7 Contoh Teks Persuasi Lengkap Berstruktur

Rangkaberita, apakah Anda pernah mendengar tentang teks persuasif? Teks persuasif adalah jenis teks yang berisi ajakan atau bujukan kepada seseorang atau sekelompok orang dengan alasan yang meyakinkan bahwa mereka melakukan sesuatu yang diharapkan penulisnya.

Teks persuasif ini sering muncul dalam iklan, kampanye, selebaran promosi, dan banyak lagi. Bahkan, saat Anda mengajak teman untuk mengunjungi suatu tempat atau melakukan aktivitas tertentu, Anda juga biasanya menggunakan teks persuasif.

Jika Anda masih bingung memahami teks ini, mungkin beberapa contoh teks persuasif dengan berbagai tema dapat membantu Anda. Baca terus sampai akhir, ya!

Apa itu Teks Persuasif?

Sebelum masuk ke pembahasan contoh teks persuasif, mari kita ulas secara singkat pengertian, tujuan, ciri-ciri, dan struktur teks persuasif ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan memberikan alasan yang meyakinkan dan prospek yang baik. Jadi, teks persuasif adalah jenis teks yang berisi ajakan atau bujukan kepada seseorang atau sekelompok orang dengan alasan yang meyakinkan bahwa mereka melakukan sesuatu yang diharapkan oleh penulisnya.

Selain untuk mengajak atau membujuk seseorang, teks ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada calon pembeli. Itu sebabnya, teks persuasif sering digunakan dalam pamflet promosi, iklan atau media promosi lainnya.

Ciri utama teks persuasif ini adalah adanya kalimat dan kata-kata yang bersifat persuasif atau mengajak dan mempengaruhi pembaca, seperti kata-kata lebih baik, ayolah, hati-hati, jangandll. Fitur lain dari teks ini adalah:

  • Ada fakta dan data pendukung untuk meyakinkan pembaca
  • Berasal dari keyakinan bahwa pikiran manusia dapat diubah
  • Dapat meyakinkan pembaca
  • Dapat menciptakan kesepakatan antara penulis dan pembaca
  • Teks persuasif sebisa mungkin menghindari konflik

Setiap pernyataan dalam teks persuasif harus ditulis secara terstruktur agar mudah dipahami oleh pembaca.

Secara umum, teks persuasif terdiri dari empat struktur, yaitu pengantar masalah, rangkaian argumentasi, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali.

Contoh Teks Persuasi dan Strukturnya

Berikut adalah beberapa contoh teks persuasif dan strukturnya dalam berbagai tema.

Contoh Teks Persuasi Pendek

Pengenalan masalah

Salah satu home product yang digunakan setiap hari dan berdampak langsung pada tubuh adalah sabun mandi. Hanya saja sabun mandi justru memiliki efek negatif yang secara tidak langsung bereaksi pada kulit dan juga berdampak langsung pada lingkungan.

Rangkaian argumen

Adanya bahan kimia berlebih menjadi penyebabnya. Bahan kimia ini dapat mencemari air dan tanah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sabun organik adalah jawabannya.

Sabun organik bisa diproduksi sendiri. Bahan-bahan sederhana yang ada di sekitar kita bisa menjadi bahan utama pembuatan sabun organik. Caranya cukup mudah, bisa menggunakan cara dan cara pemanasan proses dingin. Namun jika Anda memiliki aktivitas tinggi dan sedikit waktu, Anda bisa membeli sabun organik Green Soap.

Sabun Hijau terbuat dari bahan alami yang mengandung antioksidan dari teh hijau. Vitamin E yang terkandung dalam sabun ini dapat membantu Anda dalam proses regenerasi kulit dan mencegah penuaan dini. Sabun yang beratnya 100 gram ini terbuat dari teh hijau, minyak teh hijau esensial, minyak melati esensial, teh antana, minyak bunga matahari, pemendekan sayuran, minyak jarak, Dan saponifikasi minyak kelapa diolah secara organik dari kebun sendiri.

Selain kandungan sabun organik, kemasan sabun juga tidak menggunakan plastik yang mencemari lingkungan. Sabun dikemas dengan kertas untuk mencapai Anda.

Pernyataan ajakan

Oleh karena itu, mulai sekarang beralihlah menggunakan sabun organik yang aman bagi tubuh dan lingkungan.

Penegasan kembali

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa sehat dan sehat untuk lingkungan. Beli sekarang dan jadilah agen perubahan bagi tubuh dan lingkungan!

Contoh Teks Persuasi Kesehatan

Pengenalan masalah

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya kita menyikat gigi sebelum tidur.

Rangkaian argumen

Selain rutin menyikat gigi, hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan pasta gigi berwarna putih yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia.

Pernyataan ajakan

Dengan pasta gigi ini kita akan merasa lebih aman karena tidak ada efek samping yang negatif. Bahan alami yang digunakan untuk membuat pasta gigi ini adalah daun mint yang dicampur dengan susu. Kedua bahan ini bisa membuat gigi Anda terlihat bersih, putih dan sehat.

Penegasan kembali

Yuk, rawat gigi dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami agar gigi terlihat bersih dan sehat.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Yuk, Rajin Membaca!

Pengenalan masalah

Apakah kalian tahu? Bersumber dari Kominfo.go.idUNESCO menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kedua dari bawah dalam hal literasi dunia.

Artinya, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang gemar membaca.

Selain itu, ada pula penelitian berjudul World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam hal minat baca, tepat di bawah Thailand (59) dan di atas Botswana. . (61).

Rangkaian argumen

Padahal, membaca bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah memperluas pengetahuan, menambah kosa kata baru, hingga memfasilitasi public speaking.

Pernyataan ajakan

Wah, tentu sayang kan jika minat baca di Indonesia rendah? Kita bisa tertinggal jauh dengan negara-negara di dunia.

Penegasan kembali

Oleh karena itu, yuk, mulailah membangun kebiasaan membaca. Mulailah dengan tema yang Anda sukai. Misalnya cerita fiksi, dongeng, atau yang lainnya.

Contoh Teks Persuasi Politik

Pengenalan masalah

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih risih dengan golongan putih (golput). Ada pandangan bahwa abstain adalah bentuk sikap apatis atau pembangkangan.

Rangkaian argumen

Pandangan ini tidak benar. Warga memilih golput karena beberapa alasan. Bisa jadi akses dan fasilitas selama pemilihan umum tidak merata, sehingga sebagian warga tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Namun, abstain juga bisa didasarkan pada pilihan sadar.

Abstain muncul dari kekosongan sosok yang merasa mampu memimpin. Setelah menelusuri jejak, mempelajari visi dan misi para calon wakil rakyat atau pemerintah, sepertinya tidak ada yang cocok dengan suaranya. Banyaknya golput juga menunjukkan bahwa ada yang salah dengan sistem yang ada di suatu negara. Dengan demikian, abstain tidak serta merta menjadi apatis atau apolitis. Mereka memilih untuk tidak memilih.

Pernyataan ajakan

Sebagai warga negara yang baik, kita harus menghargai perbedaan tersebut. Jangan saling mencaci atau merasa paling benar.

Penegasan kembali

Mari kita ambil peran kita masing-masing dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Contoh Teks Persuasi Propaganda

Pengenalan masalah

Salah satu budaya yang sering dipraktekkan di masyarakat kita adalah mengkonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi putih. Kelihatannya enak, tapi kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh pemakannya. Perpaduan mie instan dan nasi putih bisa membuat tubuh Anda gemuk.

Rangkaian argumen

Kegemukan yang terjadi disebabkan oleh karbohidrat sederhana yang terkandung dalam kedua jenis makanan tersebut, yang membuat Anda kenyang, yang sifatnya hanya sementara. Sehingga waktu sementara ini akan membuat Anda lebih sering merasa lapar dan makan lebih banyak setelahnya. Bahkan hal ini juga bisa menyebabkan Anda mengalami beberapa penyakit di kemudian hari. Diantaranya ginjal, peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Penegasan kembali

Maka dari itu sebaiknya jangan biasakan makan mie instan bersamaan dengan nasi putih agar tubuh lebih sehat sehingga penyakit tidak mudah datang.

Contoh Teks Persuasi Iklan

Iklan Sakura Fair UV

Pengenalan masalah

“Saya ingin kulit cerah dan kemerahan yang bersinar. Saya sudah mencoba berbagai lotion pemutih, tetapi semuanya kusam. Saya juga sudah mencoba losion mahal, masih putih pucat tidak bersinar.”

Rangkaian argumen

“Akhirnya aku punya kulit cerah merona yang glowing. Triknya, Citra Sakura. Dengan kekuatan ekstra dari sakura Jepang dan vitamin B3, ia dapat bekerja jauh di dalam.”

Pernyataan ajakan

“Membuat kulit segar, cerah, merona. Buktikan dalam tujuh hari.”

Penegasan kembali

“Tidak ada lagi putih pucat. Sekarang kulit segar, cerah, merona!”

Contoh Teks Persuasi Pendidikan Singkat

Pengenalan masalah

Saat ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya manusia yang ada dengan lulusan terbaik dan berprestasi. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Mari bersaing untuk meningkatkan prestasi.

Rangkaian argumen

Prestasi akademik tentu bagus. Namun, pencapaian tidak hanya sebatas nilai di rapor. Kita bisa unggul dalam bidang olahraga, seni, sastra, dan teknologi. Tidak perlu berkecil hati karena setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kekuatan kita.

Pernyataan ajakan

Oleh karena itu, mari kembangkan prestasi Anda. Ikut serta dalam kompetisi di bidang yang Anda minati. Bergabunglah dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat mendukung pencapaian Anda.

Penegasan kembali

Mari raih masa depan dengan kompetisi yang sehat.

Rangkaberita, itulah beberapa contoh teks persuasif dari berbagai tema lengkap dengan strukturnya. Semoga bisa menambah pemahaman kalian tentang teks ini, ya!