Berikut ini yang bukan merupakan faktor penyebab cepatnya penyebaran Islam di Indonesia adalah.

Di bawah ini adalah pembahasan terkait pertanyaan berikut yang bukan merupakan faktor penyebab cepatnya penyebaran Islam di Indonesia, yang telah terjawab dan terverifikasi untuk Kelas:9 Kursus: Bab Agama: 7

Berikut ini yang bukan merupakan faktor penyebab cepatnya penyebaran Islam di Indonesia adalah.

Syarat masuk Islam sangat mudah, hanya dengan membaca akidah
B Islam telah disesuaikan dengan tradisi dan kondisi Indonesia
C Islam disebarkan secara damai atau tanpa kekerasan
Agama Islam tidak mengikat pemeluknya dalam menjalankan ibadah

Menjawab :

Islam berkembang sangat pesat di Indonesia karena beberapa faktor. Faktor yang bukan penyebab Islam cepat tersebar luas di Indonesia yaitu B. Islam telah disesuaikan dengan tradisi dan kondisi Indonesia.

Diskusi

Pada awalnya kedatangan Islam ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat yang kemudian disusul oleh para pedagang Arab dan Persia. Selain itu, ada pedagang yang juga melakukan dakwah seperti menyebar di Jawa, seperti yang dilakukan para walisongo. Islam dengan cepat menyebar luas di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

  • Syarat untuk bisa masuk Islam sangat mudah, hanya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Dengan ucapan “asyhadu alla ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar Rasulullah”, seseorang dapat masuk Islam dan disebut mualaf.
  • Orang-orang yang baru masuk Islam atau yang disebut muallaf dipelihara diri dan hatinya, dirawat dan diberi zakat serta bantuan baik materi maupun non materi.
  • Tidak ada upacara yang merepotkan dalam Islam.
  • Islam tidak mengenal sistem kasta.
  • Islam tidak melarang adat atau tradisi tertentu agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.
  • Agama Islam datang dengan cara damai.

Sehingga dapat ditemukan jawabannya B. Islam telah disesuaikan dengan tradisi dan kondisi Indonesia adalah jawaban yang paling benar

.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain