Awal Peradaban Masyarakat Indonesia | Blog Avatar

Di bawah ini adalah pembahasan terkait peradaban awal masyarakat Indonesia yang telah terjawab dan terverifikasi Kelas:7 Kursus : Geografi Bab: Bab 2 – Kondisi Geografis Indonesia

Peradaban awal masyarakat Indonesia

Menjawab :

Mengikuti beberapa peradaban awal masyarakat Indonesia:

  1. Pada awal peradaban awal, masyarakat Indonesia mengenal astrologi. Astrologi di sini berupa pengetahuan tentang arah bintang-bintang yang berperan penting dalam menentukan arah pelayaran yang ada.
  2. Pada awal peradaban, bangsa Indonesia sudah mampu membuat teknologi seperti peleburan logam dan kapal cadik. Teknologi awal di Indonesia sudah bisa menemukan alat peleburan logam, kapal cadik untuk transportasi laut hingga bangunan yang terbuat dari batu yang megah.
  3. Pada awal peradaban Indonesia, terdapat kepercayaan terhadap roh nenek moyang dan benda-benda tertentu. Kedua hal ini sering disebut sebagai animisme dan dinamisme. Saat ini masih ada yang memegang teguh kedua hal tersebut.
  4. Pada awal peradaban, pemerintahan dipimpin oleh kepala suku. Sistem ini terjadi ketika masyarakat Indonesia mulai menetap karena membutuhkan pemimpin.
  5. Sistem pertanian bergantung pada pergeseran kesuburan tanah. Dahulu mereka sering melakukan huma atau berpindah-pindah tanah menurut kesuburan tanahnya baik atau tidak.

Berikut adalah beberapa sumber daya alam yang ada di Indonesia:

  1. Jenis mineral.
  2. Sumber daya laut.
  3. Pertanian dan pertanian.

Diskusi

Indonesia sendiri memiliki iklim tropis yang membuat sebagian besar masyarakat Indonesia berkulit sawo matang, dari sini dapat disimpulkan bahwa Indonesia relatif panas. Kemudian ikuti penjelasan beberapa sumber daya alam yang ada di Indonesia diatas :

  1. Jenis mineral. Indonesia, seperti halnya wilayah Papua dan wilayah lainnya, merupakan sumber tambahan yang penting karena menghasilkan logam hingga emas. Emas sendiri berdampak pada kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. Dari sini, orang bisa sejahtera jika mereka bisa mendapatkan sumber daya ini secara adil.
  2. Sumber daya laut. Luasnya wilayah laut Indonesia membuat kekayaan laut Indonesia juga melimpah.
  3. Pertanian dan pertanian. Iklim tropis menjadikan Indonesia memiliki kesuburan yang baik sehingga pertanian dan perkebunan Indonesia maju.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain