Apa kelebihan dan kekurangan metode sensus dan sampling?

Apa kelebihan dan kekurangan metode sensus dan sampling?

Berikut pembahasan terkait dengan pertanyaan Apa kelebihan dan kekurangan metode sensus dan pengambilan sampel? yang telah dijawab dan diverifikasi untuk Kelas:5 Kursus : PPKn Bab : 1

Menjawab :

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan metode sensus dan pengambilan sampel:

  1. Hasil akurasi lebih akurat karena melalui penyaringan informasi deskriptif.
  2. Bebas dari berbagai kesalahan sampling yang ada.
  3. Hasil sensus tersebut dapat dijadikan acuan sampel utama kegiatan survei.
  1. Biaya relatif lebih mahal dari yang lain.
  2. Kesalahan sulit diperbaiki pada sensus.
  3. Cakupan variabel relatif terbatas, hal ini disebabkan keterbatasan jadwal pencacahan.
  1. Biaya relatif lebih murah.
  2. Hasil survei diperoleh lebih cepat.
  3. Cakupan materi variabel yang lebih besar.
  1. Presentasi pada area pengambilan sampel kecil.
  2. Porsi data variabel juga kecil.
  3. Tidak ada kerangka sampel yang tersedia yang mencakup persyaratan penting.

Berikut adalah beberapa persyaratan data sampel yang baik:

  1. Obyektif atau sesuai dengan keadaan sebenarnya.
  2. Perwakilan dalam bentuk a mewakili situasi yang sebenarnya.
  3. Memiliki variasi yang relatif kecil.
  4. Tepat waktu untuk relevan.

Diskusi

Sampel merupakan salah satu hal yang penting untuk mewakili suatu daerah sehingga menjadi salah satu bahan pengajuan dalam pencacahan dan pengambilan sampel nantinya. Jadi inilah beberapa penjelasannya persyaratan data sampel yang baik di atas:

  1. Obyektif atau sesuai dengan keadaan sebenarnya. Data harus sesuai dengan kenyataan agar menghasilkan data apa adanya dan tidak mengada-ada sehingga hasilnya adil, dari sini yang penting adalah keadaan sebenarnya dari suatu sampel agar hasil dan sampel dapat baik. dan mengerti. Maka dari itu ada baiknya mencari sampel dalam kondisi yang relatif baik sesuai dengan keadaan.
  2. Perwakilan dalam bentuk a mewakili situasi yang sebenarnya. Dalam sampel diambil satu yang mewakili suatu daerah atau tempat, dari sini harus benar-benar dari kondisi masing-masing daerah tersebut agar nantinya mudah diambil kesimpulan untuk perbandingan dengan masing-masing daerah berikutnya. Oleh karena itu pentingnya perbandingan yang jelas antar daerah yang representatif.
  3. Memiliki variasi yang relatif kecil. Variasi sampel bisa kecil karena yang ada hanya representatif, hal ini akan berdampak pada sampel yang tidak meluas dan terfokus pada wilayah saja. Oleh karena itu pentingnya variasi yang relatif kecil.
  4. Tepat waktu untuk relevan. Hasil sampling dapat tepat waktu dan relevan karena hanya menunjukkan beberapa perwakilan dan berbeda dari sensus yang komprehensif.

Perhatian

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain

poin saya