10 Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya Lengkap

Rangkaberita pasti kalian pernah melihat ulasan, bukan? Baik itu ulasan film, buku, novel, games, dan sebagainya.

Namun, bagaiamana teks ulasan yang baik dan benar? Berikut beberapa contoh teks ulasan yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaannya.

Apa itu teks ulasan?

Pengertian teks ulasan secara umum adalah teks yang berisi hasil tinjauan dari suatu karya. Baik karya yang berupa film, buku, benda, dan dalam wujud lainnya, untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan yang ada pada karya tersebut.  

Teks ulasan pun ditujukan untuk khalayak ramai, dengan memberikan tanggapan atau analisis yang berhubungan dengan latar, waktu, tempat, dan karakter dari suatu karya yang diulas. Adapun ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan teks ulasan secara umum sebagai berikut.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

  1. Memiliki struktur yang terdiri atas 4 bagian, yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
  2. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis, berupa ulasan dari suatu karya atau produk.
  3. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  4. Teks ulasan juga memiliki nama lain, yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

  1. Orientasi, berisi gambaran umum mengenai sebuah karya yang akan diulas, seperti menyiapkan latar belakang mengenai apa yang akan diulas.
  2. Tafsiran, berisi gambaran secara detail mengenai sebuah karya yang diulas. Misalnya, bagian-bagian dari hasil karya yang akan diulas, keunikan, keunggulan, kualitas, dan sebagainya.
  3. Evaluasi, berisi opini/pandangan dari pengulas mengenai hasil karya yang diulas.
  4. Rangkuman, berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Umumnya memuat komentar pengulas mengenai apakah hasil karya tersebut bernilai/berkualitas atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

  1. Banyak menggunakan kata sifat sebagai bentuk opini atau penilaian atas karya yang diulas. Contoh: tak asing, tak banyak, sangat menarik, kagum, beda.
  2. Menggunakan kata kerja pengantar/rujukan. Contoh: menurut pendapat…, pada buku…, dikisahkan…, diceritakan…, disebutkan….
  3. Menggunakan kata-kata istilah terkait dengan bidang karya yang dibahas.
  4. Menggunakan kalimat simpleks dan kompleks.

Contoh teks ulasan beserta strukturnya

Contoh teks ulasan singkat

Ulasan Singkat Novel Sang Pemimpi

Orientasi

Sang Pemimpi merupakan novel kedua Tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Dalam novel ini mengisahkan lika-liku jalan hidup sang penulis yang digambarkan dalam sosok bernama Ikal, bersama dengan teman-temannya yang sedang dilanda jerat kemiskinan. Di tengah kenakalan masa-masa SMA, ia dan teman-temannya pun tetap berjuang mengejar mimpi untuk bisa bersekolah ke luar negeri dan meraih cita-citanya.

Tafsiran

Novel Sang Pemimpi ini memiliki bahasa yang puitis dan mampu menyihir pembacanya untuk ikut merasakan kesedihan, kebahagiaan, keputusasaan, dan semangat setiap tokohnya. Selain itu, dalam novel ini juga terselip lelucon-lelucon cerdas yang dapat menggelitik pola pikir para pembacanya.

Evaluasi

Meskipun novel Sang Pemimpi merupakan buku kedua dari Laskar Pelangi, tapi novel ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan buku pertamanya itu. Namun, novel ini juga memiliki pesan yang sama, yaitu jangan sampai kemiskinan menjadi penghalang untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. 

Rangkuman

Secara keseluruhan, kisah dalam novel ini sangat serat akan wawasan baru mengenai kehidupan remaja di daerah, terutama di tempat Ikal tinggal, yaitu Pulau Belitung. Novel Sang Pemimpi ini pun mengajarkan pembaca akan pentingnya kerja keras dan tetap semangat untuk tidak pantang menyerah.

Contoh teks ulasan buku

Ulasan Buku Menjadikan Anak Pembaca yang Baik

Orientasi

Buku merupakan jendela dunia (jendela untuk belajar, melihat dunia, dan meraih ilmu pengetahuan). Dengan membaca buku, cakrawala pengetahuan kita akan semakin luas. Minat dan budaya membaca pada anak pun harus ditumbuhkan sejak usia dini. 

Tafsiran

Membaca memiliki manfaat yang sangat besar. Sayangnya, budaya membaca di kalangan anak belumlah mengakar. Oleh karena itu, perlu adanya proses pembudayaan membaca sejak dini. 

Untuk membiasakan budaya membaca, ketertarikan, dan minat baca, anak-anak perlu diberi contoh agar mereka tertarik untuk melakukannya. Misalnya, mendongengkan anak sebuah cerita sebelum tidur. Dalam proses ini peranan orang tua, guru, hingga pustakawan sangatlah diperlukan. 

Demikian pula penulis dan penerbit buku yang diharapkan selalu produktif menciptakan dan menerbitkan buku-buku anak yang bermutu. Perpustakaan juga menjadi salah satu sarana untuk menumbuhkan minat baca. Terlebih jika perpustakaan itu dapat berfungsi sebagai pusat kegiatan minat baca siswa.

Evaluasi

Dalam buku ini dicontohkan bagaimana perpustakaan di Malaysia dan Jepang dikelola dengan sangat baik, sehingga banyak sekali peminatnya. Mulai dari anak usia pra sekolah hingga orang dewasa. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis buku ini, terungkap bahwa perpustakaan sekolah di Indonesia belum sepenuhnya memenuhi persyaratan untuk menumbuhkan minat baca.

Rangkuman

Dari uraian beberapa masalah terkait minat baca anak yang terdapat dalam buku ini. Hal-hal tersebut menunjukkan, bahwa anak Indonesia belum sepenuhnya dibina menjadi seorang pembaca yang baik. Oleh karenanya, pada bab terkahir sang penulis mengungkapkan perlunya pembuatan “koran kecil” semacam kliping atau mading, sebagai alternatif untuk membentuk anak Indonesia menjadi pembaca yang baik dan sadar Informasi.

Contoh teks ulasan lagu

Album Suara Hati

Orientasi

Album Suara Hati berisi curahan hati Iwan Fals. Dari kesebelas lagu yang disajikan, ada satu benang merah yang bisa ditarik, yakni kesan religius dan kontemplatif yang begitu lekat pada album ini. Kesan tersebut merupakan potret dari perkembangan dan gejolak jiwa Iwan Fals terkini yang dituangkannya ke dalam sebuah seni.

Tafsiran

Tentu saja kehadiran album Suara Hati ini membawa kebahagiaan bagi para penikmat lagu-lagu Iwan Fals. Dengan karakter suaranya yang khas, juga dari sisi lirik maupun musik ciptaannya, kehadiran album ini pun membawa angin segar bagi dunia musik Indonesia.

Evaluasi

Album ini dapat menarik perhatian penikmat musik. Sebab, setiap lagu yang ada pada album Suara Hati bisa membuat para pendengarnya ingin ikut bernyanyi dan berimajinasi dengan lagu tersebut.

Rangkuman

Walaupun dibanderol dengan harga yang relatif mahal, tapi album Suara Hati layak untuk dibeli dan didengarkan. Sepadan dengan harga, lagu-lagu dalam album ini memiliki syair yang sangat berkelas. Lagu-lagu tersebut pun menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Contoh teks ulasan puisi

Ulasan puisi berjudul “Ibu” karya Cantika Ayu

Orientasi

Puisi berjudul “Ibu” ini merupakan salah satu karya Cantika Ayu.

Tafsiran

Puisi ini menggambarkan betapa besarnya jasa dan pengorbanan seorang ibu kepada anaknya. Ibu digambarkan sebagai seseorang yang selalu ada untuk setiap anaknya. 

Pada bait ketiga puisi, sang penulis menyelipkan doa kepada ibu, dan berharap senyumnya tak pernah hilang. Penulis juga melantunkan sajak doa, agar rezeki si ibu tak pernah terputus.

Evaluasi

Puisi ini juga menggambarkan kasih sayang anak kepada ibunya yang begitu besar. Anak itu menyadari, bahwa cinta kasih sang ibu takkan pernah tergantikan oleh apapun di dunia. Ia hanya bisa memanjatkan doa supaya sang ibu diberikan rezeki dan selalu dilindungi Tuhan.

Meskipun ada berbagai kekurangan, puisi ini tetap layak dibaca. Keunggulan puisi ini, yaitu mampu menghadirkan gambaran kehidupan sehari-hari antara orang tua dan anak yang menyentuh.

Rangkuman

Secara keseluruhan, puisi ini mampu menyadarkan pembaca betapa besar kasih sayang seorang ibu, dan betapa berhutangnya kita sebagai anak.

Contoh teks ulasan cerpen

Ulasan Cerpen Corat-coret di Toilet

Orientasi

Cerpen Corat-coret di Toilet merupakan salah satu karya Eka Kurniawan yang dimuat dalam sebuah antologi, dan diterbitkan sekitar tahun 2000-an.

Tafsiran

Buku antologi cerpen ini bercerita mengenai seorang remaja punk yang masuk ke dalam toilet, dengan warna dinding yang baru saja diperbarui. Ia pun menuangkan aspirasinya menggunakan spidol ditembok bersih tersebut, untuk bisa dikomentari oleh orang-orang yang datang ke toilet. Dapat dikatakan, inti dari cerpen ini berisi sentilan bagi para dewan yang suka “lupa diri”, jika sudah duduk di kursi panas pemerintahan.

Evaluasi

Isi ceritanya terkesan fantastis dan masuk dalam kategori anekdot yang disajikan dengan deskripsi, sehingga membuat cerpen ini memiliki hakikat filsafat yang cukup tinggi. Akan tetapi, bagi pembaca awam jadi perlu persiapan yang cukup untuk menerima dan mempelajari isi dari cerpen satu ini.

Rangkuman

Cerpen Corat-coret di Toilet menjadi salah satu karya cerpen yang kritis, dan tidak melupakan sisi lucu dari sebuah toilet umum. Melalui cerpennya, sang penulis ingin menyampaikan pesan, jika orang-orang diceritanya lebih memercayai dinding toilet daripada pemerintah.

Contoh teks ulsan film

Ulasan Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Orientasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk merupakan film adaptasi novel klasik Indonesia karya Buya Hamka, dengan judul yang sama. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013, dan dibintangi oleh artis kenamaan Tanah Air, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahardian. Film ini disutradarai oleh Sunil Soraya yang juga menjadi salah satu karya tersuksesnya di tahun 2013.

Tafsiran

Film ini menceritakan lika-liku kehidupan Zainudin di tahun 1930 yang berlayar dari Makassar menuju Batipuh, yaitu ke tanah kelahiran ayahnya. Disana, ia bertemu cinta pandangan pertamanya bernama Hayati. Sayangnya, kisah cinta mereka harus terhalang perbedaan suku, status ekonomi, dan juga takdir yang akhirnya membawa Hayati untuk dinikahi oleh Aziz.

Evaluasi

Film berdurasi dua setengah jam ini pun memberikan visual yang sesuai, dengan mengangkat situasi Indonesia pada tahun 1930-an. Akan tetapi, atmosfer klasik dalam film ini kurang berhasil dirasakan. 

Alur cerita juga terkesan lambat, dan terdapat beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik dirasa kurang memuncak, serta penyelesaiannya terlalu datar. Penggunaan lagu Nidji dengan melodi yang terkesan modern, juga kurang pas.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangannya, film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum-kostum yang apik membuat film ini menjadi salah satu karya sinema terbaik di tahun 2013. Kata-kata puitis sepanjang film juga membuatnya menarik untuk ditonton, dan menambah khasanah pengetahuan kosa kata Bahasa Indonesia.

Contoh teks ulasan novel

Ulasan Novel Bumi Manusia

Orientasi

Novel Bumi Manusia merupakan buku pertama dari tetralogi karya Pramoedya Ananta Toer. Novel ini ditulis saat beliau tengah diasingkan di Pulau Buru. 

Pramoedya pun mengambil masalah sosial yang terjadi ketika masa kolonial Belanda kala itu, yaitu kedudukan pribumi yang direndahkan oleh orang Belanda dan keturunannya.

Tafsiran

Cerita dalam novel ini diawali dengan pengenalan tokoh utamanya, Minke, seorang laki-laki pribumi yang belajar di sekolah para keturunan Eropa dan bangsawan pribumi. Pada masa itu, pribumi dianggap rendah di tanah kelahirannya sendiri. Bahkan, lebih rendah daripada keturunan Eropa murni, maupun keturunan Indo. 

Maka dari itu, banyak pribumi yang takut untuk mengakui kepribumian mereka. Namun, tidak bagi Minke. Ia berani mengakui dirinya seorang pribumi.

Evaluasi

Novel ini sarat akan pesan dan penggambaran peristiwa yang terjadi pada awal tahun 1900. Melalui tokoh Minke, Pramoedya memberikan pesan tersirat, bahwa dalam menghormati orang bukanlah karena jabatan atau keturunannya. Melainkan, karena budi pekerti yang baik, kepintaran, dan kebijaksanaannya.

Selain itu, novel ini juga menggambarkan seorang pemuda yang sangat menyanjung ilmu pengetahuan dari Eropa, tapi ia menemukan “kepincangan” dalam perilaku bangsa Belanda murni maupun keturunannya yang merendahkan kaum pribumi. Di sisi lain, novel ini menggambarkan masyarakat, adat, dan pemikiran pribumi yang masih mengengkang adanya terobosan atau suatu perubahan pada masa itu.

Rangkuman

Novel ini merupakan salah satu novel fiksi yang layak untuk dibaca. Selain menyajikan peristiwa yang terjadi pada masa kolonial Belanda, buku ini sarat dengan pesan moral. 

Sang pengarang juga menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dimengerti, walau di beberapa awal bab terdapat pengulangan cerita. Tak hanya itu, sampul novel ini pun sesuai dengan isi ceritanya yang mengambil suasana tahun 1900.

Contoh teks ulasan musik

Kompilasi Sepi, Teman Setia Kala Sendiri

Orientasi

Apabila hatimu terasa hampa, Kompilasi Sepi rilisan Barongsai Records dapat menjadi teman yang tepat untuk mengisi kehampaan hatimu itu. Kompilasi ini berisi 16 lagu dari solois-solois hebat Kota Malang, yang dikemas secara unik dalam sampul surat cokelat dengan dua CD di dalamnya.

Tafsiran

Pada CD side A, bersiaplah untuk menitikkan air mata jika kamu tengah patah hati, karena lagu “Terbiasa Terluka” yang mengharu biru ini akan mengetuk relung hatimu yang paling dalam. Kemudian di lagu berikutnya, petikan gitar yang mengalun syahdu dalam lagu “Whats Left” karya Dany Gilang akan membuat kamu merenung sejenak untuk menyerap semua lirik yang dinyanyikannya.

Tak hanya itu, Christabel Anora, solois baru yang menjanjikan juga turut menyumbang satu lagu indahnya berjudul “If Only These Walls Could Talk“. Jemari lentik Ista sang pianis yang menari di atas tuts keyboard berpadu dengan suara Christabel, sangat menyejukkan hati.

Berpindah ke CD side B. Sisi kaset ini menyajikan lebih banyak lagu yang akan membuatmu lebih santai dan tenang setelah lelah dengan rutinitas sehari-hari. Mulai dari lagu berjudul “Release Release” karya Bambang Iswanto yang diulang-ulang, membuat kita terus terngiang, seolah kita diisyaratkan untuk duduk dan melepas beban yang bergelayut seharian. Kemudian juga ada lagu dengan kehampaan yang begitu dahsyat bertajuk “02.00 AM” karya Odien, yang cocok untuk diputar di pagi dini hari.

Evaluasi

Namun, dari ke-16 lagu, terdapat kepedihan yang mendalam ketika lagu “A Seasson In The Abyss” yang dibawakan oleh Robertus Donny Hendrawan diputar. Sebab, petikan gitar akustik berfusi mesra dengan sampling-sampling yang sedikit mencekam. 

Akan tetapi, jangan sampai kalian melewati lagu-lagu lainnya. Masih ada Andin dengan angelic voice-nya yang menyihir, Bill Walesa dengan gospel pop-nya yang menawan, Ruang Luka yang akan memberikan penawar lukamu, dan ditutup oleh Iksan Skuter dengan lagu yang sarat akan protes pada keadaan Kota Malang.

Rangkuman

Kaset Kompilasi Sepi berisi kumpulan lagu sederhana dengan konsep yang luar biasa dari solois-solois Malang ini, menjadi sesuatu yang patut kamu simak. Kompilasi ini bisa dikatakan sebagai masterpiece yang patut diapresiasi.

Contoh teks ulasan game

Game The Last of Us Part II Bikin Emosional

Orientasi

Naughty Dog kembali menjawab harapan para pemain PS4 lewat perilisan game The Last of Us Part II di tahun 2020 setelah 7 tahun penantian. Sesuai judulnya, game ini merupakan sekuel ke-2 dari game yang sebelumnya sudah hadir di PS3. Begitu rilis, antusiasme pemain dari seluruh dunia pun dapat terlihat dengan total penjualan game yang mencapai empat juta copy dalam seminggu setelah kehadirannya.

Tafsiran

Mengacu pada alur cerita game, The Last of Us Part II meneruskan kisah pada game sebelumnya, dengan jeda lima tahun. Ellie yang dulunya hanya seorang anak kecil yang penuh rasa takut, kini telah menjalani kehidupan bersama Joel di kota bernama Jackson.

Bertemu dengan banyak karakter lain dengan takdir yang sama, akhirnya tak lagi membuat Ellie bergantung hidup pada Joel. Ia justru menjadi anggota patroli, yang berarti pada game ke-2 ini, Ellie memiliki kemampuan yang setara dengan sang bapak yang dulunya melindungi dia dengan seluruh jiwa raga.

Sayangnya, kehidupan yang sudah keras dalam game ini masih harus ditambah dengan satu masalah lagi, yang membuat sikap Ellie berubah selamanya. Selain Ellie, terdapat satu tokoh utama baru, yang ceritanya akan terus terhubung sepanjang permainan.

Evaluasi

The Last of Us Part II masih mengusung permainan bergenre action-adventure, dengan sudut kamera orang ketiga dari belakang bahu. Selain grafis yang lebih tajam dan detail yang lebih baik, dunia permainannya kali ini juga terlihat lebih luas. Beberapa lokasi dalam game memungkinkan kita untuk menjelajah ke tempat lain dahulu, ketimbang langsung pergi ke titik misi utama.

Hal tersebut sengaja dirancang, agar para pemain penasaran, dan tentunya ada reward dari setiap penjelajahan ke satu tempat. Latar dunia post-apocalypse dalam game ini pun memberikan gambaran, bahwa satu-satunya cara untuk hidup dengan aman dari serbuan zombie adalah selalu memegang senjata setiap saat, mengganjal setiap pintu yang ada, dan melindungi kota dengan membangun tembok.

Pergerakan tokoh utamanya pun terbilang apik. Sebagai Ellie, pemain dapat bergerak cukup lincah dalam menghadapi banyak musuh, atau mencari jalan keluar dari satu tempat.

Satu kekurangan yang ada dalam game The Last of Us Part II, yaitu adegan kekerasan yang cenderung berlebihan, dan dapat membuat pemainnya merasa lebih cepat stres. Untuk beberapa orang, mungkin tidak akan memainkan game ini dalam waktu yang lama.

Di sisi lain, dunia yang tidak biasa dalam game The Last of Us Part II juga menggambarkan situasi kehidupan manusia yang cukup keras. Setidaknya, game ini memiliki banyak sisi positif dan dapat dikatakan telah menjawab ekspektasi para gamer yang setia menantinya.

Rangkuman

Dari segi cerita, semua tokoh di dalamnya punya cukup peran masing-masing. Sejak awal permainan, kita langsung disuguhkan adegan yang mampu mengubah cara pandang mengenai pernyataan, bahwa setiap manusia harus saling membantu dalam dunia The Last of Us Part II.

Pengembangan yang tepat membuat game ini mampu menghadirkan cerita dan dunia permainan yang unik dan spesial, serta rasanya dapat memberikan kesan yang cukup mendalam untuk para gamer. Baik bagi para penggemar seri ini maupun pemain baru yang belum mengetahui cerita awalnya. Sekali lagi, Naughty Dog berhasil konsisten dalam menciptakan game apik yang dapat menemani para gamer selagi menunggu kehadiran PS5.

Contoh teks ulasan drama

Sukses Berbisnis di Itaewon Class

Orientasi

Itaewon Class merupakan drama Korea adaptasi dari serial webtoon populer dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang seorang pemuda yatim piatu bernama Park Seo Roy, yang memiliki keinginan kuat untuk sukses menjadi pengusaha F&B dan menjadi trendsetter terbesar di Korea. Uniknya, motivasi untuk sukses itu tidak lepas dari keinginan Roy untuk membalas dendam kepada Jang Dae Hee, seorang pengusaha F&B terbesar di Korea yang memiliki andil terhadap kesulitan hidupnya di masa lalu. 

Tafsiran

Sama seperti drama Korea pada umumnya, Itaewon Class juga menyelipkan kisah percintaan pada tokoh-tokoh utamanya. Namun, kisah percintaan tersebut bukan sebagai inti utama dari keseluruhan cerita. Melainkan hanya sebagai bumbu dan pemanis cerita saja. 

Kisah Itaewon Class sendiri lebih mengedepankan motivasi sukses dari si tokoh utama dalam hal kewirausahaan. Drama ini juga memberi pelajaran tentang pentingnya investasi, dan juga pemasaran menggunakan media sosial untuk pengembangan sebuah usaha.

Drama Korea Itaewon Class pun termasuk “berani” dalam mengangkat beberapa hal yang pada dasarnya masih tabu di negeri asalnya itu, seperti bullying, feminisme, LGBT, dan rasisme.

Evaluasi

Drama Itaewon Class pun mendapat sambutan baik dari penonton negeri gingseng, serta masuk jajaran drama televisi dengan rating tertinggi di sana. Tak hanya itu, drama ini bahkan mendapat sambutan positif dari masyarakat internasional setelah ditayangkan di Netflix.

Kelebihan dari drama ini adalah jalan ceritanya yang relatif segar, akting para pemeran yang sangat menghayati, sinematografi yang apik, dan didukung lagu-lagu soundtrack yang pas. Namun, sedikit kekurangan dari drama Itaewon Class, yaitu jalan ceritanya yang mulai agak renggang di episode-episode terakhir, walau secara keseluruhan tidak mengurangi inti cerita drama ini.

Rangkuman

Drama Itaewon Class layak untuk ditonton, khususnya oleh kalangan remaja yang mungkin sedang mengalami kemalangan hidup. Atau juga bagi penonton yang ingin berwirausaha. Kalian bisa mengambil inspirasi dari apa yang dialami oleh sang tokoh utama dalam drama ini.

Rangkaberita, itulah 10 contoh teks ulasan yang baik dan benar, untuk membantu kalian lebih paham terhadap teks ulasan. Untuk memperdalam pemahaman mengenai teks ulasan, kalian bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Ayo, bergabung sekarang juga!