12 Contoh Globalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari

Globalisasi telah mengubah gaya hidup masyarakat, disadari atau tidak. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melakukan hal-hal yang merupakan contoh dari globalisasi itu sendiri. Berikut ini adalah contoh globalisasi dalam kehidupan kita yang kita jalani sehari-hari, antara lain:

1. Adanya perkembangan teknologi modern.

Saat ini alat-alat teknologi berkembang pesat dan sudah masuk ke pedesaan tanpa hambatan. Sehingga hampir setiap orang memiliki barang elektronik dan gadget merk luar negeri dengan mudah. Seperti handphone, smartphone, televisi, dan berbagai alat lainnya.

2. Jual beli online berkembang pesat.

Saat ini proses jual beli sangat berpengaruh, berbeda dengan dulu. Proses jual beli sekarang sangat mudah tanpa harus datang ke supermarket dan tanpa harus bertemu penjual dan pembeli. Jual beli online semakin marak di masyarakat. Globalisasi memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap jual beli online yang saat ini sedang berkembang.

3. Munculnya Supermarket di Pedesaan.

Dulu, supermarket hanya ada di perkotaan, yang bisa jadi jauh dari rumah. Setelah berkembangnya zaman, kini untuk pergi ke supermarket tidak perlu pergi ke kota besar. Banyak yang mendirikan supermarket di desa-desa.

4. Pergantian Tenaga Manusia Dengan Tenaga Mesin Modern.

Misalnya, tenaga manusia di bidang pertanian kini telah tergantikan oleh alat-alat modern. Sehingga tenaga manusia tidak dibutuhkan seperti dulu lagi. Pergantian tenaga manusia dengan mesin-mesin modern merupakan contoh nyata dari globalisasi yang ada dalam kehidupan kita yang tidak bisa di tinggalkan.

5. Penggunaan Gadget Semakin Pesat.

Banyak sekali orang di era sekarang ini yang selalu mengandalkan gadget tanpa terkecuali. Gadget dapat melakukan banyak hal di telapak tangan Anda. Pesatnya penggunaan gadget merupakan salah satu contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Gadget juga menjadi faktor jual beli online yang berkembang pesat saat ini.

6. Lebih mudah mencari informasi berita di seluruh dunia.

Untuk saat ini ketika kita ingin mengetahui info berita di belahan dunia manapun, kita bisa mengetahuinya dengan mudah tanpa harus datang ke tempat kejadian. Kemudahan mencari informasi berita tidak terlepas dari keberadaan teknologi modern. Informasi berita yang sama dapat disaksikan bersama di tempat yang berbeda. Ketika ada sesuatu yang fenomenal, informasinya dengan mudah menyebar ke seluruh negeri. Semua ini adalah contoh globalisasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

7. Banyaknya Produk Asing yang Masuk ke Indonesia.

Ketika kita mencari produk luar negeri tidak begitu rumit. Kita bisa mencarinya dengan mudah tanpa harus datang ke negara tersebut. Mulai dari pakaian, buku bacaan, sepatu dan lain-lain. Ini adalah contoh globalisasi yang sudah ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

8. Pemerintahan Semakin Terbuka dan Demokratis

Globalisasi juga telah berkontribusi pada perkembangan pemerintahan yang semakin terbuka dan demokratis. Hal ini terlihat tidak hanya pada pemerintah pusat, namun sifat keterbukaan pemerintah juga telah masuk ke dalam pemerintahan daerah.

9. Jumlah Tenaga Kerja Asing di Tanah Air.

Pengaruh globalisasi juga terjadi pada tenaga kerja asing di Indonesia. Dan sebaliknya banyak juga tenaga kerja Indonesia yang bekerja di negara lain.

10. Model Baju yang Mengikuti Tren Saat Ini.

Perkembangan model pakaian trend saat ini merupakan salah satu contoh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Model pakaian Indonesia juga mengikuti trend dunia yang berkembang pesat mengikuti kiblat dunia fashion yang ada.

11. Kesetaraan gender.

Pada dasarnya perempuan dan laki-laki memiliki kesetaraan dalam beberapa hal. Dalam kehidupan sehari-hari, perempuan mampu menggantikan posisi laki-laki, sebagaimana banyak perempuan kini menjadi pemimpin, perempuan juga mampu bekerja layaknya laki-laki.

12. Adanya Pertukaran Budaya Asing

Globalisasi tidak hanya terjadi untuk urusan domestik. Pertukaran budaya asing juga terlihat di Indonesia. Banyak sekali anak muda yang menyukai lagu-lagu K-POP dari budaya luar dan dalam dunia entertainment mereka mengikuti gaya budaya asing yang kebarat-baratan.