Berikan contoh peristiwa kristalisasi dengan penyerapan dan pelepasan kalor?

Di bawah ini adalah pembahasan terkait pertanyaan Berikan contoh peristiwa kristalisasi dengan penyerapan dan pelepasan kalor?​ yang sudah dijawab dan dibuktikan untuk Kelas:7 Kursus: Fisika Bab: Karakteristik Zat

Berikan contoh peristiwa kristalisasi dengan penyerapan dan pelepasan kalor?

Menjawab :

Ini beberapa contoh peristiwa kristalisasi dengan penyerapan atau pelepasan kalor:

  1. Pelepasan kalori. Mendinginkan salju dan gas, suhu dingin membuatnya berubah menjadi bentuk padat air dan gas.
  2. Penyerapan kalori. Proses pembuatan garam, garam berasal dari air laut yang asin dan dijemur di bawah sinar matahari sehingga menguap di petakan namun kristal garamnya akan tetap untuk dikonsumsi.

Kristalisasi adalah perubahan bentuk suatu benda yang dimulai dari gas dan berakhir menjadi padat.

Diskusi

Hal-hal dalam hidup mengalami berbagai perubahan karena disebabkan oleh keadaan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis perubahan bentuk benda:

  1. Menguap. Pada penguapan terjadi perubahan wujud dari cair menjadi gas, hal ini terjadi akibat penguapan oleh panas yang relatif tinggi sehingga suatu benda yang semula cair akan menjadi gas yang menguap. Misalnya, jika Anda memperhatikan AC atau kulkas, maka akan ada sedikit air yang keluar, termasuk penguapan.
  2. Meleleh. Dalam peleburan, suatu peristiwa terjadi dari padat menjadi cair. Hal ini terjadi karena benda mengalami peningkatan suhu yang panas sehingga dari padat menjadi cair. Contohnya bisa terjadi pada es batu yang mencair menjadi air karena suhu es batu yang tidak stabil.
  3. Sublimasi. Penyubliman ini terjadi dengan zat berubah menjadi gas yang biasanya terjadi pada benda kapur barus, kapur barus akan habis jika hanya diletakkan di satu tempat.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain