Bagaimana tradisi Islam nusantara dan asal daerahnya?

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan Bagaimana tradisi Islam Indonesia dan asal daerahnya? Untuk Kelas: -, Mata Pelajaran : Seni Budaya , Bab : Tradisi Islam Nusantara

Bagaimana tradisi Islam nusantara dan asal daerahnya?

Menjawab:

Satu dari Tradisi Islam Nusantara adalah sekaten. Asal daerahnya adalah DI Yogyakarta dan Surakarta.

Diskusi

Banyak Tradisi Islam Nusantara yang berkembang sejak masuknya Islam di Indonesia. Setiap daerah yang menjadi pusat penyebaran Islam telah berakulturasi dengan budaya daerah dan menjadi tradisi Islam nusantara yang masih dijalankan hingga saat ini.

Salah satu tradisi Islam Nusantara adalah sekaten. Sekaten merupakan upacara adat yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta. Upacara Sekaten merupakan upacara adat yang dilaksanakan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Upacara ini dilaksanakan secara periodik setahun sekali yaitu setiap tanggal 5 sampai dengan tanggal 11 Rabi’ul Ðwal (atau dalam penanggalan Jawa disebut bulan Mulud). Upacara sekaten ditutup pada tanggal 12 Rabi’ul Аwal dengan diadakannya upacara Garebeg Mulud.

Upacara Sekaten pada hakekatnya merupakan tradisi yang diturunkan oleh nenek moyang kita. Pada awalnya upacara ini diadakan setiap tahun oleh raja-raja di Tanah Hindu, berupa ucapan selamat atau persembahan kepada arwah para leluhur. Namun dalam perkembangannya, Upacara Sekaten sebagai sarana penyebaran agama Islam melalui kegiatan seni gamelan. Penyebaran agama Islam menggunakan media berupa kesenian gamelan karena masyarakat pada masa itu menyukai kesenian Jawa dengan gamelannya. Nah, untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. bukan lagi dengan seni rebana, tetapi dengan seni gamelan.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain