Bagaimana cara menghormati lambang negara

Bagaimana cara menghormati lambang negara

Di bawah ini adalah pembahasan terkait pertanyaan bagaimana menghormati lambang negara yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas:6 Kursus : PPKn Bab : 1

Menjawab :

Berikut ini adalah cara menghormati lambang negara indonesia :

  • Menghadapi kebenaran. Arah kepala Garuda yang menoleh ke kanan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia selalu berada di pihak kebenaran. Contoh berpihak pada kebenaran adalah sebagai berikut:
  1. Berani mengakui ketika melakukan kesalahan.
  2. Jangan menyontek saat ulangan atau ujian.
  3. Kembalikan kelebihan kembalian ke penjual.
  • Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Sikap itu sesuai dengan tulisan di pita putih yang ada di kaki Garuda Pancasila. Pita tersebut bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu. Contoh menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut:
  1. Bermain dengan semua teman tanpa membeda-bedakan.
  2. Menghormati teman yang berbeda agama dan beribadah.
  3. Mengunjungi teman yang sakit.
  • Ikuti upacara hari kemerdekaan.
  • Berperilaku sesuai dengan sila pada Perisai Garuda Pancasila. Perisai berisi simbol dari lima sila. Dari simbol-simbol tersebut terdapat sikap-sikap yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:
  1. Membantu tetangga yang membutuhkan bantuan.
  2. Tidak membeda-bedakan teman yang berbeda agama, suku, ras dan golongan.
  3. Melakukan musyawarah dengan tertib pada saat pemilihan ketua kelas.

Diskusi

burung garuda pancasila adalah lambang negara Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 1951 dan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 1951, sedangkan penggunaan burung Garuda Pancasila sebagai lambang negara diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1958

Perhatian

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain

poin saya