Apakah masyarakat berperan dalam penegakan hak asasi manusia?

Berikut pembahasan terkait pertanyaan Apakah masyarakat berperan dalam penegakan HAM? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:10 Kursus : PPKn Bab : Bab 3 – Perkembangan Hak Asasi Manusia

Apakah masyarakat berperan dalam penegakan hak asasi manusia?

Menjawab :

Ya, masyarakat berperan dalam penegakan hak asasi manusia. Setiap warga negara sendiri berkewajiban untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia. Namun, setiap orang memiliki tugas dan kewajiban sesuai dengan kewenangan dan kemampuannya masing-masing. Misalnya: menindak pelanggaran HAM merupakan kewenangan sekaligus kewajiban para penegak hukum. Sedangkan bagi warga negara sendiri berkewajiban menjaga dan mengembangkan sikap toleransi agar penegakan HAM berjalan dengan baik.

Diskusi

Hak asasi Manusia atau biasa disingkat HAM adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang bersifat mutlak dan selalu melekat pada diri setiap manusia dan tidak ada pihak yang berhak untuk mengambil, merampas, bahkan menghapus Hak Asasi Manusia (HAM) yang dimiliki oleh seseorang.

Masalah penegakan HAM tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pihak terkait. Masyarakat harus mengambil bagian dalam penegakan hak asasi manusia di lingkungannya.

Beberapa bentuk dukungan yang dapat diberikan oleh anggota masyarakat dalam upaya penegakan HAM Menurut Heri Herdiawanto dan kawan-kawan dalam buku Citizenship & Civil Society 2019 diantara yang lain:

  • Menolak dengan tegas segala bentuk pelanggaran HAM.
  • Bersikap kritis terhadap upaya penegakan hak asasi manusia.

4 contoh bentuk dukungan masyarakat yang dapat dilakukan dalam penegakan HAM yaitu antara lain:

  • Hormati orang lain.
  • Memberikan kepercayaan kepada pemerintah dan lembaga penegak HAM.
  • Laporkan setiap pelanggaran hak asasi manusia.
  • Menyebarluaskan informasi tentang penegakan hak asasi manusia

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain