat bagi umat manusia. Bagaimana tidak, dengan adanya 4 elektron valensi, atom karbon ini mampu membentuk ikatan kovalen dengan rantai karbon yang sangat panjang. Baik ikatan kovalen tunggal, rangkap, bahkan rangkap tiga. Tidak hanya itu, karon juga dapat membentuk rantai siklik atau sirkular.

Jenis Atom Menurut Ikatan Interatomik

Berdasarkan jenis ikatan antar atomnya, senyawa yang mengandung karbon dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1. Ikatan jenuh (ikatan tunggal)

Ikatan jenuh terjadi ketika setiap atom karbon menyumbangkan elektron. Itu akan membentuk pasangan elektron bersama. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

2. Ikatan tak jenuh (ikatan rangkap)

Ikatan jenuh adalah jenis ikatan di mana dua atom karbon menyumbangkan lebih dari satu elektron. Akibatnya, jumlah pasangan elektron yang dipakai bersama lebih dari satu pasang. Contoh obligasi akan ditunjukkan pada gambar berikut.

Jenis Karbon Berdasarkan Bentuk Rantai Atom Karbon

Berdasarkan bentuk rantai atom karbonnya, senyawa hidrokarbon dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1. Rantai karbon alifatik

Rantai karbon alifatik adalah contoh rantai atom terbuka yang bisa lurus atau bercabang. Contoh senyawa yang memiliki rantai karbon alifatik adalah N-butana dengan rumus molekul C4H10. Untuk rumus molekul yang sama, contoh rantai alifatik bercabang dapat dilihat di Quipperian 2-methylpropane. Ini gambarnya.

2. Rantai karbon siklik

Jika rantai karbon alifatik terbuka, berbeda dengan rantai karbon siklik tertutup. Rantai ini memiliki ikatan rangkap di dalamnya. Rantai karbon siklik dibagi menjadi dua berdasarkan komponen penyusunnya.

  1. Karbosiklik adalah senyawa karbon siklik yang memiliki satu atom C dalam rantai melingkar mereka.
  2. Heterosiklik adalah senyawa yang memiliki atom selain C dalam rantai sikliknya.

3. Rantai karbon aromatik

Rantai karbon aromatik adalah bentuk khusus dari atom karbon yang tidak dapat ditemukan di atom lain. Pada rantai karbon aromatik, terdapat 6 atom karbon yang membentuk rantai siklik dengan ikatan rangkap bolak-balik.

Adanya ikatan rangkap bolak-balik akan memicu terbentuknya awan elektron di sekitar ikatan rangkap tersebut. Nah, senyawa yang memiliki rantai karbon aromatik disebut benzena. Salah satu contoh benzena adalah natrium benzoat yang biasa digunakan sebagai pengawet makanan.

Itulah pembahasan Quipper Blog tentang kekhasan atom karbon. Semoga Quipperian makin paham dan makin semangat belajar Kimia. Salah satu trik agar kamu mudah belajar Kimia adalah dengan belajar giat dan latihan soal.

Jika Anda ingin memperdalam pemahaman Anda tentang kekhasan atom karbon, silakan bergabung dengan kami Video Quiper. Di Quipper Video, Anda akan dibimbing langsung oleh para tutor yang sangat kompeten di bidangnya. Jadi, Apa yang kamu tunggu. Membuka gadgetkalian simak videonya sampai paham. Salam Quippers!

Pengarang: Serenata