10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi beserta Strukturnya

Rangkaberita pasti sudah pernah mempelajari materi teks laporan hasil observasi (LHO) di sekolah, bukan? Teks laporan hasil observasi sendiri merupakan tulisan yang isinya berupa penjelasan hasil pengamatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Namun, buat Rangkaberita yang masih bingung mengenai teks laporan hasil observasi. Berikut beberapa contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya, yang bisa membantu kamu untuk lebih mudah dalam memahami teks LHO ini.

Apa itu laporan hasill observasi?

Teks laporan hasil observasi adalah tulisan yang isinya melaporkan sesuatu dari hasil suatu pengamatan dengan mengandung penjelasan secara umum. Teks laporan hasil observasi biasanya mendeskripsikan segala sesuatu yang berkaitan dengan suatu objek yang diamati, mulai dari bentuk, ciri, dan sebagainya yang bersifat umum atau universal.

Adapun objek yang dimaksud, yaitu benda, hewan, manusia, tumbuhan, dan berbagai peristiwa yang terjadi di dunia. Teks laporan hasil observasi juga harus mengandung fakta, objektif, dan sesuai kenyataan, serta memiliki struktur yang tersusun atas bagian-bagian berikut.

Pernyataan umum

Bagian pernyataan umum merupakan penjelasan mengenai objek yang diamati secara menyeluruh. Mulai dari rupa, karakteristik, kebiasaan, keberadaan, pengelompokan, dan berbagai aspek lainnya.

Deskripsi bagian

Pada deskripsi bagian isinya menjelaskan aspek-aspek tertentu dari objek yang diobservasi.

Deskripsi manfaat

Umumnya bagian penutup teks laporan observasi berisi penjelasan mengenai kegunaan dari paparan tema yang dinyatakan sebelumnya, dan tidak memiliki kesimpulan.

Contoh teks laporan hasil observasi

Contoh teks laporan hasil observasi singkat

Manfaat Pupuk Kandang

Pernyataan umum

Pupuk kandang adalah pupuk yang paling mudah dan murah untuk ditemui, karena bisa didapatkan melalui kotoran hewan ternak, seperti ayam, kambing, kelinci, marmut, atau sapi. Selain itu, pupuk kandang juga lebih bagus dibandingkan pupuk kimia.

Deskripsi bagian

Dari hasil pengamatan, ditemukan fakta, bahwa tanaman yang dipupuk menggunakan pupuk kandang lebih tahan terhadap penyakit, serta lebih subur. Daun dan bunga pada tanaman pun juga lebih banyak, daripada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia. Tanaman jadi terlihat kuat dan sehat.

Deskripsi manfaat

Selain itu, pupuk kandang memiliki manfaat yang mampu menjaga keseimbangan unsur hara dalam tanah, sehingga tanaman terus mendapatkan nutrisi secara seimbang. Berbeda dengan penggunaan pupuk kimia yang lama-lama dapat merusak tanah.

Contoh teks laporan hasil observasi penelitian

Biota Laut Bunaken

Pernyataan Umum

Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut, di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut itu sendiri. Pada perairan Indonesia, biota laut merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Deskripsi Bagian

Di Indonesia, salah satu tempat yang terkenal karena keragaman biota lautnya adalah Taman Nasional Bunaken yang berlokasi di Manado. Di Taman Nasional Bunaken terdapat 7099-8096 jenis biota laut, seperti terumbu karang. Ada 58 jenis terumbu karang yang berada di sana.

Di samping terumbu karang, di Taman Nasional Bunaken juga terdapat bermacam alpa, rumput laut, ikan, mamalia laut, dan moluska raksasa. Ada lebih dari 2000 spesies ikan di Taman Nasional Bunaken. Selain itu, tujuh dari delapan spesies kerang raksasa yang terdapat di dunia juga dapat ditemukan di sana.

Tak hanya itu, kita pun bisa menemukan siput laut yang tidak mempunyai cangkang keras, dengan warna yang sangat beragam, serta berkunjung ke hutan bakau yang sangat terjaga di sana sebagai tempat tinggal bagi para kepiting, lobster, moluska, dan burung laut.

Deskripsi Manfaat

Keberadaan biota laut sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya, ikan dan rumput laut. Keduanya memiliki banyak kandungan gizi baik untuk kesehatan manusia.

Terumbu karang juga berguna bagi ekologi, ekonomi, serta perkembangan pariwisata daerah. Keragaman biota laut pun juga sangat bermanfaat bagi lingkungan, terutama hutan bakau yang memiliki fungsi untuk menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

Contoh teks laporan hasil observasi lingkungan sekolah

Struktur Organisasi Sekolah yang Baik

Pernyataan Umum

Organisasi merupakan suatu kelompok yang terdiri atas individu dengan visi dan misi yang sama. Tujuan tiap anggota pun juga harus sama, yaitu untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan visi, misi, dan peraturan manajemen organisasi tersebut. Dalam tiap organisasi dibutuhkan struktur agar organisasi bisa berjalan dengan baik, contohnya adalah struktur organisasi sekolah.

Deskripsi Bagian

Istilah organisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu organon yang berarti anggota suatu badan. Menurut Max Weber, organisasi adalah suatu hubungan yang terstruktur dengan setiap anggota yang tergabung memiliki tugas sesuai dengan fungsinya.

Teori struktur organisasi sendiri pertama kali muncul pada abad ke-19, tepatnya pada Zaman Revolusi di Inggris. Teori tersebut pun mulai menyebar di banyak perusahaan Amerika Serikat.

Deskripsi Manfaat

Struktur organisasi yang baik harus mempunyai tujuan bersama. Dalam suatu organisasi, setiap anggota tentu saja harus memiliki visi dan misi yang sama, untuk bisa mencapai tujuan bersama organisasi.

Dengan cara tersebut, maka masing-masing anggota akhirnya dapat melibatkan dirinya ke dalam organisasi. Para anggota harus bisa menyatukan kepentingan dan tujuan mereka yang awalnya berbeda-beda, menjadi satu tujuan bersama organisasi tersebut.

Contoh teks laporan hasil observasi wawancara

Bunga Amarilis

Pernyataan Umum

Bunga amarilis atau bunga bakung memiliki nama latin Hippeastrum. Bunga amarilis dikenal sebagai tanaman pengganggu di lahan pertanian, karena sering mengganggu pertumbuhan tanaman jagung, kacang, dan kedelai. Namun, tanaman yang juga diketahui sebagai bunga lili ini mulai digemari masyarakat karena warna bunganya yang indah.

Di Gunungkidul, bunga amarilis disebut sebagai ‘Bambang Procot’ dan dibenci oleh warga karena mengganggu pertumbuhan tanaman palawija. “Sebelum bunga amarilis di sini mulai terkenal sejak 2015, bunga ini lebih dikenal sebagai tanaman hama,” ungkap Sukadi (46), pemilik taman bunga amarilis di Gunungkidul, Sabtu (15/7/2017).

Deskripsi Bagian

Menurut Sukadi, ‘Bambang Procot’ di lahan pertanian selalu dicabuti atau dibabat habis. Dengan begitu, dapat dikatakan bunga ini hampir puna dan jarang ditemui lagi.

Pada awalnya, ia sengaja menanam bunga tersebut agar tidak punah dan terjaga. “Sejak tahun 2002, saya mulai mengumpulkan bunga ini dari ladang-ladang pertanian setempat. Akhirnya, hingga tahun 2017 ini berhasil terkumpul 500 ribu umbi bunga amarilis,” paparnya.

Usahanya dalam melestarikan bunga yang dianggap hama ini tidak sia-sia. Setelah taman bunga miliknya mekar pada tahun 2015, bunga amarilis jadi semakin dikenal masyarakat luas. Pandangan warga juga mulai berubah dengan tidak lagi melihat bunga ini sebagai hama pada tanaman.

“Perawatan bunga amarilis pun sederhana. Hanya perlu diberi pupuk dan mendapat sinar matahari yang cukup, bunga ini sudah bisa berkembang dengan baik,” tuturnya. Banyaknya peminat bunga amarilis membuat Sukadi mengembangkan bibit bunga amarilis. “Bibitnya dijual ke siapa saja. Bibitnya ada yang saya jual lewat online,” tambahnya.

Deskripsi Manfaat

Sukadi mengakui, sekarang mulai banyak warga yang tertarik untuk ikut menanam bunga amarilis. Buktinya mulai banyak pemesan bibit ke tempatnya. “Bibit bunga amarilis ini biasanya saya jual Rp 2.000,00 atau Rp 3.000,00. Tetapi tidak pasti, saya jual kalau ada yang pesan saja,” katanya. Menurut Sukadi, “Bunga ini biasanya mekar akhir November”.

Contoh teks laporan hasil observasi usaha kecil

Harga Sembako Melonjak

Pernyataan Umum

Menjelang bulan suci Ramadhan, harga berbagai bahan pangan dan kebutuhan pokok alias sembako mulai merangkak naik. Demikian pula dengan harga sembako yang ada di semua pasar tradisional di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Deskripsi Bagian

Kenaikan harga tertinggi di sejumlah pasar tradisional di Polewali Mandar, terutama cerjadi pada sayur-mayur. Cabai keriting, misalnya, harganya naik hampir 100% dari harga semula Rp18.000,00 menjadi Rp32.000,00. Demikian pula, harga bawang merah yang sebelumnya dijual Rp7.000,00 per kilogram, kini melonjak hingga Rp19000.00 per kilogram. 

Harga gula pasir pun turut melonjak menjadi Rp12.000,00 per kilogram, padahal pekan lalu masih dijual di kisaran harga Rp9.000,00 per kilogram. Komoditas pangan lainnya yang juga mengalami kenaikan harga adalah telur ayam, minyak goreng, dan tepung terigu.

Kenaikan harga pangan dan kebutuhan pokok di Polewali Mandar dipicu oleh terputusnya stok suplai dari beberapa daerah penyangga, seperti Enrekang, Duri, dan Pinrang, karena Jembatan Pajalele di Pinrang yang runtuh.

Deskripsi Manfaat

Menurut para pedagang, kenaikan harga memang terjadi hampir setiap hari dalam sepekan terakhir saat menjelang bulan suci Ramadhan. Namun, kali ini kenaikan harga juga disebabkan oleh terputusnya suplai sembako akibat jembatan penghubung suplai dari sejumlah daerah telah  runtuh.

Contoh teks laporan hasil observasi peserta didik

Dampak Penggunaan Telepon Seluler pada Siswa

Pernyataan Umum

Telepon seluler memegang peranan penting dalam hal komunikasi bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk para remaja. Akan tetapi, penggunaan telepon seluler juga dapat membawa dampak negatif terhadap masyarakat, terurtama pada kaum remaja. Dampak negatif penggunaan telepon seluler akan kita rasakan, jika dalam menggunakannya tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Deskripsi Bagian

Berdasarkan hasil survei mengenai dampak penggunaan telepon seluler terhadap siswa Kelas XII SMA 2 Jaya, sekitar 30% siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka menggunakan telepon seluler sesuai dengan fungsinya.

Kemudian, sebanyak 10% siswa mengalami hasil belajar yang tetap, dalam arti, tidak meningkat dan tidak menurun. Mereka pun juga menggunakan telepon seluler sesuai fungsinya.

Namun, sebanyak 60% siswa mengalami penurunan hasil belajar akibat penggunaan telepon seluler. Penyebabnya, mereka lebih sering memegang telepon seluler daripada memegang buku pelajaran, dan tidak menggunakan telepon seluler tersebut sesuai fungsinya.

Deskripsi Manfaat

Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, telepon seluler akan membawa dampak positif jika digunakan sesuai fungsinya. Sebaliknya, telepon seluler dapat membawa dampak negarif terhadap hasil belajar para siswa jika digunakan secara berlebihan.

Contoh teks laporan hasil observasi lingkungan rumah

Daur Ulang Limbah Rumah Tangga

Pernyataan Umum

Banyak cara untuk menyelamatkan bumi dari sampah. Salah satunya melalui daur ulang sampah limbah rumah tangga.

Daur ulang merupakan proses untuk menjadikan suatu bahan bekas yang sudah tidak terpakai menjadi bahan baru. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan sampah untuk di proses menjadi material baru.

Deskripsi Bagian

Pada pemahaman yang terbatas, proses daur ulang juga haruslah dapat menghasilkan barang yang mirip aslinya, karena menggunakan material yang sama. Contohnya, dalam mengolah limbah rumah tangga sederhana adalah mengolah kertas bekas menjadi kertas kembali dengan memiliki kesamaan kualitas.

Proses daur ulang limbah rumah tangga lainnya adalah proses penggunaan kembali material untuk dijadikan produk yang berbeda. Caranya, yaitu dengan mengambil bagian penting dan berharga dari sampah. Contohnya, baju bekas yang telah usang dan rusak diolah untuk menjadi produk lain, seperti lap dapur, keset, pouch, dompet, dan lain sebagainya.

Deskripsi Manfaat

Manfaat daur ulang limbah rumah tangga sangatlah besar. Dengan melakukan daur ulang, setiap rumah tangga bisa turut mencegah adanya sampah yang sebenarnya menjadi sesuatu yang berguna. Jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru, daur ulang jauh lebih bermanfaat untuk mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, menghindari kerusakan lahan, mengurangi polusi, hingga mengurangi emisi gas rumah kaca.

Contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan

Lidah Buaya

Pernyataan Umum

Lidah buaya atau yang biasa disebut aloe vera (Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di Benua Afrika. Tanaman lidah buaya memiliki khasiat yang luar biasa dan telah digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia sejak ribuan tahun lalu.

Deskripsi Bagian

Lidah buaya biasanya tumbuh di tempat yang memiliki suhu panas. Tanaman berduri ini juga biasa di tanam di dalam pot maupun di pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.

Lidah buaya memiliki daun berbentuk runcing berupa taji, tebal, dan pinggirnya bergerigi/berduri kecil. Terdapat pula bintik-bintik pada permukaan daunnya, dan panjang daun lidah buaya bisa mencapai 15-36 cm dengan lebar 2-6 cm. Lidah buaya juga memiliki bunga bertangkai berwarna kuning kemerahan (jingga) yang panjangnya mencapai 60-90 cm.

Deskripsi Manfaat

Adapun bahan yang kaya akan manfaat dari tanaman lidah buaya, yaitu berasal dari gel dan getah tanamannya. Kedua bahan tersebutlah yang biasanya digunakan dalam obat-obatan. 

Manfaat lidah buaya yang paling terkenal sebagai pengobatan adalah untuk mengobati berbagai masalah kulit, seperti rasa terbakar akibat paparan matahari, frostbite,  iritasi, gatal pada kulit, hingga luka bakar, dan psoriasis. Beberapa orang juga menggunakannya untuk mempercepat penyembuhan luka dan perawatan rambut.

Contoh teks laporan hasil observasi tentang hewan

Kunang-kunang

Pernyataan Umum

Kunang-kunang adalah salah satu jenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya ketika malam hari. Cahaya yang dikeluarkannya dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di seluruh daerah tropis di dunia.

Deskripsi Bagian

Kunang-kunang biasanya memiliki habitat di tempat-tempat yang lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang akan bertelur saat hari sudah gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 hingga 500 butir diletakkan di tanah, rumput, di tempat berlumut, ranting, atau di bawah dedaunan. Pada area pemakaman yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu, biasanya merupakan lokasi Ideal perteluran kunang-kunang.

Pada umumnya, kunang-kunang keluar pada malam hari, tapi ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar di siang hari umumnya tidak mengeluarkan cahaya.

Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya, badan kunang-kunang dapat dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu kepala, thorax, dan perut (abdomen). Kunang-kunang juga memiliki cangkang yang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya sekitar 2 cm.

Bagian tubuh kunang-kunang pun hampir seluruhnya berwarna gelap. Kunang-kunang memiliki titik berwarna merah pada bagian penutup kepalanya, warna kuning pada penutup sayap, berkaki enam, dan bermata majemuk.

Deskripsi Manfaat

Adapun cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang pada malam hari tidaklah berbahaya, karena tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya tersebut digunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan pada pemangsanya, bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan. 

Selain itu, cahaya yang dihasilkannya itu berfungsi untuk menarik pasangannya. Keahlian menunjukan cahaya ini pun tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa saja, tapi juga pada larva kunang-kunang.

Contoh teks laporan hasil observasi tentang covid-19

Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Pernyataan Umum

Masa pandemi covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun, menjadi masa penantian panjang bagi masyarakat untuk tidak lagi merasa khawatir dan cemas. Pemerintah juga sudah berupaya dengan berbagai macam cara untuk mengatasi wabah covid-19, dengan memberlakukan pelaksanaan protokol kesehatan di semua aktivitas sosial, dinas, dan kemasyarakatan sebagai aturan wajib yang harus ditaati. Protokol kesehatan tersebut dilakukan secara menyeluruh dengan berbagai tahapan kegiatan, antara lain memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan sering mencuci tangan.

Deskripsi Bagian

Adapun pelaksanaan protokol kesehatan yang paling utama adalah berawal di lingkungan keluarga. Saat awal kasus corona terjadi, kebijakan di rumah saja menjadi slogan paling penting bagi masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar, seperti berkerumun, memakai masker, dan jaga jarak. Namun, slogan tersebut seringkali kurang dipatuhi, bahkan dilanggar.

Kini di era new normal, masyarakat sudah bisa beraktivitas di luar rumah dengan selalu menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin. Akan tetapi, kenyataan yang diharapkan juga tidaklah demikian. Pelaksanaan protokol kesehatan tetap saja berjalan kurang tertib dan disiplin.

Masih banyak penjual dan pedagang yang tidak memakai masker. Demikian pula pembeli yang masih banyak berkerumun dan tidak menjaga jarak, ketika sedang transaksi jual beli di pasar atau di warung.

Begitu juga pada area perkantoran, protokol kesehatan belum juga maksimal dan tertib. Justru tidak sedikit para ASN yang berkerumun, bergerombol, dan berdempetan saat beraktivitas di kantor. Penggunaan masker juga tidak selalu dipakai dengan tertib.

Deskripsi Manfaat

Melaksanakan protokol kesehatan merupakan upaya melindungi diri sendiri dan orang lain dari terpaparnya kita dari covid-19. Maskerku Melindungimu, Maskermu Melindungiku, hendaknya tidak hanya menjadi slogan semata, tapi benar-benar dilaksankan sebagai wujud tanggung jawab bersama untuk segera bebas dari virus covid-19. Sebab, keselamatan dan kesehatan adalah tanggung jawab bersama.

Rangkaberita, itulah 10 contoh teks laporan hasil observasi yang dapat membantu kalian lebih paham terhadap teks laporan hasil observasi. Untuk memperdalam pemahaman mengenai teks LHO, kalian bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Ayo, bergabung sekarang juga!