Apa yang Anda ketahui tentang persatuan dan kesatuan?

Di bawah ini adalah pembahasan terkait dengan pertanyaan Apa yang kamu ketahui tentang persatuan dan kesatuan? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:10 Kursus: PPKn Bab : Bab 1 – Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Apa yang Anda ketahui tentang persatuan dan kesatuan?

Menjawab :

Berikut ini adalah pengertian persatuan dan kesatuan bangsa

  • Persatuan adalah berkumpulnya berbagai corak dari berbagai latar belakang, ras, suku, budaya dan adat istiadat dalam satu kesatuan masyarakat yang harmonis.
  • Persatuan adalah hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi disintegrasi bangsa sehingga diperlukan persatuan di Indonesia.

Diskusi

Kesatuan dan kesatuan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap bangsa. Persatuan dan kesatuan bisa menjadi salah satu senjata paling ampuh untuk tetap utuh. Berikut ini adalah tiga makna penting yang terkandung dalam persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, yaitu:

  • Sebagai warga negara Indonesia, kita harus senantiasa menjalin rasa percaya, kebersamaan dan saling melengkapi antar bangsa demi menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Sebagai warga negara Indonesia, kita harus selalu berusaha untuk dapat saling menghargai antar sesama bangsa yang berlandaskan kemanusiaan sehingga tercapai kehidupan yang rukun dan harmonis.
  • Sebagai warga negara Indonesia, kita harus selalu menjaga rasa kekeluargaan, persahabatan, gotong royong dan nasionalisme antar bangsa sehingga kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain