Apa perbedaan antara perang besar dan gerakan sosial yang terjadi akibat pengaruh kebijakan kolonial

Di bawah ini adalah pembahasan terkait pertanyaan Apa perbedaan antara perang besar dan gerakan sosial yang terjadi akibat pengaruh kebijakan kolonial yang telah terjawab dan terverifikasi untuk Kelas:5 Kursus : Ilmu Sosial Bab: Bab 5 – Perjuangan Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang

Apa perbedaan antara perang besar dan gerakan sosial yang terjadi akibat pengaruh kebijakan kolonial

Menjawab :

Mengikuti perbedaan antara perang besar dan gerakan sosial yang terjadi disebabkan oleh pengaruh kebijakan kolonial:

  1. Perang besar akibat pengaruh kebijakan kolonial adalah perang nyata militer berskala besar yang dipimpin oleh orang-orang hebat seperti raja, tokoh masyarakat yang pernah terjadi di indonesia seperti perang aceh, lautan api bandung dan lain-lain.
  2. Sedangkan gerakan sosial berada di bawah pengaruh kebijakan kolonial gerakan yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan dan pedesaan berupa protes terhadap kebijakan Belanda, gerakan sosial tersebut dapat menimbulkan kerusuhan dan mempersulit pemerintah. Contoh peristiwa gerakan sosial masa lalu seperti gerakan protes petani dan gerakan ratu adil.

Gerakan sosial adalah gerakan kegiatan sosial yang umumnya dilakukan secara berkelompok dalam bentuk organisasi dan jumlahnya banyak sehingga terfokus pada isu-isu politik dan sosial yang ditolak dalam masyarakat.

Diskusi

Dalam perkembangan sosial masyarakat, dari dulu hingga sekarang sering terjadi perubahan sosial dari gerakan sosial berupa demonstrasi protes, hal ini bisa saja menghasilkan hal yang baik jika beritikad baik namun ada juga negara yang jatuh karena rakyat sendiri terlalu anarkis dalam demokrasi sehingga pemerintah kesulitan mengawasi. Berikut adalah beberapa dampak dari gerakan sosial secara umum:

  1. Dapat menyebabkan perubahan hidup yang relatif baik.
  2. Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Berdampak pada pola kebiasaan masyarakat

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain