Ajaran apa yang melekat pada Surahwardi?

Di bawah ini adalah pembahasan terkait pertanyaan Ajaran apakah yang melekat pada Surahwardi?​ yang telah dijawab dan dibuktikan kebenarannya Kelas: 7 Kursus: Agama Bab: Bab 2 – Iman kepada Allat SWT

Ajaran apa yang melekat pada Surahwardi?

Menjawab :

Ini beberapa ajaran Tarekat Suhrawardiyah:

  1. Dibimbing secara tegas dalam menjalankan ajaran tauhid.
  2. Menjalankan syariat secara lurus.
  3. Memerlukan faqr kepada Allah SWT dan Zuhud.
  4. Pertahankan sopan santun.
  5. Mensucikan waktu dari berbagai macam kotoran keji dengan cara mensucikan hati dari berbagai kotoran jiwa yang tidak baik.

Suhrawardi adalah seorang filosof yang terkenal dengan kajian filsafat Islamnya.

Diskusi

Mempelajari filsafat memang memiliki pro dan kontra, namun ada sisi positifnya untuk dapat mempelajari dan memperdalam ajaran Islam dengan baik dan dalam jangka panjang. Kemudian berikut penjelasan dari ajaran Tarekat Suhrawardiyah diatas :

  1. Dibimbing secara tegas dalam menjalankan ajaran tauhid. Tiada Tuhan selain Allah adalah ajaran tauhid yang teguh bagi seluruh umat Islam di dunia, oleh karena itu pentingnya tekad umat Islam untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar larangan dan dosa besar. Oleh karena itu penting untuk mempertahankan tauhid sepanjang hidup.
  2. Menjalankan syariat secara lurus. Syariat Islam dijalankan dengan baik dan lurus, guna mencegah terjadinya pelanggaran aturan dan cara-cara yang tidak baik bagi pemeluk selanjutnya. Maka dari itu penting untuk menjaga agar syariat tetap lurus dalam waktu yang lama secara terus menerus.
  3. Memerlukan faqr kepada Allah SWT dan Zuhud. Pentingnya taat kepada Allah SWT dan menjalankan sikap, perilaku yang disukai oleh Allah SWT. Maka dari inilah pentingnya sikap yang baik terhadap Tuhan dan sesama.
  4. Pertahankan sopan santun. Berperilaku baik dan santun terhadap semua orang akan berdampak penting bagi kesehatan mental dan lingkungan sosial dalam jangka panjang. Nah dari sinilah pentingnya adab.
  5. Mensucikan waktu dari berbagai macam kotoran keji dengan cara mensucikan hati dari berbagai kotoran jiwa yang tidak baik. Lebih baik menghindari sikap buruk dan perilaku keji agar menghasilkan sikap baik bagi lingkungan dan masyarakat dalam jangka panjang

Catatan :

Mungkin ada kesalahan dalam jawaban atas pertanyaan di atas. Oleh karena itu, orang tua dan siswa dapat memperdalam wawasan mereka untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik dan benar. Dengan mencari referensi dari buku sekolah sesuai kurikulum yang telah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

lihat pertanyaan lain