Cara Membuat Puisi Yang Baik dan Benar Beserta Contoh

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan puisi kan? Di Indonesia sendiri banyak sastrawan yang terkenal dengan puisinya, seperti Chairil Anwar dan Sapardi Djoko Damono. Berbeda dengan karya sastra pada umumnya, puisi memiliki gaya tersendiri.

Apakah kamu pernah menulis puisi? Apakah Anda tahu cara menulis puisi yang baik? Artikel ini akan menjelaskan pengertian puisi dan cara menulis puisi yang baik dan benar.

Apa itu Puisi?

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Puisi adalah jenis karya sastra yang bahasanya terikat oleh irama, dimensi, rima, dan susunan baris dan baris. Puisi juga bisa disebut ungkapan hati seorang pujangga atau pujangga dengan makna yang dalam.

Dalam menulis puisi harus memperhatikan beberapa syarat yaitu bahasa yang digunakan lebih padat dari bentuk karya sastra lainnya, rima atau pantun teratur, simetris, memiliki makna konotatif, dan tersusun dari gatra.

Sedangkan ciri-ciri puisi yang baik adalah puisi yang menggunakan diksi kiasan dan menggunakan metafora atau perbandingan. Lalu, berapa baris dalam 1 bait puisi? Umumnya puisi terdiri dari beberapa bait dan satu bait terdiri dari 4 baris. Agar Anda lebih paham tentang puisi, Anda bisa melihat contoh puisi karya Chairil Anwar di bawah ini.

Derai cemara
Oleh: Chairil Anwar

Cemara cambuk jauh
rasanya ini akan menjadi malam
ada beberapa cabang di ambang jendela yang rapuh
diterjang angin yang redup

Saya sekarang seorang pria yang bisa hidupN
sudah berapa lama kamu tidak menjadi anak-anak lagi?
tapi dulu ada bahannya
yang bukan dasar perhitungan saat ini

Hidup hanya menunda kekalahan
tambah terasing dari cinta sekolah rendah
dan ketahuilah, ada sesuatu yang tidak terucapkan
sebelum akhirnya kita menyerah

Cara Membuat Puisi

Berikut langkah-langkah membuat puisi yang baik dan benar:

  • Cara membuat puisi pendek
    Seperti namanya, puisi pendek adalah bentuk puisi dengan jumlah baris dan bait yang sedikit. Puisi pendek harus dibuat singkat, jelas, dan padat. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan puisi pendek yang bagus.
    1. Mendefinisikan tema
      Langkah pertama, Anda harus menentukan tema puisi pendek yang akan dibuat. Ada banyak tema yang bisa diambil, misalnya cinta, agama, kehidupan, persahabatan, dan lain-lain. Anda bisa memilih tema yang dekat dengan kehidupan di sekitar Anda agar lebih mudah membuatnya.
    2. Buat judul
      Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah membuat judul. Dengan membuat judul ini akan memudahkan anda untuk mengarahkan kemana puisi itu akan dibuat. Misalnya, ketika Anda membuat tema tentang percintaan, Anda bisa lebih fokus pada jatuh cinta atau patah hati.
    3. Buat puisi
      Setelah judul berhasil ditentukan, Anda bisa mulai memasukkan kata menjadi kalimat atau baris. Tuangkan semua perasaan dan pikiran Anda ke dalam puisi itu. Jangan lupa untuk memilih diksi dan majas agar puisi lebih indah.
    4. Periksa puisi lagi
      Terakhir, kamu bisa mengecek puisi yang sudah dibuat, apakah pemilihan kata sudah bagus dan puisinya enak dibaca atau tidak.
  • Cara menulis puisi bebas
    puisi bebas Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah puisi yang tidak terikat rima dan meteran, serta tidak terikat jumlah baris tiap bait dan jumlah suku kata tiap baris. Membuat puisi bebas tentunya lebih mudah dibandingkan jenis puisi lainnya.
    1. Buat judul untuk puisi itu
      Pastikan Anda membuat judul yang bagus untuk menarik perhatian dan kesan pembaca. Judul bisa menjadi kunci apakah puisi Anda akan dibaca atau tidak.
    2. Menulis puisi dengan diksi yang baik
      Menentukan diksi yang baik dapat menjadi keunikan dalam puisi yang Anda buat. Tidak perlu menggunakan diksi yang rumit untuk memahaminya, ada banyak puisi bagus dengan diksi yang sederhana. Anda juga bisa menggunakan diksi yang jarang didengar orang.
    3. Buat penutup puisi yang dramatis
      Karena puisi bebas tidak terikat pada sajak, Anda dapat menggunakan taktik di bagian akhir. Pada akhirnya, Anda bisa membuat kalimat yang dramatis dan ‘menembus’ hati pembaca.
  • Cara membuat puisi kemerdekaan
    Selanjutnya akan dijelaskan cara membuat puisi kemerdekaan. Tema puisi ini cukup jelas yaitu tentang kemerdekaan. Jadi, saat menulis puisi, jangan asal-asalan.
    1. Lakukan beberapa penelitian
      Sebelum Anda mulai menulis, Anda harus melakukan penelitian tentang kemandirian. Ada banyak referensi yang bisa Anda gunakan, mulai dari buku sejarah atau mencari di internet. Anda dapat mencatat poin-poin penting yang akan dimasukkan dalam puisi itu. Saat melakukan riset ini, Anda juga bisa mendapatkan gambaran puisi kemerdekaan seperti apa yang akan dibuat.
    2. Menentukan jenis puisi
      Selanjutnya adalah menentukan jenis puisi yang akan dibuat, apakah puisi pendek, bebas, atau yang lainnya. Cara ini akan membantu Anda saat memilih diksi saat menulis puisi, misalnya saat menulis puisi bebas Anda tidak perlu mencari kata dengan rima yang sama.
    3. Menulis puisi
      Setelah itu, kamu bisa mulai menulis puisi kemerdekaan berdasarkan hasil riset yang kamu lakukan. Sebaiknya gunakan kata-kata dramatis agar puisi yang Anda buat menyentuh hati pembaca.
  • Cara menulis puisi tentang diri sendiri
    Tidak sedikit orang yang justru kesulitan menulis puisi tentang diri sendiri. Saat menulis puisi sendiri, Anda dituntut untuk mencermati baik-baik pikiran dan pemikiran Anda tentang diri sendiri yang kemudian akan diolah menjadi kalimat-kalimat pendek yang indah.
    1. Kenali dirimu sendiri
      Puisi tentang diri Anda tidak selalu tentang sifat pribadi Anda. Sebenarnya banyak hal yang bisa digali dari diri sendiri, mulai dari kebiasaan sehari-hari, pengalaman pribadi, dan masih banyak lagi lainnya.
    2. Menentukan tujuan menulis puisi
      Akan lebih mudah ketika anda menulis puisi jika anda mengetahui tujuan dari penulisan puisi tersebut. Dengan menentukan tujuan ini, Anda dapat menemukan topik apa yang akan ditulis dalam puisi itu. Misalnya, menulis puisi untuk diri sendiri untuk refleksi diri.
    3. Ekspresikan emosi dengan menulis puisi
      Setelah tujuan dan topik yang akan Anda tulis sudah ditentukan, maka saatnya untuk mulai menulis puisi tentang diri Anda. Saat menulis, Anda dapat mengungkapkan emosi dan perasaan Anda dengan kata-kata.

      Setelah mengarang puisi tentang diri Anda, Anda tidak hanya mendapatkan karya sastra yang indah. Namun, menulis puisi tentang diri sendiri juga bisa menjadi terapi yang bermanfaat bagi kesehatan mental.

Kesimpulan

Setelah membaca pembahasan materi puisi di atas, Anda bisa mencoba menulis puisi dengan mencurahkan segala pikiran dan ungkapan hati Anda. Memilih diksi yang tepat dapat membuat puisi Anda lebih indah.

Yuk, gabung Quipper Bimbel Online! Anda bisa mendapatkan akses ke video pembelajaran untuk materi sekolah dari Guru Super. Selain itu, ada banyak soal latihan yang bisa kamu gunakan untuk mengukur kemampuanmu, tentunya lengkap dengan jawaban dan pembahasannya.